Pembiayaan Hotel untuk Isolasi Pasien Covid-19 Akan Dibebankan ke Pemda

A. Zafran
A. Zafran

Rabu, 09 Juni 2021 23:14

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito
Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito

Pedoman Rakyat, Jakarta – Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, pembiayaan hotel sebagai fasilitas isolasi mandiri pasien Covid-19 akan dibebankan ke pemerintah daerah (pemda).

Semula, pembiayaan fasilitas tersebut ditanggung pemerintah pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Peralihan pembiayaan itu, kata Wiku, telah disepakati kementerian/lembaga terkait dan pemda.

Sponsored by ADVERTNATIVE

“Melalui kesepakatan kementerian/lembaga terkait dan jajaran pemerintah daerah, pembiayaan isolasi mandiri yang awalnya tersentral oleh pemerintah pusat akan secara bertahap dilakukan terdesentraslisasi kepada pemerintah daerah,” kata Wiku dalam konferensi pers yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (9/6/2021).

Menurut Wiku, kebijakan ini ditempuh melalui sejumlah pertimbangan. Diyakini bahwa upaya penanganan Covid-19 akan lebih efektif jika mekanisme penganggaran terdesentralisasi. Dengan mekanisme tersebut, setiap daerah akan lebih fokus dalam menangani pandemi.

Kebijakan ini ditempuh melalui sejumlah pertimbangan. Diyakini bahwa upaya penanganan Covid-19 akan lebih efektif jika mekanisme penganggaran terdesentralisasi. Dengan mekanisme tersebut, setiap daerah akan lebih fokus dalam menangani pandemi.

Kendati demikian, Wiku menyebut, pemerintah pusat siap membantu pelaksanaan kebijakan ini. Pemda yang mengalami kendala terkait hal ini diminta berkoordinasi dengan pemerintah pusat.

“Dimohon bagi pemerintah yang mengalami kendala khususnya pengadaan fasilitas isolasi maupun karantina mandiri bisa memanfaatkan forum komunikasi dengan pemerintah pusat untuk dapat dicari jalan keluarnya secara bersama-sama,” kata dia.

Sebelumnya diberitakan, BNPB akan menghentikan sementara pembiayaan hotel untuk isolasi terkendali pasien Covid-19 di Jakarta.

 Komentar

Berita Terbaru
Nasional01 Desember 2021 17:00
Bendungan dan Benih Unggul Kementan Jadi Pendorong Petani Trenggalek Bisa 4 Kali Panen
Pedoman Rakyat, Trenggalek – Para petani di Desa Buluagung, Kecamatan Karangan, Kabupaten Trenggalek optimis bisa melakukan empat kali panen dal...
Nasional01 Desember 2021 16:36
Nur Herdianto Ajak Generasi Milenial Turun Langsung Bangun Sektor Pertanian di Trenggalek
Pedoman Rakyat, Trenggalek – Nur Herdianto, seorang petani lanjut usia di Desa Buluagung, Kecamatan Karangan, Kabupaten Trenggalek mengajak para...
Daerah01 Desember 2021 16:09
Kolaborasi Peningkatan Pelayanan, Kejari Palopo-BPJS Kesehatan Teken MoU
Pedoman Rakyat, Palopo – Penandatanganan Kesepakatan Bersama Antara Badan Penyelengara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Palopo Dengan Keja...
Nasional01 Desember 2021 15:43
Milenials Yuk Kenali Mesin Tanam Padi Yang Digunakan Presiden Jokowi di Trenggalek
Pedoman Rakyat, Jakarta – Alat mesin pertanian (alsintan) berjenis rice transplanter riding atau mesin tanam padi berawak yang digunakan Preside...