Dewan Minta Dinsos Lakukan Evaluasi Data Penerima Bansos di Sulsel

Nhico
Nhico

Selasa, 23 November 2021 20:19

Rapat Komisi E DPRD Sulsel.
Rapat Komisi E DPRD Sulsel.

Pedoman Rakyat, Makassar – Kementerian Sosial baru-baru ini mengumumkan Pegawai Negeri Sipil (PNS) penerima program keluarga harapan (PKH) maupun bantuan pangan non tunai (BPNT) dari pemerintah sebanyak 31.624 orang di seluruh Indonesia.

Menteri Sosial, Tri Rismaharini menduga PNS menerima bansos lantaran adanya perubahan sosial yang dulunya tidak memiliki pekerjaan dan pendapatan tetap. Kemudian berjalan waktu diterima menjadi ASN.

Sponsored by ADVERTNATIVE

Menanggapi hal tersebut, Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Sulawesi Selatan akan melakukan evaluasi menyoal PNS yang menerima Bansos baik PKH maupun BPNT.

Kepala Dinsos Sulsel, Irawan Bintang mengatakan bahwa, pihaknya memperkirakan ada sekitar 1.000 ASN Sulsel yang menerima PKH maupun BPNT.

Olehnya itu kata dia, untuk memasyikan hal itu, maka akan dilakukan koordinasi dengan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sulsel terkait hal tersebut.

“Jadi nanti kami dengan BKD bekerjasama untuk mengecek, karena sekarang ini sistem di BKD, misalnya pegawai A mempunyai NIKnya ini, mempunyai keluarga ini, kita bisa dapat, dia di instansi atau dinas mana, ” kata Irawan, di Komisi E DPRD Sulsel, Selasa, (23/11/2021).

Irawan Bintang mengungkapkan bahwa, apabila terbukti ternyata ASN menerima bantuan sosial dari pemerintah, maka akan diberi sanksi.

“Sanksinya paling berat pengembalian, kita tinggal tunggu saja sanksinya, apakah sanksi pengembalian,” tuturnya.

Sementara itu, Anggota Komisi E DPRD Sulsel, Jhon Rende Mangontan meminta agara Dinas Sosial melakukan evaluasi terkait penerima PKH maupun BNPT di Sulawesi Selatan.

“Kami meminta Dinas Sosial untuk melakukan kroscek kembali penerima bansos ini, termasuk ASN, karena masih banyak yang lebih membutuhkan, ” beber Jhon.

 Komentar

Berita Terbaru
International06 Desember 2021 09:00
Sosok Yana Orfeeva, Model Diduga Selingkuhan Pangeran Arab, Uang Jajan Sehari Rp77 Juta
Pedoman Rakyat, Jakarta – Pangeran dari Arab Saudi diduga berselingkuh dengan seorang model bernama Yana Orfeeva. Kini, nama Yana Orfeeva, men...
International06 Desember 2021 08:30
Amerika Serikat Marah Besar, Taliban Bunuh 100 Warga Eks Pasukan Afghanistan
Pedoman Rakyat, AS – Dilaporkan Taliban telah membunuh 100 warga yang juga merupakan eks pasukan Afghanistan. Dasar itu, Amerika Serikat sangat ...
Nasional06 Desember 2021 08:00
Budayawan Sujiwo Tejo Persilakan Para Menteri ke Semeru: Kecuali yang Satu Ini, Please Jangan ke Sana
Pedoman Rakyat, Jakarta – Meletusnya Gunung Semeru masih menjadi pembicaraan hangat masyarakat Indonesia. Tanggapan soal Gunung Semeru pun berag...
Metro06 Desember 2021 07:30
‘Camat-Lurah di Makassar Lapor Setiap 2 Jam’ Perintah Danny Pomanto Hadapi Cuaca Ekstrem
Danny menginstruksikan camat, lurah, dan seluruh OPD untuk mengantisipasi terjadinya bencana banjir dan angin kencang....