“Jantung Satu, yang Lain Dobel Seperti ginjal,” Kondisi Bayi Berbadan Satu-Dua Kepala di Palembang

Nhico
Nhico

Jumat, 14 Januari 2022 16:34

Ilustrasi Bayi di Palembang Lahir dengan Satu Badan Dua Kepala.(F-Int)
Ilustrasi Bayi di Palembang Lahir dengan Satu Badan Dua Kepala.(F-Int)

Pedoman Rakyat, Palembang Seorang bayi di Kota Palembang, Sumatera Selatan lahir dengan tidak normal, yakni berbadan satu dan dua kepala. Tim medis tengah melakukan observasi untuk tindakan lebih lanjut.

Bayi pasangan ER (26) dan AK (25) itu lahir melalui tindakan operasi di Rumah Sakit Umum Pusat Mohammas Hoesin (RSMH) Palembang, Jumat (14/1). Saat ini sedang menjalani perawatan intensif di ruang Neonatal Intensive Care Unit (NICU).

“Benar, hari ini dilakukan operasi terhadap ibu yang melahirkan bayi kembar siam, satu badan dua kepala,” ungkap Humas RSMH Palembang Akhmad Suhaimi kepada wartawan.

Menurut dia, ibu bayi usai melahirkan dalam keadaan sehat. Hanya saja diperlukan perawatan untuk pemulihan setelah menjalani operasi sesar.

“Kondisi ibu dan anaknya sehat,” ujarnya.

Salah satu tim medis yang melakukan operasi, dr Abraham Martaduansyah menjelaskan, bayi tersebut satu tubuh tetapi memiliki dua kepala. Dari pemeriksaan, jantung bayi itu hanya terdapat satu, dua ginjal dan dua hati.

“Jantungnya hanya satu, yang lain-lain double seperti ginjal,” terangnya.

Dengan kondisi itu, diperlukan observasi secara matang untuk tindakan lebih lanjut. Kemungkinan besar operasi pemisahan tidak bisa dilakukan dan mencari solusi lain demi keselamatan si bayi.

“Nanti akan dilihat apakah satu jantung itu mampu memenuhi oksigen untuk anak atau tidak. Tapi kalau dipisahkan dengan satu jantung tidak dimungkinkan,” pungkasnya.

 Komentar

Berita Terbaru
Viral17 Januari 2022 06:24
Kurang Ajar Banget, Ini Tampang Pemuda Acungkan Jari Tengah ke Foto Presiden Jokowi
Pedoman Rakyat, Jakarta – Viral seorang pemuda mengacungkan jari tengah ke foto Presiden Joko Widodo (Jokowi) di media sosial. Dalam foto yang b...
Nasional17 Januari 2022 06:04
Mahfud MD Bongkar Proyek Satelit Kemenhan, Prabowo-Panglima Andika Ikut Kompak Minta Dipidanakan
Pedoman Rakyat, Jakarta – Menko Polhukam Mahfud MD menegaskan akan terus memproses hukum dugaan korupsi pengadaan Satelit Komunikasi Pertahanan ...
Hukum/Kriminal16 Januari 2022 22:46
Kodong! 2 Bocah Hilang Terseret Ombak di Pantai Anging Mammiri Makassar Belum Ditemukan hingga Malam
Pedoman Rakyat, Makassar- Dua bocah yang hilang terseret ombak saat berwisata di Pantai Anging Mammiri, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, hingga saat...
Daerah16 Januari 2022 21:51
RSUD Bantaeng Sudah Terapkan Metode ERACS, Proses Persalinan ala Nagita Slavina
Pedoman Rakyat, Bantaeng – Artis papan atas, Nagita Slavina melahirkan putra keduanya dengan persalinan sesar. Dua jam setelah persalinan, Nagit...