Persaingan Sengit Pecco-Martin Serasa Deja Vu Musim yang Dulu

Nhico
Nhico

Senin, 13 November 2023 08:44

Persaingan Pecco-Martin .(F-INT)
Persaingan Pecco-Martin .(F-INT)

Pedomanrakyat.com, Malaysia – MotoGP 2023 menyisakan dua seri.

Masih ada asa bagi Jorge Martin untuk merebut gelar juara MotoGP 2023 dari sang pemuncak klasemen sementara, Francesco ‘Pecco’ Bagnaia.

Usai seri ke-18 MotoGP Malaysia 2023 yang digelar pada Minggu (12/11/23) ini, Pecco kini bertengger di puncak klasemen dengan raihan 412 poin.

Sementara itu, Martin terus menempel ketat dan hanya sempat satu hari merasakan berada di puncak. Setelah MotoGP Malaysia 2023, Jorge Martin hanya terpaut 14 poin dari Pecco dengan total 398 poin di kantongnya.

Marco Bezzecchi sebenarnya sempat masuk bursa kandidat juara MotoGP 2023.

Namun hasil yang kurang maksimal di Sepang membuatnya tak bisa bicara banyak di sisa dua putaran lagi. Kini, Bezzecchi hanya punya 323 poin dan terpaut 89 poin dari Pecco.

Hengkangnya nama Bezzecchi dari perebutan gelar juara MotoGP 2023 membuat pertarungan antara Pecco dan Martin layak menjadi sorotan. Apalagi karena ketatnya persaingan poin pebalap Italia dan Spanyol ini.

Namun sebenarnya pertarungan ketat antara dua pebalap tak hanya terjadi pada musim MotoGP 2023. Bagaikan deja vu atau kondisi yang pernah terjadi di musim lalu, ada juga duel ketat antara dua pebalap untuk memperebutkan takhta MotoGP.

Laman resmi MotoGP menyebutkan, setidaknya ada enam musim di mana pertarungan antara dua pebalap berlangsung ketat hingga seri terakhir.

MotoGP 2006
Salah satu momen ikonik MotoGP pada tahun ini adalah pertarungan ketat antara pebalap asal Amerika Serikat vs Italia, yakni Nicky Hayden vs Valentino Rossi.

Pada musim ini, persaingan sangat ketat dan penuh drama. Mulai dari jarak 21 poin, 12 poin, 8 poin, hingga akhirnya di putaran terakhir Rossi celaka dan hanya berhasil finis di urutan ke-13. Atas hasil itu, Hayden unggul 5 poin untuk memenangkan titel MotoGP 2006.

MotoGP 2009
Tiga tahun setelah duel Hayden vs Rossi, datang petarung baru yang mencoba melawan dominasi The Doctor, ia adalah Jorge Lorenzo.

Salah satu pertarungan hebat antara Lorenzo vs Rossi terjadi di Sirkuit Sepang. Di mana, kedua pebalap Yamaha ini terlihat saling salip di akhir balap, hingga akhirnya Lorenzo harus mengakui kemampuan Rossi dan membiarkan pebalap legendaris ini meraih gelar MotoGP 2009.

MotoGP 2015
Masih dengan tajuk Lorenzo vs Rossi. Namun kali ini, petarung sengit antara dua pebalap Yamaha tersebut dibumbui oleh clash antara Rossi vs Marquez di MotoGP Malaysia. Ingat, kan, detikers?

Kala itu, MotoGP Malaysia menjadi kunci dari musim 2015. Di mana dipercaya ada konspirasi terjadi antara Marquez vs Rossi dan jatuhnya pebalap asal Spanyol ini. Hingga akhirnya Lorenzo berhasil mengamankan titel juara dengan jarak 5 poin, Rossi di peringkat kedua. Marquez? Berhasil merebut posisi ketiga klasemen MotoGP 2015.

MotoGP 2017
Pertarungan antara pebalap Italia vs Spanyol memang selalu menjadi bumbu yang menarik di perebutan titel juara MotoGP. Usai masa emas Rossi habis, sosoknya digantikan oleh Andrea Dovizioso dengan motor Ducati yang angker pada masanya. Bagaimana tidak? Tercatat, pada masanya, hanya sedikit pebalap yang bisa menaklukkan motor Ducati dan berjaya dengan kuda besi tersebut.

Misi besar Dovisizo untuk membawa Ducati juara dunia ternyata dipatahkan oleh Marquez. Di seri terakhir, Dovi justru jatuh dan Marquez berhasil merebut gelar juara dunianya yang keenam atau keempat di kelas premier.

MotoGP 2020
Bisa dibilang ini musim MotoGP yang paling epik dalam sejarah. Selain karena digelar di tengah pandemi Covid-19, ini juga kali pertama setelah sekian lama kita melihat Suzuki menjadi juara MotoGP.

Namun sebelum Joan Mir dan motor Suzuki-nya meraih gelar juara MotoGP 2020, ada persaingan sangat ketat antara Mir vs Franco Morbideli. Selain itu, musim ini juga ada drama pengurangan poin yang harus dihadapi tim Yamaha.

MotoGP 2022
Tak usah muluk-muluk deja vu ke musim yang dulu-dulu. MotoGP 2022 pun sangat ketat hingga ronde terakhir. Di mana persaingan ketat antara Ducati vs Yamaha. Yap! Francesco Bagnaia vs Fabio Quartararo.

MotoGP 2022 seru hingga putaran terakhir. Pecco Bagnaia bersaing ketat dengan Quartararo dan saling salip di klasemen. Hingga akhirnya Pecco berhasil menjadi juara dengan raihan 265 poin, sementara Quartararo harus puas menjadi runner-up dengan 248 poin. Ketat, kan?

 Komentar

Berita Terbaru
Politik28 November 2023 18:25
Jalan Sehat Capres dan Cawapres di Makassar, Bawaslu Temukan Dugaan Pelanggaran Netralisasi ASN
Pedomanrakyat.com, Makassar – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) telah melakukan pengawasan terhadap kegiatan Calon Presiden (Capres) dan C...
Metro28 November 2023 16:09
Duta Besar Uni Eropa dan Brunei Darussalam Tertarik Investasi di Sektor Transportasi, Kesehatan, dan SDM di Sulsel
Pedomanrakyat.com, Makassar – Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, menerima kunjungan Duta Besar Uni Eropa Untuk Indonesia dan Brunei D...
Ekonomi28 November 2023 12:54
Kenali Hak-Kewajiban Perpajakan Bagi UMKM
Pedomanrakyat.com, Jakarta – Wajib Pajak (WP) Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) adalah salah satu kelompok Wajib Pajak yang diberikan fasi...
Metro28 November 2023 12:16
Kolaborasi IKA Unhas Sulsel, Koni Makassar Gagas Grand Desain Olahraga
Pedomanrakyat.com, Makassar – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Makassar melakukan penandatanganan MoU dengan Ikatan Alumni (IKA) U...