14 Ribu Lebih Jamaah Haji Sulsel Gagal Berangkat ke Tanah Suci

Jennaroka
Jennaroka

Jumat, 04 Juni 2021 18:50

Manasik ibadah haji yang digelar Kemenag RI.
Manasik ibadah haji yang digelar Kemenag RI.

Pedoman Rakyat, Makassar – Sebanyak 14 ribu lebih jamaah haji di Provinsi Sulawesi Selatan gagal berangkat untuk menunaikan ibadah Haji ke tanah suci Mekkah Arab Saudi tahun ini.

Kasi Pendaftaran dan Dokumen Haji Reguler Kanwil Kemenag Provinsi Sulsel, H.M Syaifuddin mengatakan, sesuai dengan keputusan pemerintah pusat pembatalan tersebut karena pandemi Covid-19. Juga belum adanya respon dari pemerintah Arab Saudi terkait kuota haji untuk Indonesia.

Sponsored by ADVERTNATIVE

“Kita ini dapat kuota nasional untuk sulsel itu ada 7.272. Pemerintah arab saudi belum ada respon untuk pemberian kuota, selain itu juga karena pandemi karena ini juga untuk keselamatan jamaah,” katanya, Jumat (4/6/2021).

Selain itu data daftar tunggu jamaah haji di Sulawesi Selatan untuk dua tahun mencapai 235.000 orang jamaah. “Daftar tunggu yang terlama itu 41 tahun di Kabupaten Bantaeng, kemudian rata-rata di Sulsel ada 35 tahun,” ungkapnya.

Selanjutnya bagi jamaah yang ingin melakukan pembatalan pemberangkatan Haji bisa dilakukan di Kabupaten/Kota di masing-masing wilayah, dan dana pemberangkatan yang sudah terbayarkan bisa dikembalikan full beserta tambahan bunga.

“Jadi datanya dikirim dulu ke direktur keuangan haji dari situ lanjut ke bpkh disitu nanti BPKH mengeluarkan SPM surat perintah membayar ke bank, nanti bank itu yang mentransfer ke rekening jamaah, itu akan dikembalikan full dan justru ada juga bunganya,” pungkasnya.

Penulis : Wawan

 Komentar

Berita Terbaru
Metro20 Juni 2021 22:23
Legislator NasDem Sulsel Cicu Pantau Bantuan Alat Kemasan: Kita Ingin Pastikan Berjalan Baik atau Tidak
Pedoman Rakyat, Makassar – Anggota DPRD Sulsel, Andi Rachmatika Dewi menggelar tatap muka dengan konstituen dalam agenda Kunjungan Daerah Pemili...
Metro20 Juni 2021 20:22
Parah, Prof Rudy Nyosor Ingin Cium Bu Dosen di Kamar Hotel
Pedoman Rakyat, Jakarta – Nama Profesor Rudy kembali dibahas. Bagaimana tidak, meski sudah dicopot dari jabatannya, Rudy tetap disorot karena ti...
Politik20 Juni 2021 19:36
Suarakan Jokowi 3 Periode, M Qodari Bisa Dipolisikan
Pedoman Rakyat, Jakarta – Mantan Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari yang terus menyuarakan jika Joko Widodo bisa tiga periode, bisa dipo...