Pasca Debat Pilwalkot Makassar, Pemilih Mengambang Mulai Arahkan Dukungan ke Danny-Fatma

Editor
Editor

Senin, 09 November 2020 22:23

Pasca Debat Pilwalkot Makassar, Pemilih Mengambang Mulai Arahkan Dukungan ke Danny-Fatma

Pedoman Rakyat, Makassar  – Debat pilwalkot Makassar belum lama ini berefek positif kepada paslon Danny-Fatma. Pemilih yang belum menentukan pilihan (undecided voter) dan pemilih mengambang (swing voter) mulai melabuhkan dukungan kepada paslon nomor urut satu itu.

Hal itu didasari penampilan ADAMA’ (akronim Danny-Fatma) dalam debat publik putaran pertama Pilkada Makassar 2020. Pasangan nomor urut 1 itu dinilai konsisten menawarkan solusi yang berbasis dari visi-misinya.

“Terus terang sampai sebelum debat kemarin saya belum menentukan pilihan. Setelah melihat apa yang disampaikan Pak Danny dan Bu Fatma, sekarang saya sudah pilihan. ADAMA’ (akronim Danny-Fatma),” ujar Arman, salah satu karyawan perusahaan swasta di Kota Makassar, Senin (9/11/2020).

Lelaki asal Kabupaten Bulukumba yang sudah bertahun-tahun menetap di Kota Makassar ini juga memberikan penilaiannya terhadap program yang ditawarkan ADAMA’. Menurutnya, 24 program strategis yang dicanangkan merupakan sangat masuk akal.

“Cocok semua program itu. Apalagi, kan, Pak Danny sudah pernah menjadi Wali Kota Makassar sebelumnya. Tentu dia akan paham program mana yang saja yang didahulukan. Tidak seperti yang lain memang yang seperti memang terlalu bombastis,” tutur lelaki berkacamata ini.

Senada disampaikan warga lainnya, Nurmianti. Perempuan yang baru mendapatkan hak pilih di Kota Makassar tahun ini tersebut, sebelumnya masih galau menjatuhkan pilihan kepada salah satu kandidat. Namun, usai menyaksikan debat putaran pertama, dia kini sudah punya calon jagoan.

“ADAMA’. Semoga apa yang disampaikan Danny-Fatma saat debat semuanya bisa terealisasi. Saya sangat mendukung programnya. Pencoblosan 9 Desember nanti, insyaallah saya pilih nomor 1,” akunya.

Mahasiswa di salah satu perguruan tinggi asal Manggala, Sukardi juga kini tak lagi merahasiakan dukungannya. Ia mantap mendukung Danny-Fatma pasca-debat kandidat. Menurutnya, program yang ditawarkan memang sangat solutif untuk Makassar.

Dengan dukungan ini, maka jumlah undecided voters dan swing voters akan berkurang. Berdasarkan hasil survei yang dirilis oleh Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) pada akhir Oktober lalu, masih ada 16,9 persen undecided voters dan swing voters. (zeg)

 Komentar

Berita Terbaru
Nasional04 Desember 2020 15:59
Ramai Namanya Ikut Terseret di Kasus Ekspor Benih Lobster, Adik Prabowo Temui Hotman Paris
Perlu ditahu, bisnis keluarganya di bidang kelautan sudah lama jauh sebelum Gerindra dapat jatah kursi Menteri Kelautan dan Perikanan...
Politik04 Desember 2020 15:23
Debat Ketiga Pilwalkot Makassar: Appi Terkesan Salahkan Pemkot Soal Wisma Isolasi yang Mangkrak
Pengakuan dari pihak hotel juga bertolak belakang dengan klaim Appi yang sudah melakukan pembayaran kontrak....
Metro04 Desember 2020 06:15
Bangun Dua Kanal Baru, Upaya Pemprov Atasi Bau Busuk di Pantai Losari Makassar
Dengan hadirnya kanal ini akan menghilangkan bau busuk di Losari....
Nasional04 Desember 2020 05:48
Hendak ke Pasar, Empat Wanita Muda Jadi Korban Begal Payudara
melakukan pelecehan seksualnya kepada empat wanita di depan sebuah rumah. ...