DPO Sejak Tahun 2018, Anggota KKB Osimi Wenda Ditangkap, Ini Daftar Kejahatanya

Nhico
Nhico

Kamis, 22 Juli 2021 22:04

DPO Sejak Tahun 2018, Anggota KKB Osimi Wenda Ditangkap, Ini Daftar Kejahatanya

Pedoman Rakyat, Papua-Polda Papua menangkap Osimin Wenda alias Usimin Telenggen (30) anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua yang sudah dicap organisasi teroris di Mulia, Kabupaten Puncak Jaya, Papua, Kamis (22/7/2021).

Osimin Wenda sudah ditetapkan dalam daftar pencarian orang (DPO) Polda Papua sejak 2018 lalu. Direktur Kriminal Khusus Polda Papua, Kombes Pol Faisal Ramadani mengakui ada penangkapan terhadap anggota KKB yang masuk dalam DPO.

Sponsored by ADVERTNATIVE

“Dari data yang dimiliki terungkap yang bersangkutan terlibat dalam penyerangan Polsek Pirime pada November 2012 lalu, termasuk penembakan terhadap rombongan mantan kepala Polda Papua yang saat itu dijabat Inspektur Jenderal Polisi Tito Karnavian,” katanya.

Wenda sempat ditangkap Timsus Polda Papua pada 15 juli 2013 dan dijatuhi hukuman seumur hidup pada 2014, namun pada 18 Januari 2018 dia kabur dari LP Abepura, terlibat dalam penembakan tukang ojek atas nama Yanmar di Kampung Popome, Kabupaten Lanny Jaya, dan terlibat kontak tembak dengan personil Nemangkawi di Kampung Popome pada 2018.

Ramadani menyatakan, saat dia ditangkap tidak ditemukan senjata api. Wenda alias Usimin Telenggen akan dibawa ke Polda Papua untuk diperiksa lebih lanjut.

Wenda aktif terlibat dalam sejumlah aksi penembakan KKB dan senantiasa berpindah kelompok karena sebelumnya selain bergabung dengan Puron Wenda juga dengan Lekagak Telenggen. “Yang bersangkutan saat ini masih diamankan di Mapolres Puncak Jaya di Mulia,” kata Ramadani.

 Komentar

Berita Terbaru
Nasional02 Agustus 2021 13:46
Hari Ini Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS dan CPPPK, Mau Tahu Namanya Lolos atau Tidak? Ayo Cek Disini
Pedoman Rakyat, Jakarta- Pendaftaran CPNS 2021 telah ditutup, bahkan Hasil seleksi administrasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan pegawai pemerint...
Metro02 Agustus 2021 09:39
Innalillah, Mantan Sekretaris KPU Sulsel Annas GS Karaeng Jalling Meninggal Dunia
Innalillah, Mantan Ketua KPU Sulsel Annas GS Karaeng Jalling Meninggal Dunia...
Hukum/Kriminal02 Agustus 2021 09:26
Kasihan, Balita Hanyut Selama 3 Hari, Ditemukan Tewas Mengapung di Semak Belukar
Pedoman Rakyat, Banyuasin- Balita yang hanyut di perairan sungai di Desa Telang, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan (Sumsel) akhirnya ditemukan, na...
Edukasi02 Agustus 2021 09:05
Masyarakat Wajib Tahu, Begini Cara Efektif Cegah Penularan Covid-19 Menurut Dokter Reisa
Pedoman Rakyat, Jakarta- Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 Dokter Reisa Broto Asmoro mengatakan, penggunaan masker ganda efektif mencegah percika...