Caleg DPRD Sulsel Dapil Bulukumba-Sinjai, Iqbal Arifin Gaet Pemilih Milenial

Muh Saddam
Muh Saddam

Rabu, 29 November 2023 13:47

Caleg DPRD Sulsel Dapil Bulukumba-Sinjai, Iqbal Arifin Gaet Pemilih Milenial

Pedomanrakyat.com, Makassar – Jadwal kampanye Pemilu 2024 dimulai Selasa 28 November 2023 hingga tanggal 10 Februari 2014. Sejumlah kontestan calon legislatif bergelirya menyisir basis di dapil masing-masing.

Saat ini sebanyak 1.138 caleg DPRD Provinsi Sulsel akan memperrebutkan 85 kursi pada pemilu legislatif yang digelar pada 14 Februari 2024 mendatang.

Mereka berasal dari 18 partai politik akan bertarung di 11 daerah pemilihan atau (Dapil) di Sulsel.

Dari sekian banyak caleg, ada nama Iqbal Arifin, sosok yang sudah tidak asing lagi di dunia politik, baik di Kota Makassar, maupun Sulsel pada umumnya.

Ia menyatakan maju siap bertarung dalam ajang kontestasi politik, pemilihan Legislatif DPRD Provinsi Sulsel, tahun 2024 mendatang di Daerah Pemilihan (Dapil) 5 meliputi Kabupaten Sinjai dan Bulukumba.

“Dengan kemapuan saya miliki senantiasa siap berkontribusi untuk perjuangkan aspirasi masyarakat di dapil Sulsel V (Bulukumba-Sinjai). Serta apa yang menjadi harapan generasi milenial nantinya,” ujarnya, Rabu (29/11/2023).

Alumnus Universitas Hasanuddin ini. Menyebutkan, untuk melakukan sosialisasi kata dia, mulai turun gunung pekan ini, tepat Jumat tanggal 1 Desember 2023. Selain bertemu masyarakat secara umum, seperti kelompok nelayan dan petani.

Mantan Ketua Bappilu Bapillu PDIP Sulsel ini, mengaku intens melakukan pertemuan dengan tokoh masyarakat baik di Sinjai maupun Bulukumba.

Dia akan melakukan berbagai kegiatan bersentuan langsunh dengan kelompok GenZ, menemui pemilih generasi muda dan milenial.

Dia menilai selain sosialisasi lewat tatap muka, tentu lewat media sosial menjadi senjata yang ampuh untuk menggaet pemilih, khususnya pemilih muda, mengingat pengguna internet di Indonesia didominasi generasi millennial dan generasi Z yang menguasai total pemilih 2024 nanti.

“Tak bisa dipungkiri, mayoritas generasi Z mengakses internet untuk membuka media sosial seperti tiktok dan instagram, generasi Z juga dianggap sebagai generasi yang paling menguasai teknologi informasi karena sangat intens dengan aktivitas digital. Kami akan melakukan hal sesuai perkembangan genZ,” jelasnnya.

Caleg PDIP nomor urut 01 itu. Mengatakan, kedepan harus punya keterbukaan untuk memberi peluang pada generasi muda atau milenial.

Jadi, anak muda bukan hanya dirangkul untuk dapat suara, melainkan juga diberikan kesempatan untuk berpartisipasi di dalam sistem.

“Saat ini pemilih milenial, GenZ banyak, kita kasih ruang politisi muda untuk menguji gagasannya. Kita refleksikan bersama apa perlu dikembangkan sesuai bakat. Itu yang bisa kita lakukan,” jelesnya.

Target untuk pileg 2024, Wakil Ketua Bidang Ideologi dan Kaderisasi PDIP Sulsel itu mengatakan, di pileg mendatang dia menargetkan 40 ribu suara yang tersebar di Sinjai dan Bulukumba.

“Soal target sebanyak-banyaknya, tapi realostis. Di Kabupaten Sinjai ada 9 kecamatan dan Bulukumba 10 kecamatan. Target saya 40 ribu suara,” ujar Iqbal.

Lantas siapa sosok Iqbal Arifin, dari informasi. Ia adalah mantan aktivis mahasiswa. Selain itu, pernah menjadi kativis HMI Cabang Makassar. Terlibat aktif juga di berbagai kegiatan sosial.

Setelah bergabung di dunia politik ia mengemban amanah dijabatan politik di partainya PDIP Sulsel. Terbaru adalah Ketua Bidang Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sulsel,

Kemudian Wakil Ketua Bidang Ideologi dan Kaderisasi PDIP Sulsel hingga saat ini. Siapa sangka Iqbal Arifin yang selama ini dikenal sosok suka ngopi dari warkop ke warkop adalah teman dekat dengan Calon Presiden RI 2024 Ganjar Pranowo.

Bahkan Ganajar Pranowi ke kota Makassar, beberapa kali kegiatan. Aktif komunikasi (chatting via WhatsApp ngobrol). Maklum saja, keduanya sabahat lama, karena berteman sejak lama, sebelum Ganjar duduk di DPR RI ataupun Gubnernur ajawa Tengah.

“Saya sama pak Ganjar akrab sejak tahun 2002, sebelum pak Hanjar jadi DPR RI, maupun sebelum jabat Gubernur. Kami sering kuminkasi bawah materi. Dulu beliau aktif berikan pembekakan bagi kepala daerah dan legislatif kader PDIP,” kata Iqbal.

“Kecerdasan Ganjar bukan Karbitan tapi, benar-benar aktivis murni. Terbukti aktif juga di berbagai kegiatan sosial dan jugakepedulian lainya,” lanjut dia.

 Komentar

Berita Terbaru
Politik23 Februari 2024 06:41
NasDem, PKB, PKS Kompak Dukung Hak Angket Kecurangan Pemilu
Pedomanrakyat.com, Jakarta – Partai NasDem, PKB, dan PKS yang tergabung dalam Koalisi Perubahan menyatakan sikap mendukung wacana hak angket yan...
Metro22 Februari 2024 21:58
Jokowi Apresiasi MNP, Sebut Pelabuhan Logistik Terbesar Kedua dan Terefisien
Pedomanrakyat.com, MAKASSAR,- Presiden Joko Widodo telah meresmikan proyek Makassar New Port (MNP), Jl Sultan Abdullah Raya, Makassar, Kamis, (22/02/2...
Metro22 Februari 2024 21:54
Jokowi Usul Pelabuhan Lama Jadi City Center Makassar, Danny: Kami Sangat Senang
Pedomanrakyat.com, MAKASSAR,- Presiden Joko Widodo mengusulkan agar pelabuhan lama Makassar, Soekarno Hatta menjadi pusat kota Makassar. Merespon hal ...
Hiburan22 Februari 2024 21:51
Vincent Rompies Harap Kasus Anaknya Diselesaikan Kekeluargaan
Pedomanrakyat.com, Jakarta – Artis Vincent Rompies tengah berupaya untuk berkomunikasi dengan orang tua korban perundungan Binus School Serpong....