Kompak, Mentan SYL Tanam Kedelai di Tanggamus Bersama Gubernur dan Mendag

Muh Saddam
Muh Saddam

Jumat, 02 Juni 2023 16:03

Kompak, Mentan SYL Tanam Kedelai di Tanggamus Bersama Gubernur dan Mendag

Pedomanrakyat.com, Tanggamus – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo melakukan tanam kedelai di Pekon Banjar Masin Kecamatan Bulok Kabupaten Tanggamus, Lampung, Jumat (2/6/2023).

Selain Mentan, hadir juga Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, Gubernur Lampung, Arinal, dan Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin.

Tanam kedelai yang dilakukan menurut Mentan SYL merupakan upaya bersama untuk mengakhiri ketergantungan impor kedelai.

“Hari ini adalah tekad Pak Gubernur dengan kita semua, bahwa impor ini secara bertahap bersama Pak Mendag untuk menggairahkan kembali produksi kedelai kita,” kata Mentan.

Selama ini kebutuhan kedelai dipenuhi dari luar negeri karena harus diakui harga kedelai impor lebih murah.

“Petani lebih memilih menanam jagung karena per hektar jagung menghasilkan 5, 6 sampai 7 ton, kalau kedelai, 2 sampai 2,5 ton per hektar. Namun apa pun alasannya ketergantungan itu tidak boleh dilakukan terus menerus,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi menyampaikan bahwa provinsi Lampung selama ini menyumbang 5 ribu ton kedelai dari total produksi kedelai nasional.

“Lampung sebagai lokomotif pertanian, ini saya menginisiasi kedelai ini bisa menjadi unit percontohan yang nantinya bisa bersama-sama, IPB, Unila, Kementan dan Kemendag. Harapannya,kalau 10 provinsi bisa memperoduksi dengan nilai yang sama, maka selesai kedelai ini,” kata Arinal.

 Komentar

Berita Terbaru
Nasional15 Juli 2024 12:07
Lima Nahdliyin Bertemu Presiden Israel, Ketua PBNU: Mereka Tak Paham Geopolitik
Pedomanrakyat.com, Jakarta – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengecam keras lima warga NU atau Nahdliyin yang bertemu Presiden Israel Is...
Metro15 Juli 2024 11:00
Sekretariat DPRD Sulsel Hadiri Apel Pagi Bersama Pj Gubernur Lewat Zoom Meeting
Pedomanrakyat.com, Makassar – Sekretariat DPRD Provinsi Sulawesi Selatan mengikuti Apel Pagi secara online melalui Zoom Meeting, Senin (15/7/202...
Metro15 Juli 2024 10:55
PJ Sekda Makassar Turut Hadir Menyerahkan Hadiah Wali Kota Cup 2024
Pedomanrakyat.com, Makassar – Wali Kota Cup 2024 resmi ditutup. Penutupan ini ditandai dengan pertandingan seru antara Pemprov Sulsel dan Pemk...
International15 Juli 2024 10:52
Biden Usai Trump Ditembak: Politik Jangan Jadi Medan Perang
Pedomanrakyat.com, AS – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyerukan untuk menurunkan suhu politik usai penembakan Donald Trump. Biden men...