Rusdi Masse Ingin Kemenangan Partai NasDem di Pileg Berlanjut ke Pilgub Sulsel

Muh Saddam
Muh Saddam

Rabu, 21 Februari 2024 12:44

Ketua NasDem Sulsel, Rusdi Masse
Ketua NasDem Sulsel, Rusdi Masse

Pedomanrakyat.com, Makassar – Partai NasDem Sulawesi Selatan mengklaim telah mengunci 18 hingga 19 kursi pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2024.

Olehnya itu, bisa dipastikan Partai NasDem mengukuhkan diri sebagai pemenang Pileg dan menguncu kursi Ketua DPRD Sulsel mematahkan dominasi Partai Golkar.

Hak tersebut tidak terlepas dari, kerja-kerja politik kemanusiaan Partai NasDem yang selalu digaungkan Ketua DPW NasDem Rusdi Masse Mappasesu (RMS) dan Sekretaris DPW Syaharuddin Alrif.

Sementara itu dengan perolehan 19 kursi, Partai NasDem menjadi satu-satunya partai politik di Sulsel yang bisa mengusung calon gubernur dan calon wakil gubernur tanpa harus berkoalisi.

Pasalnya, syarat parpol agar bisa menjadi pengusung tunggal di Pilgub harus mencapai target minimal 18 kursi atau 20 persen kursi DPRD Sulsel hasil Pemilu Legislatif (Pileg) 2024.

Berdasarkan data capaian kursi NasDem untuk DPRD Sulsel yang dihimpun, antaralain: di Sulsel 1 NasDem meraih 2 kursi, Sulsel II raih 1,
Sulsel 3: 1 kursi, Sulsel 4: 2 kursi.

Kemudian Sulsel 5: 1 kursi, Sulsel 6: 2 kursi, Sulsel 7: 1 kursi, Sulsel 8: 1 kursi, Sulsel 9: 5 kursi, Sulsel 10: 1 kursi, dan Sulsel 11: 2 kursi. Jadi, total 19 kursi.

Meski memiliki kans besar mengusung tunggal di Pilgub Sulsel pada November 2024 nanti, namun NasDem tidak serta-merta ingin menentukan siapa figur yang akan diusung. NasDem Sulsel memilih lebih berhati-hati.

Ketua DPW NasDem Sulsel, Rusdi Masse menginginkan kemenangan partainya di Pileg bisa seiring dengan Pilkada, khususnya Pilgub Sulsel.

Untuk itu, RMS menegaskan usungan di Pilgub perlu penjaringan yang matang. Salah satu variabel usungan di Pilgub akan dilihat dari survei setiap figur potensial, baik itu internal maupun eksternal.

Kemudian yang terpenting punya hubungan baik dengan DPW Partai NasDem Sulsel.”Tentu diputuskan yang terbaik. Karena jangan sampai kita sudah menang di Pemilu, tau-taunya di Pilgub tidak menang, tidak sesuai, tentu (menentukan figur) harus hati-hati kan,” kata RMS, Senin sore (19/2/2024).

Soal dirinya yang terus mendapat dorongan untuk bertarung di Pilgub Sulsel, RMS memilih merendah. Dia malah menyatakan siapapun yang dianggap terbaik bagi Partai NasDem tentu punya kans untuk diusung.

Termasuk figur – figur yang pernah diusung Partai NasDem di Pilkada Kabupaten/Kota maupun Pilgub Sulsel pada pesta demokrasi yang lalu.

“Jadi kalau ditanya berpeluang, ya semua berpeluang. Yang ingin maju Pilgub semua berpeluang untuk diusung oleh NasDem,” bebernya.

Sementara itu, Sekretaris DPW NasDem Sulsel, Syaharuddin Alrif mengatakan bahwa capaian Pemilu Legislatif 2024 sudah memenuhi syarat 20 perse kursi DPRD Provinsi untuk mengusung di Pilgub mendatang.

Hitungan 19 kursi tersebut mengacu pada C1 Plano dari Komisi Saksi NasDem di 24 Kabupaten/Kota.

“Kita punya dasar C1, dari komisi saksi NasDem Sulsel, yang mengontrol 24 saksi kabupaten/kota. Alhamdulillah 24 kabupaten semuanya sangat bagus,” terang Syahar sapaan akrabnya.

 Komentar

Berita Terbaru
Politik15 April 2024 19:06
NasDem Sulsel Prioritaskan Usung Dokter Ulfah di Pilkada Barru
Pedomanrakyat.com, Makassar – DPW Partai NasDem Sulsel terus mempersiapkan diri menghadapi perhelatan Pilkada serentak pada November 2024 mendat...
Olahraga15 April 2024 15:09
Arsenal Diklaim Bakal Kesulitan Meraih Gelar Juara
Pedomanrakyat.com, Inggris – Arsenal dinilai punya jadwal sisa Liga Inggris yang paling berat dibanding Liverpool dan Manchester City. Tim Howar...
Otomotif15 April 2024 14:53
MotoGP Amerika 2024: Vinales Menang, Marquez Celaka!
Pedomanrakyat.com, Amerika – MotoGP Amerika 2024 milik Aprilia. Maverick Vinales berhasil meraih hasil sempurna sepanjang akhir pekan sejak Fr...
Nasional15 April 2024 14:45
Kabar Baik! Perpanjang SIM Mati Tanpa Bikin Baru Berlaku Mulai Besok, Ini Syaratnya
Pedomanrakyat.com, Jakarta – Bagi masyarakat pemegang Izin Mengemudi (SIM) yang habis masa berlakunya bisa diperpanjang tanpa bikin baru. Namun ...