Sah! Jokowi Lantik Agus Subianto Jadi Panglima TNI

Nhico
Nhico

Rabu, 22 November 2023 10:28

Jokowi Lantik Agus Subianto Jadi Panglima TNI.(F-INT)
Jokowi Lantik Agus Subianto Jadi Panglima TNI.(F-INT)
Pedomanrakyat.com, Jakarta – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Jenderal Agus Subianto menjadi Panglima TNI di Istana Negara, Jakarta, Rabu (22/11/2023).
Agus menggantikan Laksamana Yudo Margono yang akan memasuki usia pensiun.

Dalam upacara pengangkatan tersebut dihadiri sejumlah petinggi TNI, hingga beberapa menteri kabinet Indonesia maju seperti Menkopolhukam Mahfud MD, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Jaksa Agung ST Burhanuddin, hingga Kepala BIN Budi Gunawan.

Pelantikan diawali dengan pembacaan Surat Keputusan Presiden Nomor 102-TNI Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima TNI yang dibacakan Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan.

“Kedua mengangkat Jenderal TNI Agus Subianto sebagai Panglima TNI,” kata Sekretaris Militer Laksda TNI Hersan.

“Ketiga keputusan Presiden ini mulai berlaku sejak pelantikan pejabat sebagaimana diktum kedua. Ditetapkan di jakarta 22 November 2023,” sambungnya.

Kemudian acara dilanjutkan sumpah jabatan oleh Agus yang dipandu oleh Presiden Jokowi.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundangan dengan selurus-lurusnya. Demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” kata Agus mengikuti Jokowi.

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab, bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit,” Tambahnya.

Setelah itu dilakukan penandatanganan berita acara dan ditutup dengan pemutaran lagu Indonesia Raya.

 

 Komentar

Berita Terbaru
Politik23 Februari 2024 06:41
NasDem, PKB, PKS Kompak Dukung Hak Angket Kecurangan Pemilu
Pedomanrakyat.com, Jakarta – Partai NasDem, PKB, dan PKS yang tergabung dalam Koalisi Perubahan menyatakan sikap mendukung wacana hak angket yan...
Metro22 Februari 2024 21:58
Jokowi Apresiasi MNP, Sebut Pelabuhan Logistik Terbesar Kedua dan Terefisien
Pedomanrakyat.com, MAKASSAR,- Presiden Joko Widodo telah meresmikan proyek Makassar New Port (MNP), Jl Sultan Abdullah Raya, Makassar, Kamis, (22/02/2...
Metro22 Februari 2024 21:54
Jokowi Usul Pelabuhan Lama Jadi City Center Makassar, Danny: Kami Sangat Senang
Pedomanrakyat.com, MAKASSAR,- Presiden Joko Widodo mengusulkan agar pelabuhan lama Makassar, Soekarno Hatta menjadi pusat kota Makassar. Merespon hal ...
Hiburan22 Februari 2024 21:51
Vincent Rompies Harap Kasus Anaknya Diselesaikan Kekeluargaan
Pedomanrakyat.com, Jakarta – Artis Vincent Rompies tengah berupaya untuk berkomunikasi dengan orang tua korban perundungan Binus School Serpong....