Jika Amin Rais Dirikan Partai Baru, Banyak Kader PAN Ikut Pindah

Pedoman Rakyat, Jakarta – Politikus senior Partai Amanat Nasional (PAN) Putra Jaya Husein mengatakan, pendiri PAN Amin Rais masih mengkaji aspirasi kader untuk membentuk partai baru. Dia memperkirakan, Amien akan menggodok kajian sembari mengevaluasi kinerja pengurus DPP PAN periode 2020-2025.

“Sepertinya Pak Amien [dalam] satu [atau] dua bulan ini akan lihat respons [evaluasi pengurus DPP PAN],” kata Putra dilansir dari CNNIndonesia.com, Minggu (29/3).

Menurut dia, kajian dan evaluasi tersebut terlebih dulu dilakukan Amien agar keputusan yang diambil nantinya tidak emosional atau berlandaskan kecewa dan sakit hati belaka. Putra pun menyakini, Amien akan mempertimbangkan manfaat dan kerugian rencana pembentukan partai politik baru tersebut.

Kata Putra, pendiri partainya tentu akan membandingkan mana yang paling tepat, apakah membentuk partai baru ataukah meninggalkan PAN.

“Kalau lebih banyak mudarat ditinggalkan, kalau lebih banyak manfaat diambil,” tutur dia.

Lebih dari itu, Putra memperkirakan bakal terjadi perpindahan kader dalam jumlah banyak bila kelak Amien membentuk partai politik baru. Ia mengklaim, banyak kader PAN di daerah yang telah menghubunginya terkait hal ini.

Putra menambahkan, aspirasi agar Amien membentuk partai politik baru ini tidak berkaitan dengan pertarungan antara Mulfachri Harahap dengan Zulkifli Hasan di Kongres V PAN ataupun, keberadaan Hatta Rajasa serta Soetrisno Bachir di kepengurusan PAN sekarang.

Menurut dia, aspirasi tersebut dilatarbelakangi kerja politik PAN–apakah masih berjalan sesuai dengan cita-cita saat didirikan atau tidak.

“Ada value yang jadi pertimbangan. Ini bukan soal personal, bukan soal Zulkifli pribadi, Pak Hatta pribadi, apalagi Mas Soetrisno. ini betul-betul soal partai, apakah masih digunakan dijalankan sesuai dengan tujuan partai ini didirikan,” jelas Putra.

Sebelumnya, politikus PAN Asri Anas yang pada Kongres V PAN berseberangan dengan Zulhas membenarkan bahwa sejumlah kader PAN tengah mempersiapkan pembentukan partai baru usai Kongres V di Kendari beberapa waktu lalu dimenangkan Zulhas. Dia mengatakan Amien Rais yang memimpin langsung gerakan pembentukan partai baru. (zul)

Comment