Anggota DPRD hingga Pejabat Pemprov Sulut Datang Belajar Budidaya Porang di Kebun Syaharuddin Alrif

A. Zafran
A. Zafran

Kamis, 10 Juni 2021 21:35

Anggota DPRD hingga Pejabat Pemprov Sulut Datang Belajar Budidaya Porang di Kebun Syaharuddin Alrif

Pedoman Rakyat, Sidrap – Kebun porang milik Syaharuddin Alrif di Kabupaten Sidrap, Sulsel, bak sudah menjadi magnet.

Bagaimana tidak, secara bergantian banyak yang datang belajar budidaya porang milik Sekretaris DPW NasDem Sulsel sekaligus Wakil Ketua DPRD Sulsel itu.

Sponsored by ADVERTNATIVE

Seperti siang tadi, dari DPRD Sulawesi Utara yakni Ketua Fraksi NasDem Nick Adi Cipta Lomba, Heri rotinsulu anggota DPRD Sulut, Tito Bima maboi (sekertaris Dinas pertanian Prov Sulut) dan Muji Rahayu (kabid kehutanan Prov) melakukan kunjungan kerja ke lokasi pengembangan budidaya tanaman porang binaan Syaharuddin Alrif yang bernama PT. AL-FATIH PORANG INDONESIA di Desa Talumae Kec watang Sidenreng Kab Sidenreng Rappang Sulawesi selatan, Kamis (10/06/2021).

“Karena daerah ini terkenal dengan Porangnya. Apalagi saat ini Porang menjadi salah proram super prioritas di Kementerian Pertanian untuk meningkatkan nilai ekspor di Indonesia,” terang Ketua Fraksi NasDem Nick Adi Cipta Lomba.

“Kami memilih mengunjungi Sulsel, khususnya Kabupaten Sidrap karena ingin melihat pengembangan tanaman Porang di lahan perkebunan Kelompok Tani Semangat Milenia binaan wakil ketua DPRD prov Sulsel,H Syaharuddin alrif,” sambungnya lagi.

Dia menyebutkan, tanaman Porang di Sidrap sudah dikelola secara modern. Hal itu menjadi salah satu alasan DPRD Prov Sulut melakukan study banding di daerah ini.

“Di sini sudah disiapkan fasilitasnya. Mulai dari sekolah Porang gratis, makan minum dan bibit juga sudah ada dan lengkap,” ujar Nick adi.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Sulsel, Syaharuddin Alrif mengapresiasi kunjungan studi banding dari DPRD serta dari Pemprov Sulawesi utara. Dia pun mempersilakan seluruh pihak untuk ikut berkunjung dan belajar ke Sidrap bila tertarik dengan tanamam Porang.

Syahar berharap semakin banyak para petani yang menanam porang akan berdampak terhadap para petani yang ada di Sulawesi utara terutama dapat meningkatkan taraf pereknomian masyarakat Petani di provinsi Sulawesi utara.

Untuk itu Ia meminta kepada rombongan agar petani yang ada di Sulut untuk lebih fokus, semangat dan menjaga kualitas bibit dan umbinya agar menjadi komoditas ekspor.

 Komentar

Berita Terbaru
Metro15 Juni 2021 19:25
Disdik Makassar Jamin PPDB Online 2021 Lancar
Disdik Makassar Jamin PPDB Online 2021 Lancar...
Nasional15 Juni 2021 18:30
BPS: Ekspor Pertanian Januari-Mei 2021 Naik 13,39 Persen
BPS: Ekspor Pertanian Januari-Mei 2021 Naik 13,39 Persen ...
Ekonomi15 Juni 2021 17:04
Permintaan Luhut: Kita Jangan Marah-marah Terus Sama China
Pedoman Rakyat, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta agar jangan terus marah-marah soa...
Nasional15 Juni 2021 16:46
Fadli Zon Terang-terangan Dukung KSAD Andika Perkasa Jadi Panglima TNI
Pedoman Rakyat, Jakarta – Sejumlah nama perwira tinggi TNI potensial santer disebut bakal menjadi Panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahja...