Makassar Recover Genjot Vaksinasi, Jubir: Mulai September Sasar 100 RT Per Hari

Jennaroka
Jennaroka

Senin, 23 Agustus 2021 13:33

Presiden Jokowi dan Walikota Makassar Danny Pomanto saat menghadiri festival vaksin di Makassar beberapa waktu lalu.
Presiden Jokowi dan Walikota Makassar Danny Pomanto saat menghadiri festival vaksin di Makassar beberapa waktu lalu.

Pedoman Rakyat, Makassar – Pemerintah Kota Makassar melalui program Makassar Recover akan menggenjot vaksinasi untuk mencapai target 70 persen dari populasi atau sebanyak 1.102.330 warga.

Mulai September mendatang, Pemkot akan melakukan vaksin serentak di 100 rukun tetangga (RT) setiap harinya. Butuh waktu kurang lebih 60 hari hingga target vaksinasi tercapai penuh.

Sponsored by ADVERTNATIVE

Juru Bicara Makassar Recover Henni Handayani mengatakan, langkah ini ditempuh untuk lebih memassifkan vaksinasi di Kota Makassar. Mengapa menunggu hingga September, sebab, kata Henni, stok vaksin dari pemerintah pusat baru akan tersedia saat itu.

“Tentu kita bergantung pada stok vaksin yang diberikan pemerintah pusat. Sehingga program ini baru akan dimulai September saat vaksin sudah tersedia,” kata Henni.

Menurutnya, capaian vaksinasi di Kota Makassar saat ini sudah tergolong tinggi dibandingkan daerah lain di Sulsel. Berdasarkan data Dinas Kesehatan kota Makassar per 19 Agustus 2021, vaksinasi telah mencapai sekitar 45 persen.

(Walikota Makassar Danny Pomanto saat memantau kegiatan vaksinasi)

Sebanyak 485.502 orang telah mendapat suntikan dosis pertama dan 300.695 orang telah mendapatkan dosis kedua. Meski tertinggi di Sulsel, Pemkot berkomitmen memenuhi target vaksinasi dalam waktu dekat.

“Di Makassar masih ada 616.828 warga yang belum mendapatkan vaksin untuk dosis 1 dan 801.634 warga yang belum menerima vaksin untuk dosis 2. Jumlahnya masih besar sehingga perlu upaya yang lebih fokus untuk mencapai target,” tambahnya.

Henni mengatakan, vaksinasi berbasis RT ini adalah bagian dari upaya Pemkot Makassar melalui program Makassar Recover untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Henni mengajak semua pihak untuk ikit menyukseskan program ini demi tercapainya target vaksinasi seperti amanat Presiden Joko Widodo.

“Semua pihak tentu kita harap ikut membantu. Pemkot tentu perlu dukungan TNI-Polri dan pihak swasta. Begitu juga dukungan Pemprov Sulsel dengan memprioritaskan alokasi vaksin ke pemerintah daerah agar program ini bisa terlaksana,” katanya.

Pemkot terus melakukan upaya penanggulangan Covid-19. Sebelumnya, telah disiapkan Isolasi Apung Terpadu di KM.Umsini untuk warga yang bergejala ringan dan tanpa gejala.

Selain itu, program Swab on The Road bersama TNI-Polri juga terus dilakukan untuk memassifkan tracing.

 Komentar

Berita Terbaru
Daerah21 September 2021 22:49
Kabar Baik Corona, Tak Ada Lagi Daerah Level 4 di Sulteng, Gubernur Rusdi Mastura: Tetap Disiplin Prokes
Pedoman Rakyat, Palu – Pengendalian Covid-19 di Sulteng menunjukkan tren baik dengan terkendalinya penularan. Atas kondisi itu, tak ada lagi kab...
Politik21 September 2021 22:34
Kesiapan NasDem Sigi Sulteng 2024 Lebih Matang
Pedoman Rakyat, Sigi – Kesiapan mesin Partai DPD NasDem Kabupaten Sigi, Sulteng, menatap Pemilu 2024 diyakini lebih matang dari sebelumnya. Itu ...
Hukum/Kriminal21 September 2021 21:00
Saat Pacaran Rekam Lagi Berhubungan Seks, Giliran Putus Video Disebar ke Medsos, Wanita Cantik di Makassar Lapor Polisi
Awalnya nggak mau, tapi karena dibujuk dipaksa akhirnya dia lakukan (rekam video), tapi tidak ada kesepakatan bahwa kita sama-sama merekam. Jadi itu i...
Metro21 September 2021 20:55
Harga Telur Anjlok di Sulsel, Syaharuddin Alrif Pimpin Langsung Rapat dan Carikan Solusi Para Pengusaha Ayam Potong-Petelur
Pedoman Rakyat, Makassar – Pengusaha ayam petelur dan ayam potong di Sulawesi Selatan, mengeluhkan kondisi usahanya yang mengalami kerugian akib...