Pasca Banjir Bandang-Tanah Longsor di Luwu Sulsel, Bupati Basmin: Harus Ditangani Serius

Nhico
Nhico

Minggu, 10 Oktober 2021 19:10

Pasca Banjir Bandang-Tanah Longsor di Luwu Sulsel, Bupati Basmin: Harus Ditangani Serius

Pedoman Rakyat, Luwu – Bupati Luwu, Basmin Mattayang menyatakan penanganan pasca musibah banjir dan tanah longsor yang terjadi di wilayah Walenrang-Lamasi harus ditangani serius.

Hal ini kata Bupati Basmin, untuk mencegah kembalinya terjadi bencana alam tersebut.

Sponsored by ADVERTNATIVE

“Musibah ini butuh penanganan serius, kita semua harus terlibat dan saling kerjasama untuk membantu keluarga yang tertimpa musibah. Kepada para kepala desa dan camat agar mendata betul-betul warganya yang terdampak banjir termasuk kerugian materi yang mereka alami, selalu pantau. Jika mereka butuh bahan makanan segera lapor ke posko induk. Disini juga sudah ada dapur umum, ” ungkap Bupati Basmin Mattayang.

Sebelumnya, Mentri Sosial RI Tri Rismaharini kunjungi lokasi bencana banjir bandang dan tanah longsor di Desa Illan Batu, Kecamatan Walenrang Barat, Kabupaten Luwu, Sulsel, belum lama ini.

Selain membawa sejumlah bantuan yang dibutuhkan warga, Mensos Tri Rismaharani akan menyiapkan bufferstock bagi penyintas bencana tanah longsor dan banjir bandang di Kabupaten Luwu.

Buffer Stock yang dimaksud oleh Mensos adalah penyangga kebutuhan masyarakat berupa kebutuhan makanan dan air bersih.

Risma juga menyetujui untuk memenuhi kebutuhan operasional dilokasi terkait Bahan Bakar Minyak sebagaimana yang diusulkan oleh Dandim 1403 Palopo.

Ditambahkan Risma, untuk stok pangan tersebut akan dilakukan pendataan terlebih dahulu terhadap jumlah warga yang tinggal di wilayah tersebut.

“Untuk perbaikan jalan dan tadi juga ada yang bilang soal sungai ya, itu nanti saya upayakan dengan kementrian PUPR. Soal jaringan juga itu nanti saya teruskan ke Kementrian Kominfo untuk pengadaan jaringan di wilayah ini,” tutur Risma.

“Ini harus diantisipasi. Di sini wilayahnya pegunungan dan aksesnya sulit. Harus dipastikan kebutuhan logistik masyarakat tetap bisa disiapkan, jika terjadi bencana di kemudian hari,” kata Mensos.

 Komentar

Berita Terbaru
Daerah25 Oktober 2021 12:22
Panen Raya di Pangkep, Bupati Yusran: Produksi Pertanian Meningkat, Petani Sejahtera
Pedoman Rakyat, Pangkep – Bupati Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau (MYL) menghadiri panen raya padi di Kampung Biring Ere, Desa Panaikang, Kecama...
Nasional25 Oktober 2021 12:13
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat: Perjuangan Masyarakat Adat, Perlu Dukungan Semua Pihak
Pedoman Rakyat, Palopo – Seringkali hak-hak masyarakat adat terabaikan di tengah proses pembangunan. Karena itu diperlukan undang-undang yang be...
Metro25 Oktober 2021 11:43
Walikota Danny Pomanto Pastikan Bangun Sport Center Standar Internasional di Makassar
Pedoman Rakyat, Makassar – Walikota Makassar, Moh Ramdhan Danny Pomanto menghadiri sekaligus menutup secara resmi Basketball Championship Waliko...
International25 Oktober 2021 11:33
Di Cina! Sekolah Dilarang Beri PR Terlalu Berat Pada Siswa, Bagaimana Indonesia?
Pedoman Rakyat, China mengesahkan undang-undang yang mengatur sekolah untuk tidak memberikan Pekerjaan Rumah (PR) yang terlalu berlebihan pada siswa. ...