Ingat, Terlalu Lama Menatap Layar Smartphone Beresiko pada Anak

Nhico
Nhico

Sabtu, 09 Oktober 2021 11:26

Ingat, Terlalu Lama Menatap Layar Smartphone Beresiko pada Anak

Pedoman Rakyat – Berlama-lama menatap layar smartphone atau komputer dapat meningkatkan risiko rabun jauh pada anak-anak hingga 80 persen, menurut sebuah studi baru.

Sponsored by ADVERTNATIVE

Lebih dari 3.000 penelitian yang menyelidiki paparan perangkat pintar dan rabun jauh pada anak-anak dan dewasa muda berusia antara tiga bulan dan 33 tahun, diperiksa oleh para ahli dari Anglia Ruskin University di Cambridge, Inggris.

Para peneliti menemukan hubungan yang jelas antara waktu yang dihabiskan melihat ponsel atau tablet dan risiko lebih besar terkena miopia, atau rabun jauh pada kelompok usia tersebut.

Smartphone saja meningkatkan risiko sebesar 30 persen, tetapi bila dikombinasikan dengan penggunaan komputer yang berlebihan, risikonya meningkat menjadi 80 persen karena tidak ada penggunaan layar.

Para peneliti khawatir bahwa ini bisa berarti bahwa pada tahun 2050, separuh dunia mungkin mengalami rabun jauh atau menderita masalah kehilangan penglihatan yang serupa, seperti dikutip dari Daily Mail, Sabtu (9/10/2021).

Pada tahun 2019, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan anak-anak di bawah dua tahun tidak boleh terpapar layar ponsel/komputer.

Badan kesehatan global juga mengatakan bahwa anak-anak berusia dua hingga lima tahun tidak boleh memiliki waktu paparan layar lebih dari satu jam sehari.

Namun pada tahun yang sama, survei SensusWide terhadap 2.000 keluarga Inggris menemukan anak-anak menghabiskan rata-rata 23 jam seminggu menatap layar.

Sejumlah penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa jumlah tersebut telah meningkat pesat selama pandemi Covid-19, karena orang-orang tetap di rumah untuk bekerja dan sekolah.

Rupert Bourne, Profesor Oftalmologi dan rekan penulis studi, mengatakan rabun jauh adalah masalah kesehatan yang meningkat dengan cepat.

“Studi kami adalah yang paling komprehensif tentang masalah ini dan menunjukkan hubungan potensial antara waktu layar dan miopia pada orang muda,” katanya.

‘Penelitian ini datang pada saat anak-anak kita telah menghabiskan waktu melihat layar lebih banyak dibandingkan sebelumnya untuk waktu yang lama, karena penutupan sekolah.”

 Komentar

Berita Terbaru
Metro22 Oktober 2021 11:31
Plt Gubernur Sulsel Apresiasi Capaian Vaksinasi yang dilakukan TP PKK
Pedoman Rakyat, Makassar – Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menyampaikan apresiasi atas capaian jumlah warga yang divaksin 56 ribu....
International22 Oktober 2021 11:22
Tragis! 4 Pasien di RS Tewas Gara-gara Disuntik Jarum Isi Udara, Pelaku Terancam Hukuman Mati
Pedoman Rakyat, Texas – William Davis, pria berusia 37 tahun di Texas, ditangkap dan diperkirakan bakal menghadapi hukuman mati gara-gara menyun...
Metro22 Oktober 2021 10:35
Bongkar Kasus Sabu 2 Kg di Makassar, Berikut Daftar Polisi yang Terima Penghargaan dari Danny Pomanto
Pedoman Rakyat, Makassar – Pemerintah Kota Makassar, dalam hal ini Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto memberikan apresiasi ata...
Daerah22 Oktober 2021 10:21
Guru SMA Cabuli Siswa di Hotel, Ternyata Begini Modus Pelaku
Pedoman Rakyat, Medan – Tega, seorang guru SMA cabuli siwanya sendiri di hotel. Guru ini merupakan guru di bidang komputer, berinisial PG (49...