Jelang ke Maluku Utara, Plt Gubernur Semangati Kafilah Sulsel STQ Nasional

A. Zafran
A. Zafran

Rabu, 13 Oktober 2021 15:49

Jelang ke Maluku Utara, Plt Gubernur Semangati Kafilah Sulsel STQ Nasional

Pedoman Rakyat, Makassar – Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman menerima kunjungan tim Kafilah Sulsel yang akan mengikuti Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Tingkat Nasional ke XXVI. Pertemuan yang dibalut dalam silaturahmi ini berlangsung di Rumah Jabatan Wakil Gubernur Sulsel, Selasa (12/10/2021).

Para kafilah ini akan membawa nama Provinsi Sulawesi Selatan untuk berlaga di tingkat Nasional yang akan berlangsung di Kota Sofifi, Provinsi Maluku Utara pada tanggal 16-22 Oktober 2021. Dimana sebelumnya mereka telah terpilih sebagai pemenang pada STQH Tingkat Provinsi Sulsel di Sidrap pada Juni 2021. Mereka akan mengikuti lomba dari 4 cabang dengan 10 kategori.

Sponsored by ADVERTNATIVE

Andi Sudirman pun memberikan motivasi dan semangat kepada 20 kafilah Sulsel yang akan berlaga pada STQ Tingkat Nasional 2021. Yang turut dihadiri oleh pelatih dan official.

Dirinya pun mengingatkan para kafilah untuk menjaga integritas. “Kita harus cerdas dalam mempelajari agama, bagaimana kembali ke kihtahnya,” katanya.

Ia pun berharap para kafilah yang masih berusia anak-anak, remaja hingga pemuda itu agar bisa menguasai satu keahlian.

“Bagaimana untuk terus belajar. Kami ingin ada peran adik-adik mencari bagaimana kemurnian Islam dengan mencari fatwa-fatwa ulama dunia. Sehingga bisa menjalani keilmuan yang spesifik,” jelasnya.

Dirinya pun mengingatkan para kafilah untuk tidak terbebani dengan perlombaan STQ ini. “Bertanding adalah bertanding, tetapi jangan ada yang terbebani. Namun bagaimana melihat serta memaksimalkan bahwa kita datang melepaskan semua pikiran untuk tidak terbebani tetapi optimalkan dan fokus. Jangan melihat diri lebih lemah dari yang lain,” pesannya.

Andi Sudirman pun mengaku, bahwa salah satu yang menjadi permasalahan jika mengikuti lomba adalah grogi. Ia pun berbagi tips untuk mengatasi ‘demam panggung’.

“Kuasai materi, yakinkan diri bahwa kalian adalah orang pilihan dan hebat sehingga bisa percaya diri, biasakan diri untuk tampil, dan selalu melihat contoh dengan menonton orang-orang hebat yang bisa menjadi motivasi,” pungkasnya.

Ia pun bakal menyiapkan hadiah tambahan bagi peraih medali dalam STQ Nasional itu. Guna memotivasi untuk bisa menampilkan yang lebih baik.

Plt Gubernur Sulsel pun berbincang banyak bersama para kafilah. Bahkan mendengar langsung beberapa kafilah melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur’an.

Untuk cabang lomba STQ Nasional 2021 di Maluku Utara, diantaranya Cabang Seni Baca Al-Qur’an yaitu Golongan Anak-anak, golongan dewasa. Cabang Hafalan Al-Qur’an, yaitu golongan 1 Juz dan tilawah, golongan 5 Juz dan Tilawah, golongan 10 Juz, golongan 20 Juz, golongan 30 Juz. Cabang Tafsir Al-Qur’an, golongan Tafsir Bahasa Arab. Dan Cabang Musabaqah Al-Hadits yaitu golongan Hafalan 100 Hadits dengan Sanad dan Golongan Hafalan 500 Hadits tanpa Sanad.

 Komentar

Berita Terbaru
Hukum/Kriminal17 Oktober 2021 20:35
Gara-gara Tak Diberi Rokok, Pengangguran di Makassar Tikam Buruh Harian
Pedoman Rakyat, Makassar- Seorang pria yang sehari-harinya bekerja sebagai buruh harian lepas di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) bernama Jaya...
Hukum/Kriminal17 Oktober 2021 20:29
AJI Makassar: Polda Sulsel Tak Profesional Terima Laporan Sengketa Pemberitaan
Pedoman Rakyat, Makassar -Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Makassar dan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Makassar menanggapi kasus pelaporan terhadap nar...
Hukum/Kriminal17 Oktober 2021 20:03
Hati-hati Berkendara! Siswi Cantik di Makassar Tewas Terlindas Truk karena Gagal Menyalip
Pedoman Rakyat, Makassar- Nasib malang menimpa seorang siswi yang masih berusia 17 tahun di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Gadis belia bern...
Hukum/Kriminal17 Oktober 2021 19:42
Polisi Ringkus Pelaku Pembunuh Wanita Asal Bantaeng Sulsel, Motifnya Diduga Urusan Bisnis Tokek
Pedoman Rakyat, Gowa- Kepolisian Resor (Polres) Gowa mengungkap motif pembunuhan terhadap seorang wanita yang jasadnya ditemukan di tengah semak beluk...