NasDem Mendengar, Prof Madjid Sallatu: Cari Orang yang Punya Visi Pemerintahan

Muh Saddam
Muh Saddam

Minggu, 21 April 2024 15:52

Akademisi Prof Madjid Sallatu Menyampaikan Pandanganya dalam Program NasDem Mendengar.
Akademisi Prof Madjid Sallatu Menyampaikan Pandanganya dalam Program NasDem Mendengar.

Pedomanrakyat.com, Makassar – Akademisi Prof Abdul Madjid Sallatu mengungkapkan kriteria Calon Kepala Daerah (Cakada) yang cocok memimpin Kota Makassar.

Menurut Prof Madjid, Sulawesi selatan in menjadikan Kota Makassar sebagai ujung tombak, sekaligus backbone atau tulang punggung.

Sehingga kata dia, menyangkut fungsi pemerintahan, sudah sangat bagus dikembangkan di Makassar dan tidak dalam fungsi ke wilayaan.

“Oleh karena itu barang kali kita perlu mencari orang yang punya visi pemerintahan yang betul-betul bisa mengedepankan pelayanan kepada masyarakat,” kata Madjid Sallatu, dalam pemaparannya diacara NasDem Mendengar, Sabtu (20/4/2024) malam.

Prof Madjid Sallatu juga menegaskan, ada dua fungsi yang harus selalu melekat pada calon pemimpin di Makassar, yakni terkait Fungsi Pembangunan dan Fungsi Pemerintahan.

“Masing-masing mempunyai bagiannya dan kalau ini di matrixkan, kita akan menemukan di Kota Makassar apa yang seharusnya kita lakukan,” tegasnya.

Ia menuturkan bahwa, pertanyaan paling kritis harus diajukan saat ini adalah, apakah Kota Makassar sebagai suatu wilayah sudah berkembang.

“Ini membutuhkan elaborasi dan perdebatan panjang. Bagi saya sendiri Makassar belum berkembang sebagai suatu wilayah,” jelas Prof Madjid.

Pasalnya kata dia, di dalam Kota Makassar ada sub wilayah namanya kecamatan. Sementara yang dikatakan wilayah berkembang kalau ada terintegrasian antara sub-sub wilayah.

“Jadi antar wilayah Kecamatan di kota Makassar itu masih terjadi fragmentasi yang sangat kacau,” ujarnya.

Untuk itu lanjutnya, tidak ada pilihan lain setelah 9 tahun ini, pemimpin harus kembali menonjolkan fungsi pemerintahan.

“Hanya fungsi pemerintahan lah yang akan menjamin perkembangan dunia ini, karena menerkaitkan manusianya, wilayahnya dan seterusnya,” kunci Prof Madjid.

 Komentar

Berita Terbaru
Uncategorized19 Mei 2024 01:52
Tak Ada Lawan, Phil Foden Pemain Terbaik Liga Inggris 2023/24
Pedomanrakyat.com, Inggris – Phil Foden dinobatkan sebagai pemain terbaik Premier League 2023/24. Gelandang Manchester City itu memang tampil me...
Olahraga19 Mei 2024 01:32
Spektakuler! Bayer Leverkusen Juara Bundesliga Tanpa Pernah Kalah
Pedomanrakyat.com, Jerman – Bayer Leverkusen sukses menorehkan sejarah di Liga Jerman 2023/2024. Pasukan Xabi Alonso jadi tim pertama yang meren...
Politik19 Mei 2024 01:24
Yusril Mundur dari Ketua Umum PBB, Digantikan Fahri Bachmid
Pedomanrakyat.com, Jakarta – Yusril Ihza Mahendra mengundurkan diri dari jabatan Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) dalam sidang Musyawarah D...
Nasional19 Mei 2024 01:18
Kabar Duka: Tokoh Pers Nasional Salim Said Meninggal Dunia
Pedomanrakyat.com, Jakarta – Kabar duka datang dari dunia pers dan perfilman Indonesia. Wartawan senior dan tokoh perfilman Indonesia Salim Said...