Komisi E dan Disdik Sulsel Rapat Kerja, Bahas Proses Penerimaan PPDB 2024

Muh Saddam
Muh Saddam

Selasa, 14 Mei 2024 20:25

Komisi E DPRD Sulsel Gelar Rapat Kerja Bersama Disdik Sulsel.
Komisi E DPRD Sulsel Gelar Rapat Kerja Bersama Disdik Sulsel.

Pedomanrakyat.com, Makassar – Komisi E DPRD Sulawesi Selatan melaksanakan rapat kerja bersama jajaran Dinas Pendidikan Sulsel terkait proses Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB tahun ini.

Ketua Komisis E Rahman Pina menyampaikan bahwa, pihaknya tak ingin mengulang kesalahan yang sama seperti yang terjadi tahun-tahun sebelumnya.

Politisi Golkar itu mengatakan banyak hal yang dievaluasi pada pertemuan tersebut, ini dalam rangka meningkatkan kualitas seleksi PPDB.

“Tadi kita menekankan kepada Disdik agar penerimaan kali ini sekolah bisa lebih banyak menerima siswa-siswa tahun ini dibanding sebelumnya,” kata Rahman Pina kepada wartawan usai rapat, Selasa (14/5/2024).

Kedua kata dia, seleksinya harus lebih terbuka, transparan dan bisa diakses semua orang. “Sehingga tidak terkesan ada permainan antara kepala sekolah dengan orang tua siswa dan seterusnya,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, sangat penting bagi Disdik untuk mengisntruksikan kepada kepala sekolah dan guru untuk mewajibkan bagi siswa membeli seragam dan alat tulis.

“Jangan kemudian kepala sekolah, guru-guru beralih profesi menjadi pedagang seragam, jangan menjadi distributor buku pelajaran,,” bebernya.

“Urusan itu, biarlah siswa-siswa yang memilih mau beli dimana, karena sangat disayangkan bila sudah beli lalu misalnya tidak dipakai oleh mereka kan mubazir,” lanjut Ketua Fraksi Golkar itu.

Persoalan zonasi juga menjadi catatan khusus Komisi E, Rahman Pina mengaku Disdik telah diminta untuk memperketat prorses seleksi, terutama soal administrasi kependudukan.

Dia pun berharap hasil rapat ini bisa diaplikasikan di lapangan dengan baik, mengingat persoalan PPDB selalu menjadi masalah serius di masyarakat.

 Komentar

Berita Terbaru
Uncategorized19 Mei 2024 01:52
Tak Ada Lawan, Phil Foden Pemain Terbaik Liga Inggris 2023/24
Pedomanrakyat.com, Inggris – Phil Foden dinobatkan sebagai pemain terbaik Premier League 2023/24. Gelandang Manchester City itu memang tampil me...
Olahraga19 Mei 2024 01:32
Spektakuler! Bayer Leverkusen Juara Bundesliga Tanpa Pernah Kalah
Pedomanrakyat.com, Jerman – Bayer Leverkusen sukses menorehkan sejarah di Liga Jerman 2023/2024. Pasukan Xabi Alonso jadi tim pertama yang meren...
Politik19 Mei 2024 01:24
Yusril Mundur dari Ketua Umum PBB, Digantikan Fahri Bachmid
Pedomanrakyat.com, Jakarta – Yusril Ihza Mahendra mengundurkan diri dari jabatan Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) dalam sidang Musyawarah D...
Nasional19 Mei 2024 01:18
Kabar Duka: Tokoh Pers Nasional Salim Said Meninggal Dunia
Pedomanrakyat.com, Jakarta – Kabar duka datang dari dunia pers dan perfilman Indonesia. Wartawan senior dan tokoh perfilman Indonesia Salim Said...