Ketua TP PKK Sangkarrang Salmia Kenalkan Makanan Khas di Festival Pangan Lokal

Muh Saddam
Muh Saddam

Kamis, 07 Desember 2023 10:35

Ketua TP PKK Sangkarrang Salmia Kenalkan Makanan Khas di Festival Pangan Lokal

Pedomanrakyat.com, Makassar – Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) berkolaborasi dengan TP PKK Makassar menggelar Festival Pangan Lokal di Atrium Tokyo Mall Phinisi Point, Rabu (6/12/2023).

Festival lomba masak menu pisang ini diikuti oleh perwakilan pengurus TP PKK dari 15 kecamatan se-Kota Makassar. Peserta diminta kreatif menciptakan menu makan pagi, siang dan malam yang enak dan bergizi dari olahan pisang.

Pada lomba ini, TP PKK Kecamatan Sangkarrang menampilkan kepiawaian mereka dalam mengolah pisang dan ikan menjadi hidangan lezat untuk keluarga.

Ketua PKK Kecamatan Sangkarrang, Salmia mengatakan, menu yang disajikan oleh pihaknya berbahan dasar pisang dan ikan dipadukan dengan bumbu khas Makassar. “Menunya Pisang Isi Ikan,” ujar Salmia.

Menurut Salmia, lomba ini menjadi momentum penting untuk mempromosikan keanekaragaman ikan lokal serta keterampilan memasak yang khas dari Kota Makassar.

Keikut sertaan PKK Kecamatan Sangkarrang menunjukkan komitmen untuk mempromosikan keanekaragaman masakan berbahan dasar pisang dan ikan.

Sekaligus memperkenalkan kekayaan kuliner Makassar, serta menjadi ajang promosi Makassar Kota Makan Enak.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Makassar Indira Yusuf Ismail mengatakan, Pemerintah Kota Makassar melalui kegiatan ini ingin mensosialisasikan dan mendorong pisang sebagai komoditas penunjang ketahanan pangan masyarakat.

Harapan kita bisa mengedukasi masyarakat menciptakan menu yang bergizi dan berimbang,” ujar Indira.

Juga, lanjut Indira, untuk mengedukasi Masyarakat pentingnya mengkomsumsi makanan bergizi dan menciptakan pola makan sehat.

Sehingga, intervensi penurunan stunting dengan memanfaatkan pangan lokal dapat mengantarkan Makassar lebih cepat menuju Zero stunting.

“Kita masyarakat Sulsel punya sumber pangan yang beragam untuk dikelola. Alhamdulillah kita juga penghasil pisang yang bisa kita kelola secara berbariasi. Tapi Kita tidak memperhatikan asupakan gizi,” ujarnya.

 Komentar

Berita Terbaru
Politik17 April 2024 20:53
Rekomendasi Rakorda, 23 DPC Demokrat Sepakati Ni’matullah Calon Gubernur Sulsel
Pedomanrakyat.com, Makassar – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Sulawesi Selatan melaksanakan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) di Hot...
Nasional17 April 2024 17:38
Banjir Bandang Terjang Musi Rawas Utara Sumsel
Pedomanrakyat.com, Jakarta – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan dua orang warga di Kabupaten Musi Rawas Utara, Sumatera Sel...
Nasional17 April 2024 17:31
Gunung Ruang Sulut Meletus, 828 Warga Dievakuasi
Pedomanrakyat.com, Sulut – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan sebanyak 828 warga dievakuasi imbas Gunung Api Ruang, Kabupat...
Metro17 April 2024 17:19
Danny Pomanto Hadiri Sertijab Pangdivif 3/Kostrad, Perkuat Kolaborasi Jaga Ketahanan Pangan
Pedomanrakyat.com, GOWA,- Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menghadiri upacara serah terima jabatan Panglima TNI Divisi Infanteri (Pangdivif) 3 K...