F1GP Qatar: Lewis Hamilton Sukses Asapi Verstappen, Fernando Alonso Akhirnya kembali Naik Podium

Nhico
Nhico

Senin, 22 November 2021 09:31

F1GP Qatar: Lewis Hamilton Sukses Asapi Verstappen, Fernando Alonso Akhirnya kembali Naik Podium

Pedoman Rakyat, Makassar – Pembalap Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton, sukses merebut kemenangan dalam balapan Formula 1 GP Qatar di Sirkuit Losail, Doha, pada Minggu (21/11/2021) malam WIB.

Sponsored by ADVERTNATIVE

Ia mampu menjadi pembalap yang finis pertama kali dan bahkan unggul 25,743 detik dari posisi kedua yang dihuni rival utamanya, Max Verstappen.

Fernando Alonso, yang merupakan driver dari Alpine, berhasil finis di posisi ketiga dan ini menjadi podium pertamanya sejak 2014 di GP China. Alonso tidak tampil buruk karena mampu mempertahankan posisi seperti saat memulai race.

Sementara itu posisi keempat dan kelima masing-masing ditempati oleh pembalap Red Bull Racing Honda lainnya, Sergio Perez, dan pembalap Alpine F1 Team, Esteban Ocon.

Rekan satu tim Hamilton, Valtteri Bottas, mendapatkan kesialan. Sebuah insiden pada lap ke-35 membuatnya tidak bisa menyelesaikan balapan.

Start dari posisi pole, Lewis Hamilton sukses memimpin jalannya lomba berdurasi 57 putaran itu dari start hingga finis. Hamilton sudah diuntungkan sejak awal lomba semenjak rival terbesarnya, Max Verstappen (Red Bull Racing), menerima penalti turun posisi start.

Posisi start Verstappen melorot dari urutan dua menjadi tujuh karena mengabaikan bendera kuning pada kualifikasi kemarin. Verstappen sebenarnya tampil kuat sejak awal. Dia memanfaatkan start bagus Fernando Alonso (Alpine) yang sudah menempati posisi kedua pada lap pertama.

Posisi kedua pada akhirnya diambil alih Verstappen pada lap kelima. Verstappen pun dengan leluasa meninggalkan pembalap-pembalap di belakangnya. Namun, Hamilton lebih dahulu menciptakan gap besar dengannya.

Pada lap ke-10 Hamilton memimpin 5 detik di depan Verstappen. Adapun jarak Verstappen dengan Alonso di posisi ketiga mencapai 12 detik. Red Bull Racing dan Verstappen mencoba strategi undercut dengan mengganti ban ke tipe hard pada lap ke-18.

Mercedes merespons dengan memasukkan Hamilton ke pit pada lap berikutnya kendati sang pembalap menilai terlalu awal untuk mengganti ban. Upaya Mercedes terlihat sukses. Hamilton masih memimpin 10 detik atas Verstappen ketika keluar dari jalur pit.

Sementara dua pembalap terdepan terlihat sudah mengamankan posisi mereka, drama terjadi dalam perebutan posisi terakhir di podium.

Valtteri Bottas (Mercedes) apes karena mengalami pecah ban pada lap ke-34. Sedang berada di posisi ketiga, Bottas harus rela kehilangan posisi karena harus ‘menyeret’ mobilnya ke pit stop untuk mengganti ban lain.

Persaingan untuk posisi ketiga menyisakan Sergio Perez (Red Bull Racing) dan Fernando Alonso. Alonso naik satu posisi ke urutan tiga setelah Perez melakukan pit stop pada lap ke-42, sama seperti Verstappen yang memasang ban medium baru.

Strategi berani dilakukan Alonso dengan tidak kembali ke pit dan berharap pembalap di belakangnya mampu memperlambat laju Perez.

Dewi Fortuna kali ini berpihak kepada Alonso. Pada lap ke-55 Virtual Safety Car (VSC) menyala setelah marshal harus membersihkan serpihan dari mobil Nicolas Latifi (Williams) yang juga mengalami pecah ban.

VSC baru selesai ketika balapan menyisakan satu lap. Alonso mengamankan posisi ketiga. Ini merupakan podium pertama juara dunia dua kali tersebut sejak GP Hongaria pada 2014!

Kembali ke posisi terdepan, Verstappen memanfaatkan selesainya VSC pada lap terakhir untuk menciptakan waktu lap tercepat. Satu poin ekstra membuat Verstappen ‘hanya’ kecolongan enam poin dari Hamilton yang berhasil meraih kemenangan keduanya secara beruntun.

Persaingan gelar juara pun makin terbuka. Verstappen kini harus mempertahankan keunggulan delapan poin di klasemen dengan dua balapan tersisa. F1 2021 akan dilanjutkan dengan balapan seri ke-21 GP Arab Saudi di Jeddah Corniche Circuit pada 5 Desember mendatang.

Hasil F1 GP Qatar 2021:

1. Lewis Hamilton (Mercedes) 1:24:28,471

2. Max Verstappen (Red Bull Racing) +25,743 (FL)

3. Fernando Alonso (Alpine) +59,457

4. Sergio Perez (Red Bull Racing) +62,306

5. Esteban Ocon (Alpine) +80,570

6. Lance Stroll (Aston Martin) +81,274

7. Carlos Sainz (Ferrari) +81,911

8. Charles Leclerc (Ferrari) +83,126

9. Lando Norris (McLaren) +1 Lap

10. Sebastian Vettel (Aston Martin) +1 Lap

11. Pierre Gasly (AlphaTauri) +1 Lap

12. Daniel Ricciardo (McLaren) +1 Lap

13. Yuki Tsunoda (AlphaTauri) +1 Lap

14. Kimi Raikkonen (Alfa Romeo) +1 Lap

15. Antonio Giovinazzi (Alfa Romeo) +1 Lap

16. Mick Schumacher (Haas) +1 Lap

17. George Russell (Williams) +2 Lap

18. Nikita Mazepin (Haas) +2 Lap

—Gagal Finis—

Nicholas Latifi (Williams)

Valtteri Bottas (Mercedes)

 Komentar

Berita Terbaru
Politik05 Desember 2021 23:09
Survei Capres 2024 Terbaru: Anies Baswedan Teratas Disusul Sandiaga, Ganjar, AHY dan Prabowo
Pedoman Rakyat, Jakarta – Pemilihan Presiden (Pilpres) masih terbilang masih begitu lama. Bursa para calon presiden (capres) pun menguat satu pe...
Olahraga05 Desember 2021 23:00
Patut Berbangga! 5 Pembalap RMS Racing Team Berkibar di Powertrack 2021 Seri 2 Banjar
para pembalap yang bernaung di RMS Racing Team mendapatkan masing-masing trofi di setiap kelas yang diikutinya...
Metro05 Desember 2021 21:46
Megah-Merakyat, Konsep Baru Reses Syaharuddin Alrif di Sidrap Sulsel, Warga Terhibur
Pedoman Rakyat, Makassar – Wakil Ketua DPRD Sulsel, H Syaharuddin Alrif melakukan serap aspirasi atau reses masa sidang pertama tahun 2021/2022 ...
Hukum/Kriminal05 Desember 2021 19:25
Jasad Seorang Pria Ditemukan di Tengah Sawah Jeneponto Sulsel, Penuh Luka Tusuk
Pedoman Rakyat, Jeneponto- Warga di Kelurahan Tolo Selatan, Kecamatan Kelara, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan (Sulsel) digemparkan dengan penemu...