Petani di P4S Lembang Agri Ekspor Buncis ke Singapura

Nhico
Nhico

Sabtu, 21 Agustus 2021 17:24

Petani di P4S Lembang Agri Ekspor Buncis ke Singapura 

Pedoman Rakyat, Lembang – Para petani di Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Lembang Agri di Desa Cikidang, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat melakukan ekspor sayuran buncis kenya ke Singapura. Ekspor ini mendukung Program merdeka Ekspor yang dicanangkan Kementerian Pertanian (Kementan).

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengapresiasi para petani ini. Menurut Mentan petani adalah profesi yang menjanjikan dan menghasilkan pendapatan besar, maka Kementan terus berupaya mendukung peningkatan produktivitas pertanian.

Sponsored by ADVERTNATIVE

“Artinya, stereotipe bahwa menjadi petani tidak kaya akan terbantahkan. Terbukti dari muncul banyak start up di bidang pertanian sehingga meningkatkan tren urban farming,” kata Mentan.

Menurutnya, sosok Duta Petani Milenial (DPM) dan Duta Petani Andalan (DPA) akan menjadi role model yang menginspirasi, memotivasi dan mitra bisnis petani muda lainnya untuk meningkatkan produktivitas, kualitas dan ekspor produk pertanian.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi menambahkan bahwa generasi muda sangat prospektif untuk diajak menggarap sektor pertanian sebagai petani muda maupun wirausahawan muda.

“Petani muda sangat dinamis. Mereka menguasai teknologi hingga mengakses pasar. Generasi muda saat ini harus bergabung menggeluti bisnis pertanian. Kalau petani muda tumbuh maksimal, maka ke depan pertanian kian cerah dan menjanjikan,” kata Dedi Nursyamsi.

Dodih, petani sayur di Lembang, Bandung Barat adalah sosok DPA yang sukses mengembangkan pertanian dari nol hingga menjadi wirausahawan muda sukses dengan omset Rp100 juta per bulan. Dodih kontinyu mengekspor buncis kenya tiga kali dalam seminggu sebanyak satu ton tiap kali ekspor, namun kini dikurangi menjadi 400 kg untuk satu kali ekspor.

Dodih selaku Ketua P4S Lembang Agri di Desa Cikidang, Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat berupaya mengubah pola pikir petani melalui pengembangan P4S. Pasalnya, masyarakat sekitar belum mampu menerapkan budidaya tanaman yang baik, masih tradisional sehingga hasil panen tidak maksimal.

Menurut Dodih, untuk mengubah mindset petani meningkatkan produktivitas dengan orientasi pasar, P4S Lembang Agri kerap menggelar pelatihan seperti budidaya cabai, tomat, buncis, brokoli, pengolahan sayuran, pembuatan pestisida organik, pembuatan pupuk organik, budidaya hidroponik, pelatihan penguatan kelembagaan tani dan manajemen usahatani.

“Selain budidaya sayur untuk memenuhi pasar lokal dan ekspor, kami juga menggelar pelatihan. Tujuannya agar petani dapat melakukan budidaya dengan baik serta memanfaatkan pupuk organik dari kompos, karena kita memang menuju pertanian organik,” kata Dodih.

Menurutnya, pupuk organik sangat berpengaruh terhadap tanaman, khususnya rasa lebih enak dan waktu simpan lebih lama meskipun biaya produksi lebih tinggi.

Bersama petani muda di Lembang, Dodih berinovasi membangun marketplace digital www.jualsayuran.com. Pemasaran online ini dengan menggandeng para petani milenial dari Kelompok Tani Agri Muda di Desa Cibodas.

Dedi Nursyamsi mengingatkan bahwa Dodih salah satu sosok DPA yang membuktikan bahwa pertanian merupakan sektor potensial dan menjanjikan. Mereka ditopang kemampuan memanfaatkan teknologi informasi untuk akses pasar ekspor.

 Komentar

Berita Terbaru
International06 Desember 2021 09:00
Sosok Yana Orfeeva, Model Diduga Selingkuhan Pangeran Arab, Uang Jajan Sehari Rp77 Juta
Pedoman Rakyat, Jakarta – Pangeran dari Arab Saudi diduga berselingkuh dengan seorang model bernama Yana Orfeeva. Kini, nama Yana Orfeeva, men...
International06 Desember 2021 08:30
Amerika Serikat Marah Besar, Taliban Bunuh 100 Warga Eks Pasukan Afghanistan
Pedoman Rakyat, AS – Dilaporkan Taliban telah membunuh 100 warga yang juga merupakan eks pasukan Afghanistan. Dasar itu, Amerika Serikat sangat ...
Nasional06 Desember 2021 08:00
Budayawan Sujiwo Tejo Persilakan Para Menteri ke Semeru: Kecuali yang Satu Ini, Please Jangan ke Sana
Pedoman Rakyat, Jakarta – Meletusnya Gunung Semeru masih menjadi pembicaraan hangat masyarakat Indonesia. Tanggapan soal Gunung Semeru pun berag...
Metro06 Desember 2021 07:30
‘Camat-Lurah di Makassar Lapor Setiap 2 Jam’ Perintah Danny Pomanto Hadapi Cuaca Ekstrem
Danny menginstruksikan camat, lurah, dan seluruh OPD untuk mengantisipasi terjadinya bencana banjir dan angin kencang....