Indikator Bensin Menyala, Mobil Masih Bisa Melaju Berapa Km?

Nhico
Nhico

Jumat, 10 Mei 2024 16:40

Lampu Indikator Bensin Menyala.(F-INT)
Lampu Indikator Bensin Menyala.(F-INT)

Pedomanrakyat.com, Jakarta – Setiap kendaraan kini telah mengusung lampu indikator bensin di bagian panel instrumen kemudi.

Fitur ini membantu pengemudi untuk mengetahui apakah bensin masih penuh atau sudah hampir habis.

Apabila bensin sudah mulai kosong, nantinya lampu indikator bensin akan menyala.

Namun, apa jadinya kalau lampu indikator bensin sudah menyala namun tidak menemukan SPBU terdekat? Tentu ada rasa khawatir kalau mobil akan mogok di jalan.

Tapi jangan khawatir, walaupun lampu indikator bensin sudah menyala dan menunjukkan simbol ‘E’, sebenarnya mobil masih bisa melaju sejauh beberapa kilometer, lho.

Sejauh Mana Mobil Dapat Melaju Ketika Indikator Bensin Menyala?

Dilansir situs Dubizzle, sebenarnya setiap mobil memiliki konsumsi bahan bakar yang berbeda-beda. Jadi, tak semua mobil bisa dipukul sama rata.

Akan tetapi, sejumlah ahli berpendapat bahwa saat lampu indikator bensin menyala umumnya bahan bakar yang tersisa di tangki masih ada sekitar 10-15% dari total kapasitas maksimal bensin.

Langkah ini dilakukan oleh produsen otomotif agar pengendara masih bisa mencapai SPBU terdekat meski jumlah bahan bakar tinggal sedikit. Hal ini sangat membantu terlebih saat melakukan touring ke luar kota, yang mana jarak antar SPBU cukup jauh.

Sebagai contoh, sebuah mobil memiliki kapasitas tangki 60 liter. Apabila mobil tersebut terus berjalan sampai bensin mulai habis, maka lampu indikator bensin akan menyala ketika bahan bakar menyisakan 6-9 liter di dalamnya.

Sedangkan untuk jarak tempuhnya, hal ini tergantung dari konsumsi bahan bakar itu sendiri. Jika bahan bakar tersisa 4 liter dengan konsumsi BBM 1:15, mobil kira-kira masih bisa berjalan sejauh 60 km.

Namun, jika konsumsi BBM 1:10 dengan sisa bensin 4 liter di dalamnya, maka mobil hanya bisa berjalan sekitar 40 km saja.

 Komentar

Berita Terbaru
Uncategorized19 Mei 2024 01:52
Tak Ada Lawan, Phil Foden Pemain Terbaik Liga Inggris 2023/24
Pedomanrakyat.com, Inggris – Phil Foden dinobatkan sebagai pemain terbaik Premier League 2023/24. Gelandang Manchester City itu memang tampil me...
Olahraga19 Mei 2024 01:32
Spektakuler! Bayer Leverkusen Juara Bundesliga Tanpa Pernah Kalah
Pedomanrakyat.com, Jerman – Bayer Leverkusen sukses menorehkan sejarah di Liga Jerman 2023/2024. Pasukan Xabi Alonso jadi tim pertama yang meren...
Politik19 Mei 2024 01:24
Yusril Mundur dari Ketua Umum PBB, Digantikan Fahri Bachmid
Pedomanrakyat.com, Jakarta – Yusril Ihza Mahendra mengundurkan diri dari jabatan Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) dalam sidang Musyawarah D...
Nasional19 Mei 2024 01:18
Kabar Duka: Tokoh Pers Nasional Salim Said Meninggal Dunia
Pedomanrakyat.com, Jakarta – Kabar duka datang dari dunia pers dan perfilman Indonesia. Wartawan senior dan tokoh perfilman Indonesia Salim Said...