Jasad Jenderal Iran yang Dihabisi AS Dipulangkan, Masa Berkabung Nasional 3 Hari

Editor
Editor

Minggu, 05 Januari 2020 16:24

Jasad Jenderal Iran yang Dihabisi AS Dipulangkan, Masa Berkabung Nasional 3 Hari

Pedoman Rakyat – Jenazah perwira tinggi militer Iran, Mayor Jenderal Qasem Soleimani (62), langsung dibawa pulang ke negaranya usai insiden serangan udara Amerika Serikat di Baghdad, Irak.

Dia dimakamkan di tempat kelahirannya di Kota Kerman pada Selasa (7/1) pekan depan.

Seperti dilansir CNN dari AFP, Sabtu (4/1), jasad Soleimani diperkirakan akan tiba di Iran pada malam hari ini waktu setempat. Jenazah akan dibawa ke kota suci umat Syiah, Mashhad, pada Minggu besok untuk disemayamkan di dekat pusara tokoh Syiah, Imam Reza.

“Upacara pelepasan jenazah akan digelar di Teheran pada Senin pekan depan, kemudian jasad pejuang itu akan dimakamkan di Kerman pada Selasa pagi,” demikian isi pernyataan Korps Garda Revolusi Iran.

Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatullah Ali Khamenei, menetapkan masa berkabung nasional selama tiga hari sejak Minggu besok.

Sejumlah warga Iran hari ini melakukan beribadah berjemaah di masjid-masjid setempat untuk mendoakan arwah Soleimani. Sebagian dari mereka juga berunjuk rasa mengecam serangan tersebut.

Khamenei dan Presiden Iran, Hassan Rouhani, secara terpisah sudah mengunjungi rumah keluarga mendiang pada Jumat kemarin untuk menyampaikan duka cita.

Matilah Amerika

Di Irak hari ini juga dilakukan pemakaman jenazah wakil komandan milisi Syiah Front Mobilisasi Rakyat (PMF), Abu Mahdi al-Muhandis. Mendiang turut tewas dalam serangan yang sama yang menewaskan Soleimani di Bandara Baghdad kemarin.

Dalam proses pemakaman tersebut turut hadir Perdana Menteri Adel Abdel Mahdi, ulama Syiah Ammar al-Hakim, mantan PM Nuri al-Maliki, dan sejawat mendiang, Hadi al-Ameri.

Peti mati yang membawa jasad Muhandis diarak menuju tempat petilasan umat Syiah di Kadhimiya, Baghdad. Sepanjang perjalanan, ribuan pelayat menggaungkan slogan ‘Matilah Amerika’.

Menurut kelompok PMF, sebuah iring-iringan kendaraan yang hendak turut dalam pemakaman Muhandis diserang. Namun, belum diketahui berapa korban jiwa dan luka dalam kejadian tersebut.

Soleimani yang merupakan komandan satuan pasukan khusus misi luar negeri, Pasukan Quds, tewas dalam serangan udara Amerika Serikat di Bandara Baghdad, Irak, pada Jumat (3/1). Saksi mengatakan Soleimani tewas saat hendak turun dari pesawat dan akan disambut Muhandis.

Diduga serangan itu dilakukan dari pesawat nirawak (drone) AS. Presiden Donald Trump menyatakan memerintahkan langsung serangan tersebut.

Khamenei menyatakan berjanji akan membalas serangan AS. (*)

 Komentar

Berita Terbaru
Nasional12 Juni 2024 21:52
Gelar PSU Usai Putusan MK, KPU Rekrut KPPS Lagi
Pedomanrakyat.com, Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI memastikan bakal kembali membentuk Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) ...
Ekonomi12 Juni 2024 20:50
Capai Usia ke 21 tahun, Kalla Translog Prioritaskan Funtastic Four
Pedomanrakyat.com, Makassar – Kalla Transport & Logistics (Translog) mengadakan acara syukuran, pengajian dan donor darah dalam rangka mempe...
International12 Juni 2024 19:52
Duh! Lukisan Raja Charles III Dirusak, Serangan Aktivis Pecinta Hewan
Pedomanrakyat.com, Inggris – Dunia seni lagi heboh dengan isu vandalisme terhadap lukisan-lukisan di berbagai museum. Baru-baru ini, lukisan pot...
Ekonomi12 Juni 2024 19:32
Tok! Seleksi CPNS Bakal Dibuka Juli
Pedomanrakyat.com, Jakarta – Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) termasuk CPNS dan PPPK 2024 diprediksi mundur dari target penyelenggaraa...