16 Juta Dosis Vaksin Tiba di Indonesia

Jennaroka
Jennaroka

Kamis, 25 Maret 2021 16:33

16 Juta Dosis Vaksin Tiba di Indonesia

Pedoman Rakyat, Jakarta – Pemerintah kembali mendatangkan vaksin COVID-19 ke Tanah Air. Hari ini, Kamis (25/03/2021) siang, tiba sebanyak 16 juta dosis bahan baku vaksin (bulk) Sinovac, di Bandar Udara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten.

“Hari ini kita berhasil mendatangkan vaksin COVID-19 tahap ke-7 dari keseluruhan tahap, sebesar 16 juta [dosis] vaksin dalam bentuk bulk,” ujar Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono dalam keterangan persnya menyambut kedatangan vaksin di Bandara Soekarno Hatta.

Ini adalah kedatangan vaksin COVID-19 tahap ke-7 di Indonesia. Sebelumnya, vaksin COVID-19 tahap pertama tiba di Tanah Air pada 6 Desember 2020 berupa vaksin jadi produksi Sinovac sebanyak 1,2 juta dosis. Kemudian, pada 31 Desember 2020, pada tahap kedua, kembali didatangkan sebanyak 1,8 juta dosis vaksin jadi produksi Sinovac.

Kemudian, pada 12 Januari 2021 atau tahap ketiga, didatangkan sebanyak 15 juta dosis bahan baku vaksin Sinovac yang kemudian diolah oleh BUMN PT Bio Farma. Pada tahap keempat, sebanyak 10 juta dosis bahan baku vaksin Sinovac tiba pada tanggal 2 Februari 2021 .

Selanjutnya, pada 2 Maret 2021 lalu, pada tahap kelima, kembali tiba sebanyak 10 juta bahan baku vaksin COVID-19 produksi Sinovac. Terakhir, pada tahap keenam pada tanggal 8 Maret lalu tiba di Tanah Air sebanyak 1,1 juta dosis vaksin AstraZeneca dalam bentuk jadi.

“Dari [kedatangan] 16 juta [dosis vaksin] tersebut secara kumulatif kita sudah punya berarti 53,5 (dosis) vaksin, bulk vaksin,” ujar Dante.

Vaksin yang didatangkan dengan pesawat milik maskapai Garuda tersebut, ungkap Dante, akan langsung dibawa ke Bio Farma, Bandung, Jawa Barat untuk diproses lebih lanjut. “Tentu saja nanti setelah diproduksi akan dievaluasi, baik secara mutu, oleh BPOM [Badan Pengawas Obat dan Makanan] sebelum nanti akan dijadikan vaksin yang akan dipakai oleh masyarakat,” ujarnya.

Dalam keterangan persnya, Dante juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada para aparat keamanan yang sangat berperan dalam membantu kelancaran distribusi vaksin. “Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada TNI dan Polri yang terus mengawal proses dari mulai kedatangan sampai transportasi ke Bio Farma dan distribusi ke seluruh wilayah Indonesia,” tandas Wamenkes.

 Komentar

Berita Terbaru
7 Fraksi Tolak Penonaktifan RT/RW, NasDem Makassar Ingatkan Memang Ada 8 Indikator Kinerja
Metro13 April 2021 22:45
7 Fraksi Tolak Penonaktifan RT/RW, NasDem Makassar Ingatkan Memang Ada 8 Indikator Kinerja
7 Fraksi Tolak Penonaktifan RT/RW di Makassar, NasDem Ingatkan Memang Ada 8 Indikator Kinerja...
Makassar Recover: Peduliki, Sehatki, Selamatki
Opini13 April 2021 22:20
Makassar Recover: Peduliki, Sehatki, Selamatki
Opini Makassar Recover Naidah Naing...
Awal Puasa, Rumah Kepala Dusun di Takalar Ludes Terbakar
Hukum/Kriminal13 April 2021 22:07
Awal Puasa, Rumah Kepala Dusun di Takalar Ludes Terbakar
Awal Puasa, Rumah Kepala Dusun di Takalar Ludes Terbakar...
Pemkot Palopo Gelar High Level Meeting, Bicara Stok Pangan hingga Keterjangkauan Harga
Daerah13 April 2021 17:24
Pemkot Palopo Gelar High Level Meeting, Bicara Stok Pangan hingga Keterjangkauan Harga
Pedoman Rakyat, Palopo – Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo gelar High Level Meeting (HLM). Sekretaris Daerah Kota Palopo, Firmanza memimpin perte...