Polisi Siapkan 50 Dosis Vaksin untuk Kampung Narkoba di Kota Makassar

A. Zafran
A. Zafran

Senin, 16 Agustus 2021 20:04

Polisi Siapkan 50 Dosis Vaksin untuk Kampung Narkoba di Kota Makassar

Pedoman Rakyat, Makassar– Satuan Reserse Narkoba Polrestabes Makassar menggelar vaksinasi massal di kawasan kampung narkoba Sapiria, Jalan Pannampu, Kecamatan Tallo, Kota Makassar, Senin (16/8/2021) siang. Sebanyak 50 dosis vaksin diperuntukan bagi masyarakat sekitar.

Mereka terpaksa mengantri untuk mendapatkan vaksin tahap awal. Diketahui, untuk wilayah Kota Makassar, Kampung Sapiria ini dijadikan sampel untuk memulai gaungnya kampung tangguh anti narkoba.

Sponsored by ADVERTNATIVE

Wakapolrestabes Makassar, AKBP Budi Santoso menjelaskan, kampung Sapiria dipilih sebagai lokasi percontohan vaksinasi untuk meretas stigma bahwa lokasi ini rawan peredaran gelap barang merusak tersebut. Budi tak menampik, bahwa stigma tentang sarangnya narkoba memang sudah sangat melekat di daerah ini.

Kondisi pandemik COVID-19, dimanfaafkan kepolisian untuk menyosialisasikan pentingnya mencegah penyebaran virus selain penyuluhan narkoba, di tengah perkampungan padat penduduk ini.

“Setidaknya kegiatan ini menjadi pembangkit kesadaran dan mengurangi kerentanan penyebaran virus,” tegasnya.

Budi mengaku, pihaknya dalam kurung waktu setahun terakhir, sejak 2020 mendapat laporan bila pandemi COVID-19 menjadi salah satu faktor banyak masyarakat di sini terjerumus ke dalam kasus peredaran gelap narkoba.

“Ini dampaknya memang terjadi pukul ekonomi,” ujar Budi.

Budi menyebut dalam beberapa kejadian, petugas juga telah mengungkap kasus narkoba di tempat ini. Kejadian itu menurutnya bisa menjadi pelajaran agar bagaimanapun sulitnya warga dalam situasi seperti ini, jangan terjerumus dalam kasus narkoba.

“Jadi selain itu kami juga melalukan penyuluhan, tentang bahayanya narkoba,” ucapnya.
Satresnarkoba Polrestabes Makassar, menggandeng pemerintah setempat hingga tokoh masyarakat sekitar dalam program vaksinasi COVID-19 sekaligus pencanangan kampung tanggung anti narkoba di Sapiria. Budi menyatakan, program ini merupakan tindaklanjut dari instrukri Kapolri mengenai pemberantasan dan pencegahan peredaran narkoba.

Tak hanya di Makassar, melainkan daerah lain yang mendapat stigma rawan tentang peredaran narkoba di Indonesia. Budi menambahkan, warga cukup antusias mendapatkan vaksin. “Ini baru tahap awal, masih akan ada tahap lanjutannya dan sementara kita gagas dengan aparatur pemerintah setempat,” imbuhnya.

Terpisah, Ridwan salah satu pemuda setempat mengaku mengapresiasi program vaksinasi tahap awal di sini.

“Kita nda habis pikir ternyata masih adaji yang setidaknya mau buat kegiatan vaksin di sini, karena selama ini kan ditahu mi kalau di sini itu sudah lain mi orang pikir kalau dibilang Sapiria,” ucapnya di lokasi yang sama.

Penulis : Reza

 Komentar

Berita Terbaru
Viral20 September 2021 23:04
Viral! Oknum Guru di Bone Sulsel Diduga Kurung Murid Berjam-jam hingga Kelaparan dan Hampir Pingsan
Pedoman Rakyat, Bone- Jagad maya kembali dihebohkan dengan sebuah postingan di media sosial yang menuliskan salah seorang oknum tenaga pendidik atau g...
Hukum/Kriminal20 September 2021 22:12
Pelaku Datang Pakaian Rapi, Begini Detik-Detik Ustaz Diserang Saat Ceramah di Masjid
Pedoman Rakyat, Batam – Sebuah video yang memperlihatkan detik-detik seorang ustaz diserang saat ceramah di sebuah masjid viral di media sosial....
Politik20 September 2021 19:14
Keponakan SBY Jadi Ketua DPW NasDem DKI Jakarta
Pedoman Rakyat, Jakarta – DPP Partai Nasdem menunjuk Nurcahyo Anggorojati sebagai Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem Provinsi DKI ...
Hukum/Kriminal20 September 2021 19:13
Jasad Kakak Korban Cungkil Mata Tumbal Pesugihan di Gowa Diautopsi
Pedoman Rakyat, Gowa– Demi mengungkap penyebab kematian DS kakak kandung bocah AP yang dianiaya kedua orang tuanya diduga karena pesugihan. Maka...