Sosok Andi Sudirman Sulaiman, Pemimpin Semua Golongan, Elektabilitas Cagub Sulsel Paling Tinggi

Muh Saddam
Muh Saddam

Selasa, 11 Juni 2024 18:04

Calon Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman Mengenakan Pakaian Adat Toraja saat Memimpin Upacara.
Calon Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman Mengenakan Pakaian Adat Toraja saat Memimpin Upacara.

Pedomanrakyat.com, Makassar – Dua tahun menjabat Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman atau ASS dikenal sangat dekat dengan semua golongan. Terlebih kepada tokoh lintas agama di Sulsel.

Salah satu buktinya, saat menjabat Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menghadiri perayaan Hari Raya Galungan dan Kuningan di Pura Giri Natha Makassar. Disitu, ASS mengajak umat Hindu untuk terus memperkuat persatuan dan kerukunan.

Termasuk ASS juga menghadiri Konferensi Wilayah ke-XI PW Muslimat NU Sulsel di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (25/7/2023). Hadir Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muslimat Nahdatul Ulama (NU) Khofifah Indar Parawansa (tengah).

Konferensi yang berlangsung 25-25 Juli 2023 tersebut bertema Penguatan Kelembagaan untuk Membangun Kemandirian dalam Menyongsong Kepemimpinan Nasional.

Kemudian, Andi Sudirman Sulaiman menghadiri perayaan Milad 109 Muhammadiyah di Balai Sidang Muktamar Muhammadiyah Kampus Unismuh Makassar, yang digelar Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sulsel.

Dalam kesempatan itu, Andi Sudirman Sulaiman menyatakan bangga sering dianggap sebagai kader Muhammadiyah.“Saya juga sering dianggap kader Muhammadiyah, dan saya tidak mengelak. Siapa tidak bangga jadi kader Muhammadiyah?” ungkapnya.

Muhammadiyah, kata Andi sudah berdiri sebelum Proklamasi Kemerdekaan RI. Presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno juga bagian dari Muhammadiyah.

“Muhammadiyah sudah hadir berkontribusi untuk bangsa dan negara sebelum Indonesia merdeka. Muhammadiyah hadir di tengah masyarakat, melalui amal usahanya seperti sekolah, panti asuhan, dan rumah sakit,” imbuhnya.

Tidak sampai disitu, meski tidak lagi menjabat Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman masih terus dekat dengan tokoh lintas agama.

Terbaru, ASS menghadiri acara resepsi pernikahan keluarga besar Pendeta Luther Taruk dan Benyamin Pongsamma di Toraja Utara pada Senin (10/06/2024) kemarin.

Calon Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman Bersama Mahasiswa GMKI Pusat Sulsel

Sebelumnya, Andi Sudirman yang dikenal sebagai Gubernur Andalan juga bertemu dengan komunitas mahasiswa Kristen, yakni Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Pusat Sulsel.

Survei terbaru pada Mei 2024 menunjukkan Andi Sudirman Sulaiman meraih elektabilitas tertinggi di antara kandidat lain untuk Pemilihan Gubernur Sulawesi Selatan. Hal itu jadi bukti masyarakat menginginkannya melanjutkan kepemimpinan sebagai gubernur.

Sentimen positif terhadap Andi Sudirman ditunjukkan dua lembaga survei, yang masing-masing berskala nasional dan lokal.

Menurut laporan Katadata Insight Center (KIC), responden yaitu warga berdomisili di Sulsel menganggap Andi Sudirman paling pantas menjadi Gubernur periode 2024-2029. Dia dipilih mayoritas responden, yaitu 23,8 persen, jauh mengungguli belasan kandidat lain.

Adapun Indeks Politica Indonesia merekam tingkat keterpilihan alias elektabilitas Andi Sudirman teratas, di angka 31,5 persen. Dalam survei simulasi berpasangan dengan Fatmawati Rusdi, elektabilitas mereka mencapai 49,7 persen.

Andi Sudirman -sebelumnya Wakil Gubernur- menjabat Gubernur Sulsel pada tahun 2022 hingga 2023. Dia menggantikan Nurdin Abdullah yang terjerat kasus korupsi.

Jelang Pemilihan Gubernur Sulsel, Andi Sudirman jadi salah satu kandidat terkuat. Dia digadang-gadang berpasangan dengan Fatmawati Rusdi. Paket bakal calon pasangan ini sudah diusulkan oleh Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) NasDem Sulsel.

Calon Gubernur Sulsel Andi Sudirman Foto Bersama Masyarakat.

Tingginya survei elektabilitas Andi Sudirman jelang Pilgub menggambarkan arah dukungan masyarakat Sulsel. Tingkat keterpilihan tinggi sekaligus jadi bukti bahwa Andi Sudirman merupakan pemimpin semua golongan, bukan segelintir kelompok.

Andi Sudirman selama ini dikenal sebagai tokoh pemimpin nasionalis-religius yang berhasil memimpin Sulsel. Kebijakannya memberikan rasa adil bagi semua warga Sulsel, berkebalikan dengan narasi negatif yang dilontarkan segelintir orang.

Survei KIC yang melibatkan responden dari berbagai latar belakang pun membuktikan. Mayoritas, yakni 72,8 persen responden menyatakan puas. Bahkan 12,5 persen menyatakan sangat puas.

 Komentar

Berita Terbaru
Politik21 Juni 2024 17:13
Andi Irwan Hamid Rela Jalan Kaki Temui dan Dengar Langsung Harapan Masyarakat Pinrang
Pedomanrakyat.com, Makassar – Calon Bupati Kabupaten Pinrang Andi Irwan Hamid kembali bertemu dan menyapa masyarakat Pinrang di dua Kelurahan. K...
Metro21 Juni 2024 16:59
APT Gelar Pengawasan di SMAN 20 Makassar, Warga Pertanyakan Status Lahan Sekolah
Pedomanrakyat.com, Makassar – Anggota DPRD Sulawesi Selatan Andre Prasetyo Tanta (APT) menggelar pengawasan pelaksanaan APBD Sulsel. Pada titik ...
Ekonomi20 Juni 2024 22:56
Kolaborasi Kementerian Kominfo dan Dinas Kominfo Makassar Wujudkan Makassar Penyangga IKN
Pedomanrakyat.com, Makassar – Pemerintah Kota Makassar menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pojok Literasi 2024 bertajuk “Sudah Sejauh Man...
Metro20 Juni 2024 22:53
PJ Sekda Makassar Resmi Buka Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Ajak Masyarakat Jaga Bumi
Pedomanrakyat.com, Makassar – PJ Sekda Makassar, Firman Hamid Pagarra mengajak masyarakat agar terus menjaga bumi dan lingkungan alam sekitar....