21 Wilayah Ini Waspadai Cuaca Ekstrem

Nhico
Nhico

Jumat, 15 Oktober 2021 12:04

21 Wilayah Ini Waspadai Cuaca Ekstrem 

Pedoman Rakyat, Jakarta – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini agar mewaspadai cuaca ekstrem untuk curah hujan sedang hingga lebat yang diperkirakan terjadi di 21 wilayah di Tanah Air pada Jumat (15/10/2021).

“Perlu diwaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau badai petir, guntur dan peningkatan angin kencang yang bisa mengakibatkan longsor dan banjir. Waspada juga adanya tingginya suhu udara yang berpotensi kebakaran hutan dan lahan,” demikian pernyataan Kedeputian Bidang Meteorologi BMKG.

Sponsored by ADVERTNATIVE

Berikut daftar peringatan dini BMKG untuk hari ini yakni ada di kawasan Bangka Belitung, Banten, Bengkulu, DKI Jakarta, Gorontalo, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, dan Lampung.

Cuaca serupa juga berpotensi di Nusa Tenggara Timur (NTT), Nusa Tenggara Barat (NTB), Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sumatera Barat, dan Sumatera Selatan.

Suhu udara pada hari ini di Tanah Air berkisar mulai dari 19 derajat hingga 35 derajat celsius dengan kelembaban udara 45 – 100 %.

Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari tenggara hingga barat daya dengan kecepatan angin berkisar 5-25 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari timur hingga tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5-20 knot.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di Selat Malaka bagian utara, Perairan utara Sabang, Selat Sunda bagian barat dan selatan, serta Perairan selatan Banten.

Waspada tinggi gelombang 2,5 hingga 4 meter yang berpeluang terjadi di Perairan utara Sabang, Perairan barat Pulau Enggano, Perairan barat Lampung, Selat Sunda bagian barat dan selatan, Selat Bali-Lombok-Alas bagian selatan, Samudera Hindia selatan Jawa hingga Lombok.

“Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada,” demikian peringatan BMKG untuk wilayah pesisir di Indonesia.

 Komentar

Berita Terbaru
Hukum/Kriminal17 Oktober 2021 20:35
Gara-gara Tak Diberi Rokok, Pengangguran di Makassar Tikam Buruh Harian
Pedoman Rakyat, Makassar- Seorang pria yang sehari-harinya bekerja sebagai buruh harian lepas di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) bernama Jaya...
Hukum/Kriminal17 Oktober 2021 20:29
AJI Makassar: Polda Sulsel Tak Profesional Terima Laporan Sengketa Pemberitaan
Pedoman Rakyat, Makassar -Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Makassar dan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Makassar menanggapi kasus pelaporan terhadap nar...
Hukum/Kriminal17 Oktober 2021 20:03
Hati-hati Berkendara! Siswi Cantik di Makassar Tewas Terlindas Truk karena Gagal Menyalip
Pedoman Rakyat, Makassar- Nasib malang menimpa seorang siswi yang masih berusia 17 tahun di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Gadis belia bern...
Hukum/Kriminal17 Oktober 2021 19:42
Polisi Ringkus Pelaku Pembunuh Wanita Asal Bantaeng Sulsel, Motifnya Diduga Urusan Bisnis Tokek
Pedoman Rakyat, Gowa- Kepolisian Resor (Polres) Gowa mengungkap motif pembunuhan terhadap seorang wanita yang jasadnya ditemukan di tengah semak beluk...