Menkes Diminta Jelaskan Mahalnya Harga Obat

Nhico
Nhico

Jumat, 05 Juli 2024 09:42

Menkes Diminta Jelaskan Mahalnya Harga Obat.
Menkes Diminta Jelaskan Mahalnya Harga Obat.

Pedomanrakyat.com, Jakarta – Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Nurhadi meminta Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, menjelaskan secara terbuka terkait mahalnya harga obat-obatan dan alat kesehatan yang beredar di Indonesia dibanding negara tetangga seperti Malaysia.

“Kita dukung Pak Menteri untuk dibuka di depan publik, agar tahu permasalahan yang terjadi, itu tidak ditutup-tutupi lagi,” ujar Nurhadi dalam Rapat Kerja Komisi IX dengan Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (3/7).

Nurhadi mengatakan, pemerintah harus transparan mengapa harga obat yang beredar di Indonesia sangat mahal. Menkes perlu menjelaskan detail duduk perkaranya, mulai dari rantai pasok, distribusi, jual-beli dan lain sebagainya.

“Kaitannya dengan obat, yang Pak Menteri sampaikan, adanya inefisiensi, biaya-biaya yang harusnya tidak dikeluarkan, ini muncul,” tandasnya.

Menurut Nurhadi, harga obat-obatan di Tanah Air sangat mahal jika dibanding negara lain. Bahkan, lima kali lebih mahal dibanding negara tetangga Malaysia.

“Obat-obatan yang beredar di Indonesia ini lima kali lebih mahal daripada Malaysia. Harus dibuka sehingga bisa transparan, terbuka, menjadi tahu sebab musababnya kenapa obat yang beredar di Indonesia ini lebih mahal dari negara lain,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, legislator dari dapil Jawa Timur VI (Kabupaten Tulungagung, Kota Kediri, Kota Blitar, Kabupaten Kediri, dan Kabupaten Blitar) tersebut juga menyinggung pajak yang membebani impor bahan baku alat kesehatan.

 Komentar

Berita Terbaru
Daerah12 Juli 2024 21:47
Squad 199 Deklarasikan Diri di Bonto Atu Siap Menangkan Ilham Azikin
Pedomanrakyat.com, Bantaeng – Bupati Bantaeng Periode 2018-2023, DR Ilham Azikin terus mendapat dukungan untuk kembali memimpin Bantaeng. Kali...
Daerah12 Juli 2024 21:44
Di Rapat Komite Sekolah, Orang Tua Murid Masih Inginkan Program Seragam Gratis
Pedomanrakyat.com, Bantaeng – Program seragam gratis di Kabupaten Bantaeng ternyata masih sangat diinginkan oleh masyarakat Bantaeng. Di musim...
Daerah12 Juli 2024 21:37
Pelantikan FKUB, Bupati Pangkep Yusran Harap Silaturahmi Antar Umat Beragama Tetap Terjaga
Pedomanrakyat.com, Pangkep – Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan resmi dikukuhkan oleh Kepala Badan...
Daerah12 Juli 2024 21:28
Bimtek Pengelolaan Keuangan, Bupati Pangkep Yusran: Harus Ada Dampak Positifnya bagi Masyarakat!
Pedomanrakyat.com, Pangkep – Dinas kesehatan kabupaten Pangkep, menggelar bimbingan teknis (Bimtek) pengelolaan keuangan. Bimtek melibatkan Di...