Jokowi: Komcad Dikerahkan bila Negara dalam Keadaan Darurat Militer

Nhico
Nhico

Kamis, 07 Oktober 2021 12:55

Jokowi: Komcad  Dikerahkan bila Negara dalam Keadaan Darurat Militer

Pedoman Rakyat, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, masa aktif Komponen cadangan (Komcad) tidak setiap hari.

Setelah peserta resmi ditetapkan, maka selanjutnya mereka kembali ke profesinya masing-masing.

Sponsored by ADVERTNATIVE

Demikian dikatakan Jokowi saat memimpin upacara penetapan Komponen Cadangan 2021. Upacara digelar di Pusdiklatpassus, Bandung, Jawa Barat.

“Masa aktif komponen cadangan tidak setiap hari, tidak setiap saat. Setelah penetapan ini, saudara-saudara kembali ke profesi masing-masing, anggota komponen cadangan tetap berprofesi seperti biasa,” ujarnya, Kamis (7/10/2021).

Jokowi menegaskan, masa aktif komponen cadangan hanyalah pada saat mengikuti pelatihan dan pada saat mobilisasi, tetapi anggota komponen cadangan harus selalu siaga jika dipanggil negara.

“Komponen cadangan dikerahkan bila negara dalam keadaan darurat militer atau keadaan perang, dimobilisasi oleh Presiden dengan persetujuan DPR yang komando dan kendalinya berada di Panglima TNI. Artinya tidak ada anggota komponen cadangan yang melakukan kegiatan mandiri,” jelasnya.

sementara itu, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto melaporkan komponen cadangan yang ditetapkan berjumlah 3.103 orang.

“Terdiri dari Rindam Jaya 500 orang, Rindam III Siliwangi 500 orang, Rindam IV Diponegoro 500 orang, Rindam V Brawijaya 500 orang, Rindam XII Tanjungpura 499, Universitas Pertahanan 604 orang,” ujarnya.

Pembentukan komponen cadangan dimulai pada Mei, yakni pendaftaran tanggal 17-31 Mei 2021. Lalu seleksi tanggal 1 sampai 17 Juni 2021. Kemudian latihan dasar kemiliteran 21 Juni sampai 18 September 2021. Terakhir adalah hari ini penetapan sebagai pasukan komponen cadangan.

 Komentar

Berita Terbaru
Metro25 Oktober 2021 11:43
Walikota Danny Pomanto Pastikan Bangun Sport Center Standar Internasional di Makassar
Pedoman Rakyat, Makassar – Walikota Makassar, Moh Ramdhan Danny Pomanto menghadiri sekaligus menutup secara resmi Basketball Championship Waliko...
International25 Oktober 2021 11:33
Di Cina! Sekolah Dilarang Beri PR Terlalu Berat Pada Siswa, Bagaimana Indonesia?
Pedoman Rakyat, China mengesahkan undang-undang yang mengatur sekolah untuk tidak memberikan Pekerjaan Rumah (PR) yang terlalu berlebihan pada siswa. ...
Hukum/Kriminal25 Oktober 2021 10:56
Polisi Buru Pemotor yang Beraksi Freestyle di Jalan Tol Layang Makassar
Pedoman Rakyat, Makassar – Viral video aksi ugal-ugalan dua pemotor yang nekat menerobos jalan tol layang AP Pettarani Makassar, Sabtu (23/10/20...
Metro25 Oktober 2021 10:32
Sedang Asik Berduaan di Wisma, Sepasang Mahasiswa di Makassar Digerebek Satpol PP
Pedoman Rakyat, Makassar – Sepasang mahasiswa terjaring razia sedang berduaan di dalam sebuah wisma. Razia ini dilakukan oleh Dinas Sosial dan S...