Kebut Infrastruktur Mandalika, PUPR Bangun Rumah, Jalan hingga Bendungan

A. Zafran
A. Zafran

Selasa, 21 September 2021 14:14

Kebut Infrastruktur Mandalika, PUPR Bangun Rumah, Jalan hingga Bendungan

Pedoman Rakyat, Jakarta – Kementerian PUPR mengebut pembangunan sejumlah infrastruktur di kawasan Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kawasan ini masuk dalam salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) yang tengah disiapkan pemerintah

Sponsored by ADVERTNATIVE

Sirkuit Mandalika sendiri diketahui tengah dilirik untuk menjadi salah satu lokasi perhelatan MotoGP. Sehingga pemerintah pun kemudian menetapkan statusnya sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

Dalam rangka menyiapkan kawasan ini sebagai salah satu destinasi wisata kelas dunia, PUPR membangun sejumlah infrastruktur penunjang. Salah satunya adalah pembangunan Bendungan Bintang Bano di Kecamatan Brang Rea, Sumbawa Barat.

Bendungan yang digarap sejak tahun 2015 ini diharapkan sudah beroperasi akhir tahun 2021. Direktur Bendungan dan Danau Ditjen Sumber Daya Air PUPR, Airlangga Mardjono, mengatakan bendungan ini diproyeksikan untuk mendukung kelistrikan serta di sisi lain melayani 6.600 hektare daerah irigasi dengan potensi layanan air baku sebesar 550 liter per detik.

“Selain melayani daerah irigasi dan air baku, bendungan juga memiliki potensi tenaga listrik sebesar 8,8 megawatt dan mereduksi banjir Kota Taliwang sebesar 25 persen,” jelas Airlangga Mardjono dalam keterangan resmi PUPR, Selasa (21/9).

Setidaknya PUPR juga menyiapkan lima bendungan lainnya di sekitar DPSP Mandalika. Yakni Bendungan Tanju dan Mila yang telah selesai, serta Bendungan Meninting, Beringin Sila dan Tiu Suntuk yang masih dalam tahap pengerjaan.

Di samping itu, PUPR juga membangun sejumlah infrastruktur penunjang lainnya dalam pengembangan kawasan DPSP Mandalika. Di antaranya adalah pembangunan jalan bypass Bandara Internasional Lombok-Kuta Mandalika sepanjang 17 kilometer.

PUPR juga memperbaiki sebanyak 398 unit rumah untuk dialihfungsikan menjadi homestay dalam rangka mengakomodasi wisatawan lokal dan mancanegara.

Sebelumnya, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia sudah mengunjungi dan menjajal langsung Sirkuit Mandalika, Sabtu (11/9). Kepala BKPM itu berharap Mandalika tak hanya dilirik sebagai tempat pelaksanaan olahraga otomotif dunia, tapi bisa untuk jenis olahraga lainnya seperti golf.

 Komentar

Berita Terbaru
Olahraga25 Oktober 2021 01:41
Tambah Gila! Manchester United Hancur Lebur di Old Trafford, Setelah Dipermalukan Liverpool 5-0
Pedoman Rakyat, Inggris – Manchester United benar-benar hancur lebur. Setan Merah dipermalukan seteru klasiknya, Liverpool, dengan skor 0-5 pada...
Olahraga25 Oktober 2021 01:07
Laga El Clasico Milik Real Madrid, setelah Los Blancos Bekuk Barcelona di Camp Nou 2-1
Pedoman Rakyat, Spanyol – Laga El Clasico jilid pertama musim 2021/22 resmi menjadi milik Real Madrid. Setelah Los Blancos sukses membekuk Bar...
Olahraga25 Oktober 2021 00:56
Gila! Liverpool Bantai Manchester United 4-0 di Babak Pertama
Pedoman Rakyat, Inggris – Manchester United untuk sementara tertinggal 0-4 dari Liverpool di babak pertama dalam partai pekan kesembilan Premier...
Hukum/Kriminal24 Oktober 2021 22:44
Mekanik Bengkel di Makassar Nyambi Jual Sabu, Begini Akibatnya
Pedoman Rakyat, Makassar- Seorang mekanik bengkel di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) terpaksa berurusan dengan polisi lantaran terlibat penya...