Pilwalkot Makassar 2020

Bawaslu: Semua Paslon Langgar Protokol Kesehatan saat Kampanye Tatap Muka

Editor
Editor

Sabtu, 05 Desember 2020 19:45

Ketua Bawaslu Makassar, Nursari
Ketua Bawaslu Makassar, Nursari

Pedoman Rakyat, Makassar – Empat pasangan calon di Pilwalkot Makassar 2020 melanggar protokol kesehatan Covid-19 saat melakukan kampanye tatap muka.

Hal itu dikemukakan, Ketua Bawaslu Makassar, Nursari.

Pihak Bawaslu pub sudah mengeluarkan surat teguran. Itu perihal pelanggaran protokol kesehatan yang dilakukan oleh semua pasangan calon walikota dan wakil walikota Makassar pada saat melakukan kampanye tatap muka.

Menurut keterangan ketua Bawaslu kota Makassar, Nursari, tidak satu pun dari empat pasangan calon yang tidak melanggar protokol kesehatan saat menggelar kampanye tatap muka.

Sehingga, pihak Bawaslu harus melakukan respon cepat atas laporan panitia pengawas kecamatan (Panwascam), dengan memberikan teguran tertulis kepada penyelenggara kegiatan kampanye.

“Iya, ada tujuh penyelenggara kampanye yang kami surati. Itu karena pelanggaran protokol kesehatan saat kampanye tatap muka,” ujar Nursari.

Lebih jauh Nursari mengatakan, pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan mayoritas pada ranah over kapasitas dari jumlah maksimal yang telah ditentukan dalam protokol kesehatan saat berkampanye.

Selain itu, jarak antar satu orang dengan yang lain (Physical distancing) juga kerap diabaikan, sehingga banyak kerumunan yang terjadi.

Bahkan, ada beberapa warga yang tidak menggunakan masker pada saat mengikuti kegiatan kampanye dari pasangan calon.

“Baru-baru ini kita temukan kegiatan kampanye yang melanggar protokol kesehatan. Tempatnya itu di Kecamatan Manggala,” beber Nursari.

“Pelanggaran ini kami temukan di empat pasangan calon. Semuanya sama saja, masih mengabaikan protokol kesehatan,” lanjutnya, Sabtu (4/12/2020).

Dengan begitu, pihak Bawaslu mengimbau, di hari terakhir kampanye ini tidak ada lagi penyelenggara kegiatan yang melanggar protokol kesehatan, demi keselamatan bersama.

“Kita (Bawaslu) tentu meminta kepada penyelenggara kampanye agar menerapkan protokol kesehatan lah. Jaga jarak bagi peserta kampanye, dan pakai maskernya,” tutup Nursari. (zeg)

 Komentar

Berita Terbaru
VIDEO Lokasi-lokasi Penjarahan Bantuan untuk Korban Gempa di Mamuju Sulbar
Video17 Januari 2021 01:10
VIDEO Lokasi-lokasi Penjarahan Bantuan untuk Korban Gempa di Mamuju Sulbar
Pedoman Rakyat, Mamuju – Sehari setelah gempa di Majene, Sulbar, berkekuatan magnitudo 6,2, arus bantuan logistik untuk korban gempa di Mamuju m...
VIDEO Saat Gunung Semeru Meletus, Muntahkan Awan Panas Guguran
Video17 Januari 2021 01:04
VIDEO Saat Gunung Semeru Meletus, Muntahkan Awan Panas Guguran
terlihat asap meluncur ke arah tenggara yang diduga dari dari kawah Jonggring Kaloko berwarna kelabu pekat dalam volume yang besar....
Catatan Terbaru: Korban Meninggal Dunia Akibat Gempa Sulbar Capai 46 Orang
Daerah16 Januari 2021 21:41
Catatan Terbaru: Korban Meninggal Dunia Akibat Gempa Sulbar Capai 46 Orang
Mamuju korban luka 130, kalau Majene luka-luka 60 lebih. Itu data-data sementara kita masih menunggu perkembangan selanjutnya...
Penampakan Rumah Satu Keluarga Dokter Tewas Tertimbun di Sulbar Sebelum dan Sesudah Gempa
Daerah16 Januari 2021 16:35
Penampakan Rumah Satu Keluarga Dokter Tewas Tertimbun di Sulbar Sebelum dan Sesudah Gempa
berdasarkan penelusuran awak media, rumah tersebut kini rata dengan tanah, dan hanya menyisakan puing-puing bangunan saja. ...