Legislator Debbie Ungkap Peran Pendidikan Menengah dalam Peningkatan Kualitas SDM

Editor
Editor

Sabtu, 12 September 2020 11:52

Legislator Debbie Ungkap Peran Pendidikan Menengah dalam Peningkatan Kualitas SDM

Pedoman Rakyat, Makassar – Kualitas pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia harus menjadi prioritas pembangunan bangsa.

Begitu anggota DPRD Sulsel dari Fraksi Golkar, Debbie Purnama Rusdin, saat mengawali sambutannya pada kegiatan sosialisasi penyebarluasan Perda No 12 Tahun 2016 tentang wajib belajar pendidikan menengah di Gedung Baitus Syura, Kecamatan Tallo, Makassar, Sabtu (12/9/2020).

Menurut Debbie, panggilan dekatnya, membangun SDM tidak bisa dipisahkan dengan partisipasi dan kualitas pendidikan Indonesia. Utamanya pada jenjang menengah atau SMA/SMK dan sederajatnya.

“Nah, untuk itu perlu menaikkan standar pendidikan manusia Indonesia melalui program wajib belajar 12 tahun atau pendidikan menengah. Seperti itulah semangat dalam Perda ini,” ujar Debbie dengan begitu semangat.

Peserta sosialisasi yang tetap menerapkan standar protokol kesehatan tersebut tampak sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Sebab penerapan wajib belajar pendidikan menengah akan berdampak langsung ke masyarakat khususnya orang tua yang memiliki anak lanjut pendidikan menengah.

“Persoalan kebutuhan dasar oleh para orang tua, jangan maki khawatirkan. Disinilah hadirnya pemerintah. Sudah diatur semua dalam Perda ini,” jelasnya.

Debbie yang diketahui sebagai anggota Komisi E DPRD Sulsel tersebut juga pada kesempatan siang tadi menyinggung terkait pelaksanaan PPDB belum lama ini.

Ia mengungkap, masih ditemukan sejumlah persoalan dalam pelaksanaannya. “Asal bapak dan ibu tahu. Kami di DPRD khususnya di komisi E langsung bergerak cepat memanggil Dinas Pendidikan guna mencarikan jalan keluar,” jelasnya.

“Kami tidak mau ada anak-anak kita, tidak bisa melanjutkan pendidikan menengah, hanya karena persoalan kebijakan atau aturan,” demikian Debbie.

Di tempat yang sama, Ketua Dewan Pendidikan Sulsel, Adi Suryadi Culla hadir sebagai narasumber juga mengatakan bahwa pemerintah telah menjamin sumber daya manusia melalui pendidikan. (zul)

 Komentar

Berita Terbaru
Metro25 Juni 2024 15:27
Komisi E DPRD Sulsel Temukan Kelebihan Bayar Rp500 Juta di Biro Kesra, Minta Penyedia Segera Kembalikan
Pedomanrakyat.com, Makassar – Komisi E DPRD Sulawesi Selatan membidangi kesejahteraan masyarakat melakukan rapat kerja, di gedung DPRDSulsel, la...
Politik25 Juni 2024 00:44
Ramai-ramai Eks Pemain PSM Makassar- Pemerhati Bola Deklarasi Dukung Rusdin Abdullah di Pilwalkot
Pedomanrakyat.com, Makassar – Bakal calon wali Kota Makassar Rusdin Abdullah (Rudal) menerima kunjungaj silaturahmi eks pemain PSM Makassar di P...
Metro24 Juni 2024 23:58
Tingkatkan Layanan Tanggap Bencana, Sekretariat Kalla Rescue Resmi Beroperasi
Pedomanrakyat.com, Makassar – Dalam menunjang berbagai pelaksanaan misi tanggap bencana, Kalla Rescue meresmikan sekretariat yang berlokasi di N...
Metro24 Juni 2024 15:57
KPU Makassar Lantik 3.735 Pantarlih untuk Pilawalkot 2024
Pedomanrakyat.com, Makassar – Komisi Pemiluhan Umum (KPU) Kota Makassar melaksanakan pelantikan Panitia Pemutakhiran Data Pemilih atau (Pantarli...