Puluhan Calon Pekerja di Makassar Kena Tipu, Uang Ratusan Juta Dibawa Kabur

Jennaroka
Jennaroka

Sabtu, 26 Juni 2021 21:39

Puluhan Calon Pekerja di Makassar Kena Tipu, Uang Ratusan Juta Dibawa Kabur

Pedoman Rakyat, Makassar – Penipuan dengan modus menjanjikan pekerjaan kembali terjadi. Kali ini korbannya bahkan berjumlah puluhan orang sekaligus.

Mereka dijanjikan akan diberangkatkan ke Kota Kendari untuk bekerja namun ditelantarkan di sebuah rumah mewah di Kota Makassar.

Sponsored by ADVERTNATIVE

Mereka dijanjikan akan berangkat ke sana pada hari ini, Sabtu (26/6/2021). Perlengkapan telah mereka siapkan untuk bekal disana nantinya. Namun nahas, mereka justru kena tipu.

Bahkan, 55 orang ini mengaku telah menyetor uang kepada seseorang berinisial IM untuk tarif transportasi dan pembayaran swab test, yang rata-rata berkisar Rp2,1 juta.

Keberadaan IM kini entah dimana. 55 korban penipuan ini pun terkatung-katung.

“Kami dijanjikan jadi karyawan operator di sana (Kendari). Ada 55 orang di sini,” kata seorang korban bernama Yusran (35) kepada wartawan, saat ditemui di Jalan Hertasning, Kota Makassar, Sabtu (26/6/2021) petang.

Pria asal Kota Palopo, Sulsel ini menceritakan, berawal saat ia mendapat kabar dari salah satu rekannya bahwa IM bisa mengurus dan mencarikan 55 orang itu pekerjaan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Pertemuan mereka dengan IM terjadi sekitar dua pekan yang lalu. Kemudian mereka mulai menyetor uang kepada IM, untuk mengurus uang transportasi dan swab test untuk sampai ke Kendari.

Yusran kemudian oleh IM ditempatkan sementara di Makassar. Kemudian menyusul juga para korban NTB, hingga Yogyakarta .

“Janjinya tadi malam pukul 22.45 WITA, kami minta tiket. Tapi tidak diperlihatkan. Di situ kami curiga. Dia (IM) sudah tidak ada dan kontaknya juga sudah tidak aktif,” ungkap Yusran.

Berbagai cara telah dilakukan untuk bisa menghubungi IM. Baik dengan cara menghubungi nomor telepon dan mendatangi rumah orang tua IM di Sudiang, Kecamatan Biringkanaya, Makassar.

Namun semua itu percuma saja. IM justru menghilang tanpa kabar hingga membuat mereka merasa tertipu. Dari total jumlah para pencari kerja itu merugi sekitar Rp 115 ljuta.

“Masing-masing per orang Rp 2,1 juta yang sudah menyetor (uang tiket dan swab test). Kerugian kami semua ada sekitar Rp50 juta. Kami semua di sini ada dari Sumbawa, NTB, Jogja, dan Papua,” tandasnya.

Saat ini mereka telah melaporkan dugaan penipuan itu ke aparat kepolisian Polrestabes Makassar untuk segera meminta tanggung jawab IM.

Penulis : Reza

 Komentar

Berita Terbaru
Edukasi30 Juli 2021 09:20
Punya Dosa Banyak, Jangan Takut Ini Doa Jumat Bagi Umat Muslim yang Mau Diampuni Dosanya
Pedoman Rakyat-Hari Jumat merupakan hari yang istimewa bagi umat Islam. Tradisi Islam menyebut hari jumat adalah Sayyidul Ayyam atau rajanya hari. Tak...
Metro30 Juli 2021 09:15
Gara-gara KTP, Belasan Waria Harus Meninggal karena Kekurangan Gizi
Pedoman Rakyat, Jakarta – Persyaratan administrasi menjadi masalah besar bagi kelompok yang mengatasnamakan waria. Padahal, sederet program jari...
International30 Juli 2021 08:23
Tempur Lawan ISIS, Helikopter Militer Irak Jatuh dan 5 Orang Tewas
Pedoman Rakyat – Tercatat ada lima orang tewas akibat kecelakaan helikopter militer Irak yang jatuh saat kru sedang menjalankan misi tempur mel...
Nasional30 Juli 2021 02:06
Sudah Dinyatakan Lulus dan Buat Syukuran, Tapi Diganti Orang Lain saat Pengumuman, Calon Bintara Polri Ini Kirim Surat ke Jokowi dan Kapolri
Pedoman Rakyat, Jakarta -Viral di media sosial dalam penerimaan calon Bintara Polri tahun 2021 di Polres Minahasa Selatan, Sulawesi Utara. Di mana, se...