Baruga Karaeng Matoayya di Rujab Ketua DPRD Makassar Diresmikan di HUT ke-413

Editor
Editor

Senin, 16 November 2020 02:35

Ketua DPRD Makassar, Rudianto Lallo
Ketua DPRD Makassar, Rudianto Lallo

Pedoman Rakyat, Makassar – Rumah Jabatan (rujab) Ketua DPRD Kota Makassar kini memiliki aula yang dinamai Baruga Karaeng Matoayya. Bersamaan HUT ke-413 Kota Makassar Baruga Karaeng Matoayya juga diresmikan.

Perlu ditahu, Ketua DPRD Kota Makassar kini dinahkodai oleh Rudianto Lallo, politisi dari Partai NasDem.

Pj Walikota Makassar Rudy Jamaluddin didaulat meresmikan Baruga Karaeng Matoayya yang terletak di pelataran belakang rumah jabatan Ketua DPRD Makassar Jl Letjen Hertasning No 18.

Peresmian dilakukan pasca-rapat paripurna pengumuman Hari Jadi ke 413 Kota Makassar di ruang sidang paripurna DPRD Makassar.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita. Pj Walikota didampingi Ketua DPRD Kota Makassar Rudianto Lallo dan Plt Sekretaris DPRD Makassar Andi Bukti Jufri. Usai peresmian dilanjutkan santap siang bersama.

Saat peresmian, Rudianto Lallo yang memiliki tagline “Anak Rakyat” ini menyampaikan bahwa pembangunan baruga di lingkungan rumah jabatan terinspirasi dari rumah jabatan gubernur yang dinamakan Baruga Karaeng Pattingngalloang dan Baruga Angin Mamiri di rujab Walikota.

Adapun pembangunannya menggunakan anggaran pemeliharaan gedung.

Terkait soal nama baruga, Rudi mengemukakan alasan, nama Karaeng Matoayya setiap tahun disebut jika Kota Makassar merayakan hari jadi, tapi tak satu pun bangunan monumental yang mengabadikan namanya.

“Itu alasan kami menggunakan nama Karaeng Matoayya pada baruga ini,” kata politisi yang berlatar pengacara ini.

Ditilik dari sejarah, Karaeng Matoayya atau Sultan Abdullah adalah raja Tallo pertama yang memeluk agama Islam dan melantik  Sultan Alauddin sebagai Raja di Kerajaan Gowa pada abad ke 17.

Hubungan Karaeng Matoayya atau Sultan Abdullah dengan Sultan Alauddin kemudian berhasil meningkatkan kejayaan kesultanan Makassar menjadi kekuatan militer dan perdagangan hingga disegani di wilayah timur nusantara.

Rudi menambahkan, baruga ini dapat digunakan siapa saja, termasuk kegiatan internal DPRD maupun pemerintah kota yang berkapasitas 30 hingga 50 orang.

Pj Walikota Makassar Rudy Jamaluddin menyambut hangat dan merespon positif pembangunan Baruga tersebut apalagi baruga itu dapat digunakan oleh semua kalangan, khususnya internal Pemerintah Kota Makassar. (zeg)

 Komentar

Berita Terbaru
Metro25 November 2020 07:16
Siap-siap, Pemerintah Cari Satu Juta Guru PPPK di Tahun 2021
pemerintah akan membuka rekrutment guru PPPK bagi guru honorer dan lulusan PPG yang belum mengajar. Ada satu juta kuota seluruh Indonesia ...
Metro25 November 2020 07:09
Debat Pilwalkot Makassar, Rahman Hanya Bisa ‘Menyerang’, Deng Ical Langsung Ingatkan Ini
Sejumlah pernyataan maupun pertanyaan duet Munafri Arifuddin itu, terkesan tendensius dalam setiap segmen debat kedua kepada Danny maupun pasangannya...
Politik24 November 2020 12:04
Taufan Pawe Umumkan Struktur Baru Sulsel: Fraksi adalah Perwajahan Golkar ke Depan
Taufan memang tak menampik perbedaan pendapat terkait formatur sempat terjadi, namun menurutnya apa yang kemarin terjadi sudah berakhir. ...
Metro24 November 2020 09:36
Kemenkumham Sulsel Raih Kinerja Anggaran Terbaik 2020
capaian ini merupakan kinerja kolaborasi dari Kanwil dan 33 Satker Pemasyarakatan, Imigrasi dan Balai Harta Peninggalan...