Pembiayaan Hotel untuk Isolasi Pasien Covid-19 Akan Dibebankan ke Pemda

A. Zafran
A. Zafran

Rabu, 09 Juni 2021 23:14

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito
Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito

Pedoman Rakyat, Jakarta – Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, pembiayaan hotel sebagai fasilitas isolasi mandiri pasien Covid-19 akan dibebankan ke pemerintah daerah (pemda).

Semula, pembiayaan fasilitas tersebut ditanggung pemerintah pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Peralihan pembiayaan itu, kata Wiku, telah disepakati kementerian/lembaga terkait dan pemda.

Sponsored by ADVERTNATIVE

“Melalui kesepakatan kementerian/lembaga terkait dan jajaran pemerintah daerah, pembiayaan isolasi mandiri yang awalnya tersentral oleh pemerintah pusat akan secara bertahap dilakukan terdesentraslisasi kepada pemerintah daerah,” kata Wiku dalam konferensi pers yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (9/6/2021).

Menurut Wiku, kebijakan ini ditempuh melalui sejumlah pertimbangan. Diyakini bahwa upaya penanganan Covid-19 akan lebih efektif jika mekanisme penganggaran terdesentralisasi. Dengan mekanisme tersebut, setiap daerah akan lebih fokus dalam menangani pandemi.

Kebijakan ini ditempuh melalui sejumlah pertimbangan. Diyakini bahwa upaya penanganan Covid-19 akan lebih efektif jika mekanisme penganggaran terdesentralisasi. Dengan mekanisme tersebut, setiap daerah akan lebih fokus dalam menangani pandemi.

Kendati demikian, Wiku menyebut, pemerintah pusat siap membantu pelaksanaan kebijakan ini. Pemda yang mengalami kendala terkait hal ini diminta berkoordinasi dengan pemerintah pusat.

“Dimohon bagi pemerintah yang mengalami kendala khususnya pengadaan fasilitas isolasi maupun karantina mandiri bisa memanfaatkan forum komunikasi dengan pemerintah pusat untuk dapat dicari jalan keluarnya secara bersama-sama,” kata dia.

Sebelumnya diberitakan, BNPB akan menghentikan sementara pembiayaan hotel untuk isolasi terkendali pasien Covid-19 di Jakarta.

 Komentar

Berita Terbaru
Hukum/Kriminal15 Juni 2021 20:31
Sakit Hati, Karyawan Indomaret di Makassar Bakar Toko dan Curi Uang
Sakit Hati, Karyawan Indomaret di Makassar Bakar Toko dan Curi Uang...
Metro15 Juni 2021 19:25
Disdik Makassar Jamin PPDB Online 2021 Lancar
Disdik Makassar Jamin PPDB Online 2021 Lancar...
Nasional15 Juni 2021 18:30
BPS: Ekspor Pertanian Januari-Mei 2021 Naik 13,39 Persen
BPS: Ekspor Pertanian Januari-Mei 2021 Naik 13,39 Persen ...
Ekonomi15 Juni 2021 17:04
Permintaan Luhut: Kita Jangan Marah-marah Terus Sama China
Pedoman Rakyat, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta agar jangan terus marah-marah soa...