AS Gempur 2 Fasilitas Garda Revolusi Iran di Suriah

Nhico
Nhico

Jumat, 27 Oktober 2023 14:26

AS Gempur 2 Fasilitas Garda Revolusi Iran di Suriah

Pedomanrakyat.com, Iran Militer Amerika Serikat (AS) menyerang dua fasilitas di wilayah Suriah bagian timur, yang digunakan oleh Korps Garda Revolusi Iran (IRGC) dan kelompok-kelompok afiliasinya.

Gempuran ini disebut merespons serangan-serangan yang dilancarkan milisi pro-Iran terhadap posisi militer AS di wilayah Irak dan Suriah.

Seperti dilansir AFP, Jumat (27/10/2023), serangan AS terhadap posisi Garda Revolusi Iran di Suriah itu diungkapkan oleh Menteri Pertahanan (Menhan) AS Lloyd Austin dalam pernyataannya pada Kamis (26/10) waktu setempat.

“Serangan pertahanan diri yang presisi ini merupakan respons terhadap serangkaian serangan yang sedang berlangsung dan sebagian besar tidak berhasil, terhadap para personel AS di Irak dan Suriah yang dilakukan oleh kelompok-kelompok milisi yang didukung Iran mulai 17 Oktober,” kata Austin dalam pernyataannya.

Dalam pernyataannya, Austin juga menyebut bahwa seorang kontraktor berkewarganegaraan AS tewas akibat serangan jantung saat serangan milisi pro-Iran terjadi. Sekitar 21 personel militer AS lainnya, ujar Austin, mengalami ‘luka-luka ringan, namun semuanya telah kembali bertugas’.

Serangan-serangan di Suriah itu terjadi menyusul peringatan langsung, pada Kamis (26/10) pagi, dari Presiden AS Joe Biden kepada pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei terkait serangan yang melanda posisi AS di kawasan Timur Tengah.

 Komentar

Berita Terbaru
Nasional12 Juni 2024 21:52
Gelar PSU Usai Putusan MK, KPU Rekrut KPPS Lagi
Pedomanrakyat.com, Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI memastikan bakal kembali membentuk Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) ...
Ekonomi12 Juni 2024 20:50
Capai Usia ke 21 tahun, Kalla Translog Prioritaskan Funtastic Four
Pedomanrakyat.com, Makassar – Kalla Transport & Logistics (Translog) mengadakan acara syukuran, pengajian dan donor darah dalam rangka mempe...
International12 Juni 2024 19:52
Duh! Lukisan Raja Charles III Dirusak, Serangan Aktivis Pecinta Hewan
Pedomanrakyat.com, Inggris – Dunia seni lagi heboh dengan isu vandalisme terhadap lukisan-lukisan di berbagai museum. Baru-baru ini, lukisan pot...
Ekonomi12 Juni 2024 19:32
Tok! Seleksi CPNS Bakal Dibuka Juli
Pedomanrakyat.com, Jakarta – Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) termasuk CPNS dan PPPK 2024 diprediksi mundur dari target penyelenggaraa...