Sekolah Alam Benteng Rotterdam, Solusi Danny untuk 57 Ribu Anak Terancam Putus Sekolah

Jennaroka
Jennaroka

Selasa, 11 Mei 2021 17:04

Sekolah Alam Benteng Rotterdam, Solusi Danny untuk 57 Ribu Anak Terancam Putus Sekolah

Pedoman Rakyat, Makassar – Sebuah terobosan baru di bidang pendidikan disiapkan Pemkot Makassar. Untuk mengatasi masalah serapan murid di sekolah tingkat SD dan SMP, Pemkot Makassar berencana memanfaatkan Benteng Rotterdam sebagai tempat menggelar kegiatan belajar mengajar.

Walikota Makassar, Danny Pomanto, menyebutnya sebagai sekolah alam. Hal ini berangkat dari banyaknya anak yang terdata tidak mengenyam pendidikan karena keterbatasan daya serap sekolah.

Sponsored by ADVERTNATIVE

“Jadi konsep ini kita buat sekolah yang bisa menampung semua anak-anak yang terancam ini. Kita bisa pakai alam untuk mengajar anak-anak kita. Kita bisa pakai Benteng Rotterdam. Kita buatkan bangku-bangku yang bisa dibongkar pasang. Kita buatkan juga nanti tambahan kelas di setiap SD dan SMP,” ucap Danny.

Menilik data di Kota Makassar, ada 24 ribu anak yang terancam putus sekolah tingkat SD. Dan 33 ribu tingkat SMP dikarenakan adanya ketimpangan dan ketidaksesuaian jumlah SMP dan SD yang tersedia.

Saat ini SMP yang tersebar di Kota Makassar sebanyak 55 sekolah. Sementara, SD sebanyak 314 sekolah. Dengan kapasitas untuk SD sebesar 105.504 bangku, SMP sebanyak 47.570 bangku.

Konsep sekolah alam ini diyakini Danny akan membuat peserta didik jadi bersemangat dalam belajar dan lebih banyak mengenal hal-hal baru.

“Saya tidak mau main-main. Ini revolusi nomor satu ku untuk pendidikan. Buat sekolah alam belajar di alam, belajar online tiga hari offline tiga hari, ini baru namanya hibridisasi. Apalagi masa pandemi ini kita butuh tempat terbuka,” jelasnya.

“Kita lihat penyempurnaan konsep ini dari Dinas Pendidikan minggu depan. Saya akan launching nanti,” pungkasnya.

 Komentar

Berita Terbaru
Metro20 Juni 2021 22:23
Legislator NasDem Sulsel Cicu Pantau Bantuan Alat Kemasan: Kita Ingin Pastikan Berjalan Baik atau Tidak
Pedoman Rakyat, Makassar – Anggota DPRD Sulsel, Andi Rachmatika Dewi menggelar tatap muka dengan konstituen dalam agenda Kunjungan Daerah Pemili...
Metro20 Juni 2021 20:22
Parah, Prof Rudy Nyosor Ingin Cium Bu Dosen di Kamar Hotel
Pedoman Rakyat, Jakarta – Nama Profesor Rudy kembali dibahas. Bagaimana tidak, meski sudah dicopot dari jabatannya, Rudy tetap disorot karena ti...
Politik20 Juni 2021 19:36
Suarakan Jokowi 3 Periode, M Qodari Bisa Dipolisikan
Pedoman Rakyat, Jakarta – Mantan Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari yang terus menyuarakan jika Joko Widodo bisa tiga periode, bisa dipo...