3 Jaksa Ditahan di Riau, Prof Farida: Bukti Komitmen Kejaksaan Agung Berantas Korupsi

Editor
Editor

Selasa, 25 Agustus 2020 03:15

3 Jaksa Ditahan di Riau, Prof Farida: Bukti Komitmen Kejaksaan Agung Berantas Korupsi

Pedoman Rakyat, Makassar – Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung menahan tiga pejabat Kejaksaan Negeri (Kejari) Indragiri Hulu (Inhu), mendapat respon positif banyak kalangan.

Prof Dr Farida Patittingi, SH, M.Hum salah satunya. Dekan Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar ini berpendapat tindakan cepat Kejaksaan Agung tersebut patut diacungi jempol.

Sponsored by ADVERTNATIVE

Bagi Prof Farida, begitu sapaannya, tindakan tegas Jaksa Agung terhadap para jaksa tersebut menjadi bukti dari komitmen Kejagung, ST Burhanuddin, untuk terus melakukan upaya menguatan integritas.

“Kejaksaan sebagai lembaga penegak hukum yang bersih, independen, dan berkomitmen dalam pemberantasan korupsi. Gerak cepat pada kasus di Riau, itu patut diapresiasi” katanya, Selasa (25/8/2020).

Asal diketahui, penahanan dilakukan setelah ketiganya ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan pemerasaan yang mengakibatkan 63 kepala sekolah menengah pertama di Riau.

Menurut Prof Farida yang juga adalah Ketua Badan Kerjasama Dekan Fakultas Hukum Negeri se-Indonesia, hal ini tentu akan memberikan dampak terhadap meningkatnya kepercayaan masyarakat pada Kejaksaan RI.

“Sanksi yang tegas menunjukkan adanya komitmen, bahwa siapapun yang terindikasi melakukan perbuatan yang melanggar hukum maka akan diproses seusai ketentuan perundang-undangan,” tambah Ketua Kuarga Alumni Universitas Gadja Mada (Kagama) Sulsel tersebut.

Siapapun dia, lanjut Prof Farida, apalagi jika yang melakukan pelanggaran hukum itu adalah aparat penegak hukum itu sendiri.

“Maka tindakan harus lebih tegas. Dalam hal ini, komitmen kuat Jaksa Agung sangat layak untuk diapresiasi dan didukung,” demikian Pakar Hukum Agraria Unhas ini. (zul)

 Komentar

Berita Terbaru
Metro20 Juni 2021 22:23
Legislator NasDem Sulsel Cicu Pantau Bantuan Alat Kemasan: Kita Ingin Pastikan Berjalan Baik atau Tidak
Pedoman Rakyat, Makassar – Anggota DPRD Sulsel, Andi Rachmatika Dewi menggelar tatap muka dengan konstituen dalam agenda Kunjungan Daerah Pemili...
Metro20 Juni 2021 20:22
Parah, Prof Rudy Nyosor Ingin Cium Bu Dosen di Kamar Hotel
Pedoman Rakyat, Jakarta – Nama Profesor Rudy kembali dibahas. Bagaimana tidak, meski sudah dicopot dari jabatannya, Rudy tetap disorot karena ti...
Politik20 Juni 2021 19:36
Suarakan Jokowi 3 Periode, M Qodari Bisa Dipolisikan
Pedoman Rakyat, Jakarta – Mantan Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari yang terus menyuarakan jika Joko Widodo bisa tiga periode, bisa dipo...