Sulsel Masuk Provinsi Waspada Cuaca Ekstrem Satu Pekan ke Depan

A. Zafran
A. Zafran

Minggu, 15 Agustus 2021 20:44

Sulsel Masuk Provinsi Waspada Cuaca Ekstrem Satu Pekan ke Depan

Pedoman Rakyat, Makassar – Pengumuman potensi cuaca ekstrem dikeluarkan oleh BMKG. Sedikitnya, ada 27 wilayah yang akan mengalami cuaca ekstrem dalam sepekan ke depan. Warga di daerah itu pun diminta waspada.

“Berdasarkan hasil analisis dan prediksi dinamika gelombang atmosfer terkini, BMKG mengidentifikasi adanya peningkatan aktivitas Madden Julian Oscillation (MJO) dan gelombang Rossby Ekuatorial,” tulis pengumuman itu, seperti dikutip dari Instagram @infobmkg, Minggu (14/8/2021).

Sponsored by ADVERTNATIVE

MJO dan Gelombang Rossby Ekuatorial adalah fenomena dinamika atmosfer yang mengindikasikan adanya potensi pertumbuhan awan hujan dalam skala yang luas di sekitar wilayah yang dilewatinya.

“Fenomena MJO bergerak dari arah Samudera Hindia ke arah Samudera Pasifik melewati wilayah Indonesia dengan siklus 30-40 hari. Sedangkan Fenomena Gelombang Rossby bergerak dari arah Samudera Pasifik ke arah Samudera Hindia dengan melewati wilayah Indonesia,” tambah pengumuman tersebut.

Sama halnya seperti MJO, ketika Gelombang Rossby aktif di wilayah Indonesia, maka dapat berkontribusi pada peningkatan pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia.

“Selain itu, BMKG juga mengamati adanya daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang diperairan barat Sumatera Barat dan dari Riau hingga Sumatra Utara yang dapat berkontribusi pada peningkatan pertumbuhan awan hujan,” sambung pengumuman resmi BMKG itu.

Adanya kondisi-kondisi dinamika atmosfer tersebut berpotensi meningkatkan pertumbuhan awan hujan, pada periode satu minggu kedepan di beberapa wilayah Indonesia, mulai 15-20 Agustus 2021. Berikut wilayah yang terdampak:

1. Aceh

2. Sumatra Utara

3. Riau

4. Kep. Riau

5. Sumatra Barat

6. Jambi

7. Bengkulu

8. Sumatra Selatan

9. Kep. Bangka Belitung

10. Banten

11. Jawa Barat

12. Jawa Tengah

13. Kalimantan Barat

14. Kalimantan Tengah

15. Kalimantan Timur

16. Kalimantan Utara

17. Kalimantan Selatan

18. Sulawesi Utara

19. Gorontalo

20. Sulawesi Tengah

21. Sulawesi Barat

22. Sulawesi Selatan

23. Sulawesi Tenggara

24. Maluku Utara

25. Maluku

26. Papua Barat

27. Papua

 Komentar

Berita Terbaru
Ekonomi21 September 2021 15:43
Pasca Dihantam Gelombang Kedua Covid-19, Begini Kondisi Ekonomi Terkini RI
Pedoman Rakyat, Jakarta – Diperkirakan hingga akhir tahun 2021, pertumbuhan ekonomi Indonesia 3,5-4,3%. “Ekonomi Indonesia diperkirakan te...
Nasional21 September 2021 15:43
Anies Baswedan Berulang Kali Acungkan Jempol Saat Dipanggil KPK Terkait Kasus Lahan
Pedoman Rakyat, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). pada Selasa (21/9/2021). An...
Nasional21 September 2021 15:27
MUI Bela Napoleon Aniaya Muhammad Kece Karena Sudah Hina Islam, Denny Siregar: Malu Gua Sama MUI Kayak Gini
Pedoman Rakyat, Jakarta – Pegiat media sosial Denny Siregar mengaku malu dengan sikap Majelis Ulama Indonesia (MUI) terkait kasus penganiayaan t...
Hukum/Kriminal21 September 2021 14:39
Mengejek-ejek Polisi, Akhirnya Suara Tembakan Warnai Penangkapan 6 Pelaku Tawuran di Makassar
Pedoman Rakyat, Makassar – Tawuran antar pemuda kembali terjadi di perbatasan wilayah Kecamatan Tallo-Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar, Suls...