Hujan Terus Menerus? Ini Persiapan Menghadapi Banjir

Nhico
Nhico

Selasa, 14 September 2021 09:36

Hujan Terus Menerus? Ini Persiapan Menghadapi Banjir 

Pedomaan Rakyat, Makassar – Sejumlah wilayah di Indonesia tengah dilanda hujan terus menerus, sampai ada wilayah yang kebanjiran.

Untuk itu, Mengingat musim penghujan sudah di depan mata, dan salah satu yang paling ditakutkan dari hujan yakni banjir. Masyarakat harus bersiap Dalam kondisi seperti ini, karena segala kemungkinan bisa terjadi.

Sponsored by ADVERTNATIVE

Berikut 5 persiapan menghadapi musim hujan dan banjir yang dapat anda terakkan saat ini,

1.Ganti Genting

Saatnya mengganti genting rumah yang retak. Pasalnya jika genting yang bocor bisa menambah air yang masuk bertambah banhak, bahkan rasanya kurang enak kalau pas musim hujan atap pada bocor, kan?

Jadi untuk mengecek genting rumah anda ketika kedaan tidak hujan, jika perlu ada yang berubah untuk mengubahnya.

2. Bersihkan Saluran Air

Punya banyak pohon di sekeliling rumah? Coba saluran pembuangan atau talang air dari darun-daun atau sampah-sampah supaya tidak mampat.

3. Amankan Dokumen Penting Terlebih Dahulu

Selamatkan dokumen-dokumen penting, seperti ijazah, akte kelahiran, sertifikat rumah, buku nikah dan surat berharga lainnya. Selain nilai pentingnya, ketika rusak atau hilang, pengurusan kembali dokumen-dokumen ini akan memakan waktu dan biaya.

Untuk menghindari hal itu, lebih baik segala dokumen-dokumen tersebut disatukan dalam satu tempat khusus, misalnya koper lalu bungkus dengan plastik untuk memastikan lebihnya aman saat terkena udara.

Penting juga diingat, jika tetap menyimpan dokumen di rumah, jangan pernah menyimpannya dalam lemari, walaupun sudah disimpan dan disimpan dalam plastik. Pasalnya, ada kemungkinan lemari roboh saat air meninggi.

4. Cadangan Listrik

Kilat atau petir dapat membuat suplai listrik terputus. Tidak ada salahnya untuk menyediakan sumber listrik cadangan.

5. barang Elektronik di Tempat Tinggi

Barang elektronik yang jika terkena air dapat rusak seperti laptop, kamera, TV, DVD, kulkas dan lainnya. Untuk barang-barang elektronik, pastikan disimpan di tempat yang tidak akan terendam banjir seperti di lantai 2 misalnya. Buatlah dudukan kulkas yang agak tinggi sehingga tidak terendam banjir.

5. Kenali Bencana

Kenali lebih dalam terkait potensi kebencanaan di wilayah masing-masing agar kita dapat lebih siap jika sewaktu-waktu bencana terjadi.

6. Siapkan Alat Siaga Banjir

Saat banjir sering kali terjadi keadaan-keadaan ekstrem yang membuat Anda perlu menyediakan sejumlah alat untuk bertahan hidup. Situasi seperti mati listik hingga harus naik ke atap rumah untuk mencari pertolongan mungkin bisa terjadi.

Karenanya, alat-alat darurat berikut perlu dikumpulkan seperti pelampung, pakaian, senter dengan ekstra baterai, korek api, kertas, pulpen, powerbank terisi penuh, pisau kecil, tali, lakban, serta uang tunai.

7. Parkir Kendaraan ke Tempat Aman

Parkir kendaraan ke dataran tinggi atau ke rumah saudara yang tidak terjangkau banjir terutama kegika hujan mulai awet. Sebab, kendaraan seperti mobil maupun sepeda motor tidak didesain untuk melewati atau tahan terhadap banjir, ditambah jika mengalami kerusakan tidak memerlukan biaya yang sedikit.

8. Perbarui BMKG

Bekali diri dengan selalu meng-update informasi terkini terkait cuaca melalui portal resmi BMKG. Akan lebih baik jika Anda terus menyatukan berita tentang curah hujan di wilayah tempat Anda tinggal.

Selain itu, bisa mengecek berita tersebut melalui media sosial TMC Polda atau cari tahu langsung di Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Bertujuan agar terus waspada terhadap banjir.

 Komentar

Berita Terbaru
Ekonomi21 September 2021 15:43
Pasca Dihantam Gelombang Kedua Covid-19, Begini Kondisi Ekonomi Terkini RI
Pedoman Rakyat, Jakarta – Diperkirakan hingga akhir tahun 2021, pertumbuhan ekonomi Indonesia 3,5-4,3%. “Ekonomi Indonesia diperkirakan te...
Nasional21 September 2021 15:43
Anies Baswedan Berulang Kali Acungkan Jempol Saat Dipanggil KPK Terkait Kasus Lahan
Pedoman Rakyat, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). pada Selasa (21/9/2021). An...
Nasional21 September 2021 15:27
MUI Bela Napoleon Aniaya Muhammad Kece Karena Sudah Hina Islam, Denny Siregar: Malu Gua Sama MUI Kayak Gini
Pedoman Rakyat, Jakarta – Pegiat media sosial Denny Siregar mengaku malu dengan sikap Majelis Ulama Indonesia (MUI) terkait kasus penganiayaan t...
Hukum/Kriminal21 September 2021 14:39
Mengejek-ejek Polisi, Akhirnya Suara Tembakan Warnai Penangkapan 6 Pelaku Tawuran di Makassar
Pedoman Rakyat, Makassar – Tawuran antar pemuda kembali terjadi di perbatasan wilayah Kecamatan Tallo-Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar, Suls...