Gedung DPR RI Diserang Teroris, TNI Terjunkan Pasukan Elit

Jennaroka
Jennaroka

Selasa, 29 Juni 2021 14:54

Latihan penanggulangan teroris di Gedung DPR RI oleh pasukan elit TNI. (Foto: Parlementaria)
Latihan penanggulangan teroris di Gedung DPR RI oleh pasukan elit TNI. (Foto: Parlementaria)

Pedoman Rakyat, Jakarta – Gedung DPR RI di Jakarta diserang teroris. Ada sejumlah sandera. Pasukan elit, Satuan Penanggulangan Teror (Satgultor) TNI yang terdiri dari Satuan 81 Kopassus, Denjaka TNI AL dan Satbravo 90 Paskhas TNI AL diturunkan.

Teroris akhirnya berhasil ditumpas. Para sandera selamat. Ini adalah simulasi penanggulangan teror yang digelar pasukan elit TNI di Gedung DPR RI, Minggu (27/6/2021) lalu.

Sponsored by ADVERTNATIVE

Anggota Komisi I DPR RI Bobby Adhityo Rizaldi mengatakan, akan senantiasa mendukung Satgultor TNI dalam melakukan penanggulangan teror.

“Apa yang diperlukan, baik itu payung hukum, dukungan anggaran dan teknis, saya rasa seluruh anggota DPR yang ada di Senayan ini pasti akan mendukung,” ujar Bobby, seperti website berita DPR RI, Parlementaria.

Politisi Fraksi Partai Golkar ini mengapresiasi aksi yang didemontrasikan Satgultor TNI dalam mengamankan Gedung Nusantara dan pembebasan sandera.

Dimana, itu merupakan bagian dari skenario latihan untuk menguji kesiapsiagaan prajurit dalam menghadapi berbagai ancaman teror yang setiap saat dapat terjadi.

“Tadi sudah dipresentasikan, sudah didemonstrasikan, mungkin nanti perlu ada operasi atau rapat koordinasi DPR RI dengan Satgultor TNI. Karena tadi disampaikan beberapa contoh teknis, ada denah yang masih berubah, adanya maping gedung. Nah ini yang perlu di-update lagi sehingga operasi-operasi nanti akan dilakukan akan lebih efektif lagi,” papar Bobby.

Sebelumnya, Komandan Komando Operasi Khusus TNI (Dankoopssus TNI) Mayjen Richard TH Tampubolon mengatakan walaupun saat ini pandemi Covid-19 masih terjadi seluruh prajurit Satgultor TNI tetap berupaya melatih diri dan mempersiapkan segala hal sebagai bentuk kesiapsiagaan.

Latihan seperti ini, nantinya bakal dilakukan di berbagai tempat dengan tujuan untuk membekali pengetahuan dan keterampilan kepada prajurit untuk mengenal berbagai medan dan rintangan baik yang ada di hutan, perairan, ataupun perkotaan. “Sehingga seluruh prajurit Satgultor TNI senantiasa siap ditugaskan di dalam mapun di luar wilayah NKRI,” ungkap Richard.

Drama penyanderaan, pembebasan sandera dan pengambilalihan Gedung DPR oleh Satgultor TNI disaksikan langsung oleh Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel, anggota Komisi I DPR Bobby Adhityo Rizaldi.

Sementara pejabat TNI yang hadir di antaranya Irjen TNI Letjen (Mar) Bambang Suswantono, Asrenum Panglima TNI Laksda Heru Kusmanto, Asops Panglima TNI Mayjen Syafruddin, Dankormar Mayjen TNI (Mar) Suhartono, Dankorpaskhas Marsda Eris Widodo, Wadan Kodiklat TNI Marsda Eko Dono, Wadan Koopssus TNI Brigjen Widodo dan Wakapuspen TNI Laksma Tedjo Sukmono.

 Komentar

Berita Terbaru
Hukum/Kriminal30 Juli 2021 21:13
Polisi Amankan Supir Mobil Kemensos Penabrak Pesepeda di Makassar, Terancam 3 Tahun Penjara
Polisi Amankan Supir Mobil Kemensos Penabrak Pesepeda di Makassar, Terancam 3 Tahun Penjara...
Hukum/Kriminal30 Juli 2021 20:59
2 Pria Adu Jotos di Tengah-tengah Jalan Sultan Alauddin Makassar, Bikin Macet!
2 Pria Adu Jotos di Tengah-tengah Jalan Sultan Alauddin Makassar dan bikin macet...
Metro30 Juli 2021 18:14
Pengusaha Cantik di Makassar Sumbang Rp1 Miliar untuk Tangani Covid-19
Pengusaha cantik makassar Nurlinda Dwi Sukti....