Cegah Bunuh Diri, Berikut Ulasan Mengenai Gejala Depresi yang Harus Diketahui Semua Orang

Nhico
Nhico

Minggu, 10 Oktober 2021 13:21

Cegah Bunuh Diri, Berikut Ulasan Mengenai Gejala Depresi yang Harus Diketahui Semua Orang

Pedoman Rakyat – Salah satu kesehatan mental yang kini banyak dialami selama pandemi adalah depresi. Depresi berat atau berlarut-larut dapat membuat orang terpikir untuk bunuh diri. Karenanya, penting mengenali gejala depresi untuk mencegah bunuh diri terjadi.

Seperti dilansir Times of India, berikut ulasan mengenai gejala depresi yang harus diketahui semua orang, minggu (10/10/2021).

Sponsored by ADVERTNATIVE

1. Kesedihan yang terus-menerus

Seseorang yang menderita depresi mungkin sering merasa sedih atau menangis. Seringkali mereka merasakan semacam kehampaan. Mengalami perasaan atau suasana hati yang tertekan seperti itu selama lebih dari dua minggu berturut-turut bisa menjadi tanda depresi.

2. Kehilangan minat

Dalam istilah medis, kondisi kehilangan minat terhadap apa pun disebut juga dengan anhedonia. Dalam fase ini, biasanya orang menarik diri dari aktivitas yang pernah mereka suka seperti olahraga atau pergi keluar bersama teman.

3. Kelelahan dan tidur berlebihan

Orang yang mengalami gejala depresi umumnya merasa sangat lelah dan malas, sehingga mereka banyak tidur. Dalam beberapa kasus, depresi dapat menyebabkan insomnia dan kegelisahan di malam hari.

4. Perubahan nafsu makan

Ini juga merupakan tanda depresi. Ada seseorang yang justru makan lebih banyak atau mungkin tidak merasa lapar sama sekali. Mereka melakukan itu bukan dengan sengaja, tetapi hanya merasa tidak mau makan atau merasa sangat lapar.

5. Cemas berlebih

Gugup, gelisah, detak jantung cepat, napas cepat, gemetar, atau otot berkedut adalah beberapa tanda kecemasan yang umum.

6. Emosi yang tidak terkontrol

Perubahan suasana hati yang drastis bisa menjadi tanda dari gangguan mental. Orang yang merasa depresi seringkali mengalami perubahan mood yang drastis tanpa alasan tertentu.

7. Merasa tidak berharga

Rasa bersalah, gagal, dan kesulitan dalam melepaskan masa lalu dapat menambah kekhawatiran diri. Bahkan, kesalahan kecil pun bisa membuat Anda merasa tidak berharga atau menimbulkan perasaan benci pada diri sendiri.

8. Masalah konsentrasi

Kurangnya konsentrasi atau merasa kesulitan membuat keputusan juga merupakan tanda umum depresi. Gejala depresi ini lebih sering terjadi pada orang dewasa yang lebih tua.

 Komentar

Berita Terbaru
Hukum/Kriminal17 Oktober 2021 20:35
Gara-gara Tak Diberi Rokok, Pengangguran di Makassar Tikam Buruh Harian
Pedoman Rakyat, Makassar- Seorang pria yang sehari-harinya bekerja sebagai buruh harian lepas di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) bernama Jaya...
Hukum/Kriminal17 Oktober 2021 20:29
AJI Makassar: Polda Sulsel Tak Profesional Terima Laporan Sengketa Pemberitaan
Pedoman Rakyat, Makassar -Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Makassar dan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Makassar menanggapi kasus pelaporan terhadap nar...
Hukum/Kriminal17 Oktober 2021 20:03
Hati-hati Berkendara! Siswi Cantik di Makassar Tewas Terlindas Truk karena Gagal Menyalip
Pedoman Rakyat, Makassar- Nasib malang menimpa seorang siswi yang masih berusia 17 tahun di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Gadis belia bern...
Hukum/Kriminal17 Oktober 2021 19:42
Polisi Ringkus Pelaku Pembunuh Wanita Asal Bantaeng Sulsel, Motifnya Diduga Urusan Bisnis Tokek
Pedoman Rakyat, Gowa- Kepolisian Resor (Polres) Gowa mengungkap motif pembunuhan terhadap seorang wanita yang jasadnya ditemukan di tengah semak beluk...