Amerika Serikat Diterjang Gelombang Panas

Nhico
Nhico

Rabu, 30 Juni 2021 15:34

Amerika Serikat Diterjang Gelombang Panas

Pedoman Rakyat, Jakarta- Amerika Serikat diterjang gelombang panas. Akibatnya, wilayah barat laut Amerika Serikat terjadi pemadaman listrik dan menyebabkan aspal jalan terkelupas.

Pemadaman listrik terjadi karena komponen di gardu listrik rusak akibat cuaca panas. Selain itu, lonjakan beban pemakaian arus listrik oleh masyarakat untuk penggunaan alat pendingin ruangan membuat suhu kabel milik perusahaan listrik naik hingga akhirnya meleleh.

Sponsored by ADVERTNATIVE

Dilansir Associated Press, Rabu (30/06/2021), wilayah Amerika Serikat yang terdampak gelombang panas adalah Seattle dan Spokane di negara bagian Washington serta Portland, negara bagian Oregon.

Kerusakan jaringan listrik di wilayah Spokane membuat sekitar pemadaman listrik terhadap 8.200 rumah. Perusahaan listrik setempat, Avista Utilities, menyatakan kemungkinan pemadaman listrik itu berlanjut sampai hari ini.

Avista menyatakan mereka sudah berupaya mengantisipasi suhu terik yang mencapai 43.3 derajat Celcius. dan lonjakan pemakaian listrik oleh penduduk. Namun, ternyata beban pemakaian lebih besar ketimbang pasokan listrik yang mereka punya, demikian menurut Wakil Direktur Bidang Distribusi Energi Avista Utilities, Heather Rosentrater.

Gelombang panas juga proses belajar mengajar di sekolah dan kegiatan perekonomian di Seattle ditutup untuk sementara. Para penduduk yang tidak mempunyai alat pengatur suhu ruangan di kediaman mereka memilih memadati kolam renang, sungai hingga toko es krim untuk mendinginkan suhu tubuh.

Akibat gelombang panas, lokasi pemeriksaan Covid-19 dan program vaksinasi berjalan di Washington juga untuk sementara ditunda.

Gubernur Washington, Jay Inslee, mengatakan fasilitas umum dan infrastruktur yang ada saat ini tidak dirancang untuk bisa beroperasi di suhu panas seperti yang terjadi saat ini. “Kita harus menangani sumber masalahnya, yaitu perubahan iklim,” ujar Jay.

Pendapat yang sama juga disampaikan oleh Senator dari Partai Demokrat, Maria Cantwell. “Washington tidak dibangun untuk suhu yang mencapai tiga angka,” kata Maria. Gangguan terhadap fasilitas umum akibat gelombang panas juga terjadi di Portland. Moda transportasi kereta listrik commuter di kota itu terpaksa dihentikan akibat kabel jaringan listrik meleleh lantaran suhu panas.

Sedangkan aspal di sejumlah jalan umum dan jalan bebas hambatan di Seattle terkelupas akibat suhu panas. Hal itu membahayakan para pengguna jalan karena bisa memicu kecelakaan. Akibatnya, para penduduk untuk sementara dilarang bepergian menggunakan kendaraan bermotor.

Petugas setempat juga terus menyiramkan air ke rangka sejumlah jembatan di kota itu supaya mencegah struktur jembatan memuai dan mengakibatkan kerusakan.

 Komentar

Berita Terbaru
Olahraga02 Agustus 2021 13:58
Masuk Final Olimpiade Tokyo 2020, Greysia Polii Dapat Hadiah Sebidang Tanah
Pedoman Rakyat, Manado-Pasangan ganda putri badminton Indonesia, Greysia Polii dan Apriyani Rahayu, sukses mencetak sejarah dengan lolos ke final Olim...
Nasional02 Agustus 2021 13:46
Hari Ini Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS dan CPPPK, Mau Tahu Namanya Lolos atau Tidak? Ayo Cek Disini
Pedoman Rakyat, Jakarta- Pendaftaran CPNS 2021 telah ditutup, bahkan Hasil seleksi administrasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan pegawai pemerint...
Metro02 Agustus 2021 09:39
Innalillah, Mantan Sekretaris KPU Sulsel Annas GS Karaeng Jalling Meninggal Dunia
Innalillah, Mantan Ketua KPU Sulsel Annas GS Karaeng Jalling Meninggal Dunia...