Singkirkan Belgia Secara Dramatis, Prancis Hadapi Spanyol di Final UEFA Nations League

Nhico
Nhico

Jumat, 08 Oktober 2021 09:10

Singkirkan Belgia Secara Dramatis, Prancis Hadapi Spanyol di Final UEFA Nations League

Pedoman Rakyat, Makassar – Timnas Prancis secara gemilang sukses melakukan comeback dramatis untuk membuat Belgia bertekuk lutut dengan skor 2-3 di babak Semi Final UEFA Nations League yang digelar di Juventus Stadium, Jumat (08/10/21) dini hari WIB.

Belgia sejatinya mampu unggul dua gol terlebih dahulu lewat aksi Yannick Carrasco (37′) dan Romelu Lukaku (40′). Prancis melawan dan menyamakan kedudukan di babak kedua lewat Karim Benzema (62′) dan Kylian Mbappe (69′).

Sponsored by ADVERTNATIVE

Lalu, di menit ke-90, Prancis berbalik unggul lewat gol Theo Hernandez. Belgia sempat mencetak gol, tapi dianulir karena offside.

Pertandingan langsung dimulai dengan tempo tinggi. Menit ke-3, Lloris dipaksa membuat penyelamatan untuk sepakan De Bruyne. Menit ke-6, giliran Mbappe yang mengancam gawang Belgia.

Level tinggi kedua tim terlihat dalam duel-duel sengit di 15 menit pertama. Prancis lebih dominan membawa bola, Belgia memilih menunggu.

Tempo sedikit menurun mulai menit ke-20. Belgia menahan gempuran Prancis dengan sangat baik. Sebaliknya, pasukan Deschamps tampak sedikit frustrasi.

Menit ke-37, Belgia justru unggul terlebih dahulu. Carrasco menerima bola di sisi kiri, menusuk ke dalam dan melepas tembakan keras ke tiang dekat. Gol! Lloris mati langkah. Belgia 1-0 Prancis.

Menit ke-40, Belgia menggandakan keunggulan. Kali ini giliran Lukaku dari sisi kanan. Menerima umpan De Bruyne, Lukaku memutar badan dan menusuk ke tiang dekat untuk melepas tembakan keras dari sudut sempit. Gol! Belgia 2-0 Prancis.

Dalam waktu singkat Prancis kebbolan dua gol. Mereka mencoba merespons di 5 menit tersisa tapi tidak cukup waktu untuk menemukan ritme. Skor 2-0 mengantar pemain ke ruang ganti.

Prancis mencoba untuk bermain lebih agresif di babak kedua. Belgia yang sudah unggul di babak pertama kini mengurangi tempo permainan yang menyebabkan Prancis mampu melakukan serangan dengan baik.

Hasilnya, Les Bleus pun mampu memperkecil ketertinggalannya dari Belgia pada menit ke-62. Karim Benzema menendang dengan keras umpan yang diberikan Kylian Mbappe, Skor sementara pun menjadi 2-1, masih untuk keunggulan Belgia.

Pada menit ke-67 Jan Vertonghen melakukan pelanggaran kepada Antoine Griezmann di dalam kotak penalti, dan wasit memberikan Prancis tendangan penalti. Kylian Mbappe yang menjadi eksekutor mampu mengecoh kiper Belgia, Thibaut Courtois, dan menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Beberapa perubahan pun dilakukan pelatih Belgia, Roberto Martinez, di sisa babak kedua. Namun, Belgia masih belum mampu mengembalikan keadaan dan harus terus menerima serangan yang diberikan Prancis.

Romelu Lukaku hampir saja mencetak gol penentu kemenangan untuk Belgia pada menit ke-87, namun wasit menganulir gol tersebut lantaran Carrasco terjebak offside.

Menjelang pertandingan berakhir, Prancis pun berhasil membobol gawang Belgia pada menit ke-90+1. Theo Hernandez mampu membuat tembakan yang tidak bisa dihentikan oleh Courtois dan mengunci kemenangan 3-2 Prancis atas Belgia.

Prancis pun melangkah ke babak final UEFA Nations League untuk melawan Spanyol. Partai final nanti digelar pada hari Senin (11/10/2021) dini hari WIB di San Siro, Milan.

Berikut susunan pemain Belgia vs Prancis:

Belgia (3-4-3): Thibaut Courtois; Toby Alderweireld, Jason Denayer, Jan Vertonghen; Timothy Castagne (M Batshuayi 90+2), Axel Witsel, Youri Tielemans (H Vanaken (70’), Yannick Carrasco; Kevin De Bruyne, Romelu Lukaku, Eden Hazard (L Trossard 74’).

Pelatih: Roberto Martinez.

Prancis (3-4-1-2): Hugo Lloris; Jules Kounde, Raphael Varane, Lucas Hernandez; Benjamin Pavard (L Dubois 90+2), Paul Pogba, Adrien Rabiot (A Tchouameni 75’), Theo Hernandez; Antoine Griezmann; Karim Benzema (J Veretout 90+7), Kylian Mbappe.

Pelatih: Didier Deschamps.

 Komentar

Berita Terbaru
Hukum/Kriminal26 Oktober 2021 20:46
Pelaku Pembunuh Orang Tua dan Saudari Kandung di Bantaeng Sulsel Diduga Alami Gangguan Jiwa
Pedoman Rakyat, Bantaeng- Kepolisian Resor (Polres) Bantaeng kini telah mengamankan A (30), pria keji yang tega membunuh kedua orang tuanya serta saud...
Nasional26 Oktober 2021 19:23
Jokowi Minta Harga Tes PCR Rp 300.000, Kemenkes: Segera Kami Tindak Lanjuti
Pedoman Rakyat, Jakarta – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memastikan menindaklanjuti permintaan Presiden Joko Widodo ( Jokowi) agar harga tes P...
Ekonomi26 Oktober 2021 18:11
Maraknya Pinjol Ilegal, Menkeu Sri Mulyani: Masyarakat Menderita dari Praktik Semacam Ini
Pedoman Rakyat, Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyinggung maraknya praktik pinjaman online (pinjol) ilegal yang terjadi di In...
Hukum/Kriminal26 Oktober 2021 17:47
Aksi Unjuk Rasa Sejumlah Mahasiswa di Makassar Ricuh, Perwira Polisi Terkena Lemparan Batu
Pedoman Rakyat, Makassar- Aksi unjuk rasa sejumlah mahasiswa di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) berakhir ricuh. Satu pejabat polisi terkena l...