Sikat Everton 3-0, Manchester City Geser Liverpool di Klasemen Liga Inggris

Nhico
Nhico

Senin, 22 November 2021 07:30

Sikat Everton 3-0, Manchester City Geser Liverpool di Klasemen Liga Inggris

Pedoman Rakyat, Makassar – Manchester City memetik poin penuh kala menjamu Everton di matchday 12 Premier League 2021-22 di Etihad Stadium, Minggu (21/11/2021) malam WIB. Pasukan Pep Guardiola itu menang 3-0 atas tim tamu.

City tampil dominan dengan memegang kendali permainan sejak awal. Meski demikian, City sempat kesulitan membongkar pertahanan Everton. Serangan City akhirnya baru membuahkan hasil pada menit ke-44. Umpan Joao Cancelo dituntaskan dengan sempurna oleh Raheem Sterling.

Sponsored by ADVERTNATIVE

Di paruh kedua, City menambah dua gol lagi. Gol-gol dari Rodri dan Bernardo Silva memberi City kemenangan dengan skor 3-0.

Jalannya awal babak pertama sudah bisa ditebak. Tentu, skuad asuhan Pep Guardiola langsung tancap gas lewat ciri khasnya dan berhasil menguasai 80 persen penguasaan bola.

Everton berusaha memberikan perlawanan, tetapi usaha mereka tak terlalu merepotkan pertahanan Manchester City. City akhirnya berbalik menekan Everton. Di menit ke tujuh dan 11, mereka mendapat peluang melalui Cancelo dan Sterling. Namun belum ada yang berbuah gol.

Menit ke-28, City mendapat peluang apik melali tendangan jarak dekat Silva. Namun bola bisa diblok Pickford. Bola rebound disambar Gundogan, tapi bola melambung ke atas gawang saja.

Dua menit kemudian Palmer melepas tembakan dengan kaki kirinya. Pickford bisa meninju bola tersebut. Bola rebound disambar Sterling. Namun laju bola terlalu lemah dan bisa diamankan Pickford lagi.

Menit ke-33, City mendapat hadiah penalti setelah Sterling tampak dilanggar Keane. Namun setelah ditinjau ulang via VAR, wasit Stuart Atwell menganulir keputusannya memberikan hadiah tendangan dari titik 12 pas tersebut.

Pada menit ke-44, City akhirnya bisa mencetak gol melalui Sterling. Ia menjebol gawang Everton dengan tendangan first time di kotak penalti, memanfaatkan umpan lambung dengan teknik trivela dari Cancelo. 1-0.

Gol tersebut juga sekaligus menjadi penutup di babak pertama. Pasalnya, tak ada gol tambahan dari kedua kubu hingga jeda turun minum.

Tak ada yang berubah dari jalannya babak kedua. The Citizens masih menguasai ritme pertandingan seperti pada babak pertama. Namun, skema serangan mereka kerap kali buntu lantaran sering terhenti di sepertiga lapangan karena high pressing yang diberikan.

Akhirnya kebuntuan di babak kedua ini terpecahkan juga. Rodri berhasil memanfaatkan bola muntah di luar kotak penalti dan langsung mengirimkan tendangan roketnya pada menit ke-58. Tendangan itu sangat keras dan terukur di pojok kiri gawang.

City mendapat tendangan bebas di depan kotak penalti Everton menyusul pelanggaran Ben Godfrey kepada Palmer. Mahrez maju sebagai penendang, tapi sepakannya masih mengarah tepat ke Pickford.

Sterling menyia-nyiakan sebuah peluang emas pada menit ke-78 untuk menambah keunggulan City. Berawal dari serangan balik cepat, Mahrez mengoper kepada Sterling yang ada di kotak penalti. Sterling yang tinggal berhadapan dengan Pickford gagal menaklukkan kiper Everton itu.

City makin membuat Everton terbenam pada menit ke-86. Bernardo Silva mencetak gol untuk memberi City keunggulan 3-0.

Gol ini berawal dari upaya Palmer yang berniat melepaskan tembakan. Upayanya itu membentur pemain Everton dan bola muntah mengarah ke Silva yang ada di sisi kanan. Dia kemudian melepaskan tembakan untuk menaklukkan Pickford. Gol ini menjadi gol terakhir yang tercipta di laga tersebut. Tuan rumah pun menang telak 3-0.

Hasil ini membuat Manchester City kini naik ke peringkat kedua klasemen sementara Premier League 2021-22 dengan raihan 26 angka sementara Everton berada di posisi 11 dengan koleksi 15 angka.

Susunan Pemain:

Man City: Ederson; Kyle Walker, John Stones, Aymeric Laporte (Ake 76′), Joao Cancelo; Cole Palmer (McAtee 87′), Rodri, Ilkay Gundogan; Raheem Sterling, Phil Foden (Mahrez 58′), Bernardo Silva.

Everton: Jordan Pickford; Seamus Coleman, Ben Godfrey, Michael Keane, Lucas Digne; Anthony Gordon, Fabian Delph (Rondon 63′), Allan (Onyango 90′), Demarai Gray (Iwobi 17′); Andros Townsend; Richarlison.

 Komentar

Berita Terbaru
Olahraga28 November 2021 22:00
RMS Racing Team Berhasil Bawa 3 Trofi di Powertrack 2021 Seri 1 Banjar
Pedoman Rakyat, Banjar – Tim balap Rusdi Masse (RMS) Racing Team berhasil membawa tiga trofi di event akbar Powertrack 2021 Putaran Pertama yang...
Metro28 November 2021 21:10
Dua Asrama Mahasiswa di Makassar Diserang-Dibakar, Kapolrestabes Dudukkan Tokoh Tanah Luwu dan Bone
Pedoman Rakyat, Makassar- Menyikapi penyerangan yang terjadi disejumlah asrama mahasiswa di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), sejumlah tokoh m...
Metro28 November 2021 20:30
Alhamdulillah, Kapal Pancing yang Ditumpangi Legislator Sulsel Akhirnya Ditemukan
Pedoman Rakyat, Makassar– Proses pencarian Kapal New Bira Fishing yang dilaporkan mengalami mati mesin di perairan Selat Tanakeke Kabupaten Taka...
Hukum/Kriminal28 November 2021 20:18
Dua Asrama Mahasiswa di Makassar Diserang Lalu Dibakar OTK, Kapolda Sulsel Minta Masyarakat Tenang
Pedoman Rakyat, Makassar- Kapolda Sulsel, Irjen Pol Nana Sudjana meminta masyarakatl tidak percaya dengan isu hoax yang beredar terkait kasus penyeran...