Legislator Golkar Sulsel Debbie Rusdin Ungkap Perjuangan Guru dalam Semangat Kebangsaan

A. Zafran
A. Zafran

Minggu, 28 November 2021 16:14

Anggota Komisi E DPRD Sulsel dari Fraksi Golkar, Debbie Purnama Rusdin
Anggota Komisi E DPRD Sulsel dari Fraksi Golkar, Debbie Purnama Rusdin

Pedoman Rakyat, Makassar – Anggota DPRD Sulawesi Selatan, dari fraksi Golkar, Debbie Purnama Rusdin kembali menyapa konstituennya di Kecamatan Mamajang melalui Sosialisasi nilai-nilai Kebangsaan dengan mengangkat tema “Hari Guru”.

Dalam kegiatan ini hadir sebagai narasumber, Dr. Arief Wicaksono, Dekan Fakultas Ilmu Sosial & Politik Unibos Makassar dan Akhsan Yunus, SH MH, Dosen Fakultas Hukum Unhas.

Istri dari pengusaha Rusdin Abdullah itu diawal acara merefleksi memori warga yang hadir tentang guru. Sejumlah warga hadir turut mengungkap kenangan bersama guru saat masih duduk dibangku sekolah.

Termasuk bagaimana perjuangan guru dalam semangat kebangsaannya.

“Nilai nilai kebangsaan seperti pancasila dan Undang Undang Dasar 1945 itu, kita sudah diajarkan pada guru kita, saat duduk di bangku sekolah. Pasti ada semua punya kenangan tentang guru di sekolah,” kata Debbie Rusdin.

“Bangsa kita besar seperti ini tidak terlepas dari semangat dan perjuangan para guru,” sambungnya lagi.

Anggota Komisi E DPRD Sulsel ini mengatakan guru sebagai sosok tanpa kenal lelah mengajarkan murid di sekolah tentang ilmu pantas disebut sebagai pahlawan tanpa tanda jasa, patut untuk dihargai.

“Kita sebagai orang tua, saat pandemi merasakan bagaimana tugas seorang guru, begitulah gambaran tugas guru yang begitu berat di sekolah yang tanpa kenal lelah, jasa mereka patut kita hargai,” ujar Debbie.

Dekan Fakultas Ilmu Sosial & Politik Unibos Makassar, Dr. Arief Wicaksono dalam kempatan itu mengurai tentang pancasila dan undang undang dasar 45. Dia menyebut bahwa titik awal pendidikan kebangsaan itu di sekolah.

“Apa yang sampaikan Ibu Debbie yang membuka merefleksi memori warga saat sekolah itu sangat luar biasa sekali. Titik awal pendidikan kebangsaan itu di sekolah, bagaimana kita mengenal bangsa indonesia, suku dan lainnya itu di sekolah,” jelasnya.

Sementara itu, Akhsan Yunus, SH MH, Dosen Fakultas Hukum Unhas menekankan kepada orang tua untuk tidak membiarkan guru sendiri, tapi orang tua pengganti di rumah sebagai guru

“Jadi, jangan biarkan guru sendiri, tapi juga orang tua pengganti di rumah sebagai guru. Nah Dewan juga punya peran sebagai perwakilan rakyat di DPRD, bagaimana memfasilitasi dunia pendidikan dalam hal penggunaan teknologi, sehingga dapat dilaksanakan dengan baik,” beber Akhsan Yunus.

Sehari sebelumnya yakni pada Sabtu 27 November 2021 Debbie Rusdin juga melakukan hal yang sama sosialisasi nilai-nilai kebangsaan bersama warga Tamalate, di Wisma Latobang. Sosialisasi yang juga mengangkat tema “Hari Guru”.

 Komentar

Berita Terbaru
Viral17 Januari 2022 06:24
Kurang Ajar Banget, Ini Tampang Pemuda Acungkan Jari Tengah ke Foto Presiden Jokowi
Pedoman Rakyat, Jakarta – Viral seorang pemuda mengacungkan jari tengah ke foto Presiden Joko Widodo (Jokowi) di media sosial. Dalam foto yang b...
Nasional17 Januari 2022 06:04
Mahfud MD Bongkar Proyek Satelit Kemenhan, Prabowo-Panglima Andika Ikut Kompak Minta Dipidanakan
Pedoman Rakyat, Jakarta – Menko Polhukam Mahfud MD menegaskan akan terus memproses hukum dugaan korupsi pengadaan Satelit Komunikasi Pertahanan ...
Hukum/Kriminal16 Januari 2022 22:46
Kodong! 2 Bocah Hilang Terseret Ombak di Pantai Anging Mammiri Makassar Belum Ditemukan hingga Malam
Pedoman Rakyat, Makassar- Dua bocah yang hilang terseret ombak saat berwisata di Pantai Anging Mammiri, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, hingga saat...
Daerah16 Januari 2022 21:51
RSUD Bantaeng Sudah Terapkan Metode ERACS, Proses Persalinan ala Nagita Slavina
Pedoman Rakyat, Bantaeng – Artis papan atas, Nagita Slavina melahirkan putra keduanya dengan persalinan sesar. Dua jam setelah persalinan, Nagit...