Pengikut Islam Aliran Aboge Rayakan Idul Fitri Hari Ini

Jennaroka
Jennaroka

Jumat, 14 Mei 2021 14:23

Pengikut aliran Islam Aboge merayakan Idul Fitri 1442 H, hari ini Jumat (14/5/2021). Foto: ANTARA.
Pengikut aliran Islam Aboge merayakan Idul Fitri 1442 H, hari ini Jumat (14/5/2021). Foto: ANTARA.

Pedoman Rakyat, Purbalingga – Jamaah Islam aliran Alif Rebo Wage atau Aboge di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, baru merayakan Idul Fitri 1442 Hijriah, hari ini Jumat (14/5/2021). Ratusan jemaah berduyun-duyun memadati Masjid Sayid Kuning untuk menunaikan salat Idul Fitri.

Sesepuh jamaah Islam Aboge, Sudi Maksudi mengatakan, Aboge menetapkan 1 Syawal jatuh pada Jumat Kliwon. Berselang satu hari dari lebaran yang ditetapkan pemerintah dan organisasi Islam lainnya seperti NU dan Muhammadiyah.

Sponsored by ADVERTNATIVE

Ketetapan tersebut didapat dari perhitungan kalender Islam dalam Kitab Mujarobah yang dipadu dengan primbon Jawa. Dalam khotbahnya, Kyai Maksudi mengatakan, jemaah shalat Id Islam Aboge tahun ini tak sebanyak dua tahun lalu.

Sebab, banyak warga Desa Onje penganut Islam Aboge yang tidak pulang kampung karena kebijakan larangan mudik dari pemerintah. “Banyak warga yang memilih pulang lebih awal, karena adanya pelarangan arus mudik tahun ini,” ujar dia.

Salat Idul Fitri jemaah Islam Aboge ini dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat. Bagaimana cara jamaah Islam Aboge menentukan penghitungan 1 Syawal?

Ditentukan dengan rumus Waljiro atau Syawal Siji Loro. Artinya 1 Syawal Aboge tiba pada hari kesatu pasaran kedua, setelah jatuhnya hari satu Syura. Satu Syura tahun Jim Akhir tiba pada Jumat Wage. Karenanya, 1 Syawal tahun Jim akhir ditetapkan Jumat Kliwon, atau secara masehi, Jumat, 14 Mei 2021, atau selang sehari setelah ketetapan pemerintah.

Kalender Aboge untuk menentukan hari besar sudah pasti karena merupakan siklus satu windu atau delapan tahun sekali. Karenanya, dalam metode penghitungan Aboge, tidak perlu lagi melihat hilal (bulan),” demikian Maksudi.

 Komentar

Berita Terbaru
Metro20 Juni 2021 22:23
Legislator NasDem Sulsel Cicu Pantau Bantuan Alat Kemasan: Kita Ingin Pastikan Berjalan Baik atau Tidak
Pedoman Rakyat, Makassar – Anggota DPRD Sulsel, Andi Rachmatika Dewi menggelar tatap muka dengan konstituen dalam agenda Kunjungan Daerah Pemili...
Metro20 Juni 2021 20:22
Parah, Prof Rudy Nyosor Ingin Cium Bu Dosen di Kamar Hotel
Pedoman Rakyat, Jakarta – Nama Profesor Rudy kembali dibahas. Bagaimana tidak, meski sudah dicopot dari jabatannya, Rudy tetap disorot karena ti...
Politik20 Juni 2021 19:36
Suarakan Jokowi 3 Periode, M Qodari Bisa Dipolisikan
Pedoman Rakyat, Jakarta – Mantan Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari yang terus menyuarakan jika Joko Widodo bisa tiga periode, bisa dipo...