Persiapan PPDB Makassar Secara Online Rampung, Begini Alurnya

Editor
Editor

Senin, 29 Juni 2020 11:17

Persiapan PPDB Makassar Secara Online Rampung, Begini Alurnya

Pedoman Rakyat, Makassar – Dinas Pendidikan Kota Makassar mengaku telah merampungkan Persiapan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2020-2021 yang dilakukan secara Online atau dalam jaringan (Daring).

Plt Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Makassar, Amalia Malik mengatakan untuk jalur zonasi, tetap mengacu pada Pemendikbud Nomor 44 bahwa jalur zonasi minimal 50 persen, namun tergantung pada pemerintah daerah masing-masing.

“Kalau untuk kita khusus jalur zonasi SD kita prioritaskan sampai ke 80 persen, SMP 70 persen karena ada jalur prestasi untuk jalur SMP sehingga ada pengurangan 10 persen,” ujarnya di Ruang Rapat Wali Kota Makassar, Senin (29/6/2020)

Namun, pendaftaran PPDB yang dilaksanakan mulai 1-3 Juli 2020 untuk jalur non zonasi. Jalur ini terdiri dari tiga bagian yakni jalur prestasi, affirmasi, dan perpindahan.

Hasil pendaftaran tersebut akan diumumkan pada tanggal 4 Juli yang kemudian dilanjutkan pada tahapan pendaftaran ulang di tanggal 5-6 Juli 2020. Sementara untuk pendaftaran jalur zonasi akan berlangsung pada tanggal 6-7 Juli dan diumumkan di 8 Juli 2020.

“Kalau kita memang mengambil dijalur prestasi dulu, sehingga ada yang tidak lulus di jalur (prestasi) bisa daftar di jalur zonasi,” ujarnya.

“Kegitan untuk PPDB ini dilaksanakan full daring dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Ada pun nantinya daerah-daerah tertentu khsusnya di pulau-pulau, mungkin agak kesulitan jaringan internetnya akan kita upayakan untuk bisa dilaksanakan secara luring atau off-line, tetapi kita lakukan secara bertahap dengan memperhatikan protokol kesehatan,” sambung Amalia.

Pendaftaran dilakukan melalui aplikasi khusus yang bisa diakses di sekolah-sekolah maupun melalui web resmi dinas pendidikan kota Makassar www.disdik.makassar.go.id dengan link khusus PPDB untuk semua jenjang pendidikan dari TK, SD, hingga SMP. (zeg)

 Komentar

Berita Terbaru
Daerah22 Juli 2024 16:07
Mendagri Tolong Berhentikan Pj Bupati Pinrang! Diduga Tak Netral di Pilkada, Mau Mutasi karena Perintah ‘Bos’
Pedomanrakyat.com, Makassar – Aliansi Pemuda dan Masyarakat Kabupaten Pinrang menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Bupati Pinrang, Senin (2...
International22 Juli 2024 14:52
Respons Rusia atas Mundurnya Joe Biden dari Pilpres AS
Pedomanrakyat.com, Rusia – Joe Biden memutuskan mundur dari Pilpres AS. Biden mendukung Kamala Harris untuk melawan Donald Trump yang difavoritk...
Hiburan22 Juli 2024 14:43
Heboh Wanda Hara Datang ke Kajian Ustadz Hanan Attaki Pakai Cadar, Tuai Kritikan Netizen
Pedomanrakyat.com, Jakarta – Wanda Hara kini bikin heboh usai disebut penistaan agama gegara pakai cadar di kajian Ustaz Hanan Attaki. Wanda Har...
Metro22 Juli 2024 14:36
TV Milik Prabowo, Garuda TV Promosikan Festival F8 Makassar
Pedomanrakyat.com, Makassar – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto bersama dengan Garuda TV berkolaborasi mempromosikan Festival F8. Danny Pom...