Pleno PWNU Jatim: Gus Yahya Calon Ketum PBNU

A. Zafran
A. Zafran

Selasa, 12 Oktober 2021 18:12

Pleno PWNU Jatim: Gus Yahya Calon Ketum PBNU

Pedoman Rakyat, Jatim – Gus Yahya atau yang bernama lengkap KH Yahya Cholil Staquf disepakati sebagai calon Ketua Umum PBNU 2021-2026. Tak hanya KH Miftachul Ahyar disepakati sebagai Rois Aam PBNU.

Nama Gus Yahya sebagai calon Ketua PBNU berdasarkan hasil dalam rapat pleno gabungan Syuriah dan Tanfidziyah Pengurus Wilayah NU (PWNU) Jawa Timur. Rapat pleno gabungan kali ini dipimpin langsung Rois Syuriah PWNU Jawa Timur KH Anwar Mansyur yang juga dihadiri Ketua Tanfidziyah PWNU KH Marzuki Mustamar. Terlihat pula ikut hadir KH Anwar Iskandar (Wakil Rais NU Jatim), KH Syafrudin Syarif Katib PWNU Jatim dan Wakil Katib Gus Kautsar serta jajaran pengurus inti PWNU Jatim lainnya.

Sponsored by ADVERTNATIVE

“Alhamdulillah tadi Mbah Kiai Anwar Mansyur telah memutuskan bahwa PWNU Jatim akan memperjuangkan Kiai Miftach sebagai Rois Aam dan Gus Yahya sebagai ketua umum,” kata KH Anwar Iskandar, pada Selasa (12/9/2021).

Dia mengatakan bahwa hasil rapat pleno kali ini didasarkan atas pertimbangan regenerasi kader-kader NU untuk menempati posisi strategis pada struktur tanfidziyah.

“NU membutuhkan regenerasi di jajaran pengurus tanfidziyah. Kita memiliki kader-kader NU yang sangat potensial yakni Gus Yahya untuk menempati posisi strategis pada struktur tanfidziyah,” katanya.

Selain itu, rapat kali ini untuk memperjuangkan keputusan organisasi untuk tetap dalam satu barisan dalam memperjuangkan sistem Ahlul Halli Wal Aqdi (AHWA) dalam pemilihan Rois Aam.

Sistem Ahwa adalah sistem pemilihan yang memberikan mandat penuh kepada 9 kiai sepuh yang telah ditentukan, khusus untuk memilih Rois Aam PBNU. Sedangkan untuk pemilihan ketua umum tetap akan dilakukan dengan sistem pemilihan langsung di area muktamar NU Lampung pada 23-25 Desember 2021 mendatang.

Sementara sebelum rapat pleno dimulai, 41 Pengurus Cabang NU (PCNU) se Jawa Timur juga mendatangi PWNU meminta restu untuk mendukung KH Miftachul Ahyar sebagai Rois Aam dan Gus Yahya sebagai Ketum PBNU.

“Beberapa PCNU di Jawa Timur mohon ridla dan izin dari para Masyayikh PWNU Jawa Timur khususnya Rais Syuriah PWNU Jawa Timur, KH Anwar Manshur, untuk memperjuangkan KH Yahya Cholil Tsaquf sebagai calon Ketua Umum PBNU masa Khidmat 2022-2027,” terang Pengasuh Pesantren Al Amien Kota Kediri itu.

Terakhir, hasil resmi keputusan PWNU Jatim langsung dibacakan secara resmi Ketua Tanfidziyah PWNU KH Marzuki Mustamar dan akan menjadi keputusan resmi yang akan dibawa ke arena Muktamar Lampung. Keputusan resmi PWNU ini ditandatangani Rois Syuriah PWNU KH Anwar Mansyur; Katib KH Syafrudin Syarif; Ketua Tanfidziyah KH Marzuki Mustamar serta Sekretaris PWNU Akh Muzakki

 Komentar

Berita Terbaru
Hukum/Kriminal26 Oktober 2021 20:46
Pelaku Pembunuh Orang Tua dan Saudari Kandung di Bantaeng Sulsel Diduga Alami Gangguan Jiwa
Pedoman Rakyat, Bantaeng- Kepolisian Resor (Polres) Bantaeng kini telah mengamankan A (30), pria keji yang tega membunuh kedua orang tuanya serta saud...
Nasional26 Oktober 2021 19:23
Jokowi Minta Harga Tes PCR Rp 300.000, Kemenkes: Segera Kami Tindak Lanjuti
Pedoman Rakyat, Jakarta – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memastikan menindaklanjuti permintaan Presiden Joko Widodo ( Jokowi) agar harga tes P...
Ekonomi26 Oktober 2021 18:11
Maraknya Pinjol Ilegal, Menkeu Sri Mulyani: Masyarakat Menderita dari Praktik Semacam Ini
Pedoman Rakyat, Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyinggung maraknya praktik pinjaman online (pinjol) ilegal yang terjadi di In...
Hukum/Kriminal26 Oktober 2021 17:47
Aksi Unjuk Rasa Sejumlah Mahasiswa di Makassar Ricuh, Perwira Polisi Terkena Lemparan Batu
Pedoman Rakyat, Makassar- Aksi unjuk rasa sejumlah mahasiswa di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) berakhir ricuh. Satu pejabat polisi terkena l...