Barcelona Terancam Gagal Lolos Fase Grup Liga Champions

Nhico
Nhico

Rabu, 24 November 2021 08:11

Barcelona Terancam Gagal Lolos Fase Grup Liga Champions

Pedoman Rakyat, Makassar – Barcelona hanya mampu bermain imbang 0-0 kala menjamu Benfica di Camp Nou dalam partai matchday 5 fase grup Liga Champions 2021/22, Rabu (24/11/2021) dini hari WIB. Kelanjutan nasib kedua tim itu di Liga Champions kini harus ditentukan di matchday terakhir fase grup.

Sponsored by ADVERTNATIVE

Sejumlah peluang emas didapat oleh Barcelona dan Benfica pada laga ini. Namun, tak ada satu pun gol yang tercipta dari kedua tim sepanjang 2×45 menit jalannya pertandingan.

Barcelona yang tampil dominan beberapa kali mengancam gawang Benfica. Namun, upaya-upaya Barcelona digagalkan kiper Benfica Odisseas Vlachodimos dan mistar gawang. Sedangkan Benfica yang sempat bikin gol dianulir wasit.

Di paruh kedua, giliran gol Barcelona yang dianulir wasit. Tekanan yang terus dilancarkan pasukan Xavi Hernandez itu tak membuahkan hasil hingga laga usai.

Sejatinya, Barcelona memulai pertandingan dengan cukup meyakinkan. Tim asuhan Xavi konsisten membangun serangan ke jantung pertahanan Benfica. Namun, usaha tuan rumah masih belum membuahkan hasil.

Bahkan Barcelona mendapat peluang pertama di menit ke-8 lewat Yusuf Demir yang mampu menaklukan dua pemain dan kemudian meleparkan tembakan yang mampu digagalkan kiper Benfica, Odisseas Vlachodimos.

Dominasi Barcelona terus berlanjut hingga laga memasuki menit ke-15. Memphis Depay pun sempat mencoba peruntungan lewat tembakannya yang melambung jauh.

Hingga laga memasuki menit ke-20, dominasi Barcelona terlihat jelas dari statistik di mana Blaugrana menguasai 63 persen pertandingan dan mempunyai 2 tembakan ke gawang.

Benfica sendiri cukup merepotkan Barcelona. Memasuki menit ke-35, tim tamu mendapat dua peluang emas beruntun melalui situasi sepak pojok, yang masih gagal menjadi gol.

Setelah sundulan Roman Yaremchuk masih bisa dimentahkan Marc-Andre ter Stegen, Nicolas Otamendi sempat mencetak gol lewat tembakan jarak jauh. Namun, gol ini dianulir karena sepak pojok sudah lebih dahulu keluar dari arena permainan.

Yusuf Demir hampir saja membawa Barcelona unggul pada menit ke-42. Sayang, tembakan melengkung yang ia lepaskan masih membentur tiang gawang. Skor 0-0 pun bertahan hingga jeda turun minum.

Memasuki babak kedua, Barcelona mendapat peluang pada menit ke-57 lewat Memphis Depay. Namun, saat Depay sedang menggocek bola untuk menembak dengan kaki kiri, Otamendi lebih dulu menyerobot bola.

Vlachodimos melakukan penyelamatan bagus pada menit ke-68. Umpan Dembele dari sisi kanan disambut Frenkie de Jong dengan sundulan. Bola sundulan De Jong ditepis oleh Vlachodimos dan hanya menghasilkan sepak pojok untuk Barcelona.

Barcelona sempat mencetak gol pada menit ke-83. Umpan Jordi Alba dituntaskan oleh Ronald Araujo. Namun, gol dianulir wasit karena Araujo lebih dulu berada dalam posisi offside.

Barcelona terus menggempur pertahanan Benfica. Otamendi kembali melakukan tekel penting untuk menggagalkan peluang Barcelona. Kali ini mantan bek Manchester City itu memotong bola Dembele.

Dari sepak pojok yang dihasilkan, Gerard Pique menanduk bola. Namun bola sundulan Pique masih menyamping dari gawang.

Benfica menyia-nyiakan sebuah peluang emas di injury time. Berawal dari serangan balik, Seferovic mampu mengecoh Ter Stegen. Namun, meski gawang sudah kosong, Seferovic gagal memanfaatkannya. Tembakannya menyamping dari gawang.

Memasuki masa Injury Time, Barcelona masih menggempur pertahanan Benfica untuk mencari keungulan dan tiga poin demi tiket ke-16 besar.

Hingga babak kedua usai, tetap tak ada gol tercipta. Hasil imbang Barcelona dan Benfica ini membuat peraih tiket 16 besar ditentukan di laga terakhir.

Dengan hasil ini, Barcelona kini mengumpulkan tujuh poin di peringkat kedua klasemen Grup E. Benfica menyusul di belakangnya dengan lima poin.

Oleh sebab itu, kedua tim masih sama-sama punya peluang untuk lolos ke babak 16 besar. Di matchday terakhir, Barcelona akan tandang ke markas Bayern Munich. Sedangkan Benfica menghadapi Dynamo Kiev.

Susunan Pemain:

Barcelona: Marc-Andre ter Stegen; Ronald Araujo (Eric Garcia 86′), Gerard Pique, Clement Lenglet (Sergino Dest 86′), Jordi Alba; Nicolas Gonzalez, Sergio Busquets (c), Frenkie de Jong; Yusuf Demir (Ousmane Dembele 66′), Memphis Depay, Gavi.

Benfica: Odisseas Vlachodimos; Andre Almeida (c), Nicolas Otamendi, Jan Vertonghen; Gilberto, Julian Weigl, Joao Mario (Adel Taarabt 59′), Alejandro Grimaldo; Rafa Silva (Valentino Lazaro 70′), Roman Yaremchuk (Darwin Nunez 59′), Everton (Pizzi 70′).

 Komentar

Berita Terbaru
Olahraga28 November 2021 22:00
RMS Racing Team Berhasil Bawa 3 Trofi di Powertrack 2021 Seri 1 Banjar
Pedoman Rakyat, Banjar – Tim balap Rusdi Masse (RMS) Racing Team berhasil membawa tiga trofi di event akbar Powertrack 2021 Putaran Pertama yang...
Metro28 November 2021 21:10
Dua Asrama Mahasiswa di Makassar Diserang-Dibakar, Kapolrestabes Dudukkan Tokoh Tanah Luwu dan Bone
Pedoman Rakyat, Makassar- Menyikapi penyerangan yang terjadi disejumlah asrama mahasiswa di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), sejumlah tokoh m...
Metro28 November 2021 20:30
Alhamdulillah, Kapal Pancing yang Ditumpangi Legislator Sulsel Akhirnya Ditemukan
Pedoman Rakyat, Makassar– Proses pencarian Kapal New Bira Fishing yang dilaporkan mengalami mati mesin di perairan Selat Tanakeke Kabupaten Taka...
Hukum/Kriminal28 November 2021 20:18
Dua Asrama Mahasiswa di Makassar Diserang Lalu Dibakar OTK, Kapolda Sulsel Minta Masyarakat Tenang
Pedoman Rakyat, Makassar- Kapolda Sulsel, Irjen Pol Nana Sudjana meminta masyarakatl tidak percaya dengan isu hoax yang beredar terkait kasus penyeran...